Agar Ngeblog Pakai Smartphone dan Tablet Tetap Nyaman

September 09, 2016
Logitech k480, keyboard bluetooth

Kalau sedang ada ide, rasanya ingin segera dituliskan biar tidak lupa dan gregetnya dapet banget. Saya termasuk orang yang nekat sebab sering posting blog via smartphone.
Memang sih layar smartphoneku lebar, tapi ya tetap saja peluang untuk salah ketik alias typo lebih besar daripada saat nulis via PC atau laptop. Tidak hanya dengan smartphone, ternyata ngetik ratusan kata via tablet 10 inchi saja kurang nyaman lho. Inilah beberapa alat tempur untuk mendukung tulisan-tulisan saya yang lahir via smartphone.

1| MS Word mobile

Meski sudah ada fasilitas notes, ngedraft paling enak ya di MS word. Karena apa? kalau ada kesalahan huruf besar dan kecil akan terdeteksi, itu salah satu hal saja sih. Ya tentunya kita selama ini sudah akrab dong dengan fitur-fiturnya. 

2| Browser Google Chrome

Browser untuk apa? jadi, saya tidak menggunakan aplikasi ‘blogspot’ atau ‘wordpress’ di smartphone dan tablet. Penggunaan aplikasi akan mengurangi fitur dari masing-maisng platform. Misalnya untuk aplikasi blogspot kita tidak bisa menambahkan alt image, meta tag, dan pengaturan heading. Meski dari smartphone, kalau kita membukanya di browser tampilannya sama persis dengan PC.

Blog saya yang satu lagi berplatform wordpress, tampilan mobile dari browsernya enak lho. Bahkan lebih nyaman dibanding blogspot. Kita masih bisa memasukkan featured image bahkan mengedit widget via smartphone. Saya pernah menggunakan aplikasi wordpress yang gratisan, tapi kejadiannya sama seperti aplikasi blogspot. Banyak fitur yang dihilangkan sehingga penggunaanya kurang optimal.

Logitech k480, keyboard bluetooth

Draft yang tadi telah kita simpan di MS word mobile, paste kan saja di dasbor blog kita. Lalu bagaimana dengan ilustrasi?

3| Phonto, Line Camera

Malesin banget kan kalau baca blog isinya ada 1000 kata dan tidak ada gambar. Hehehe saya orang visual yang merasa terhibur dan lebih jelas menangkap berita dengan ilustrasi. Memakai photoshop dan aplikais edit foto via PC tentunya lebih baik. Tapi bagaimana kalau kita mau praktis? Misalnya sedang dikejar deadline atau kondisinya tidak meungkinkan memakai PC. 

Aplikasi edit foto via smartphone atau PC bejibun dan setiap orang pasti punya andalannya maisng-masing. Banyak sih yang menanyakan ke saya soal ‘bagaimana memasukan teks ke foto via smartphone?’. Saya pakai aplikasi phonto dan line camera. Fiturnya lebih lengkap line camera sih, tapi pilihan font dan stylenya lebih seru di Phonto. Semuanya gratisan kok, yuk dicoba.

Pernah mencoba membuka Canva dari smartphone, tapi malah berat dan susah banget. Eh, sudah tahu canva kan? Itu lho situs buat desain-desain dari mulai menambah teks ke foto hingga membuat infografis kece. 

Untuk gambar ilustrasi judul, saya biasanya download gambar gratisan di pixabay. Setelah itu tinggal menambahkan teks yang kita mau di Phonto. 

4| Photo Compress

Foto yang kita ambil visa smartphone atau kamera seringkali ukurannya terlalu besar. Menurut para master SEO, sebaiknya gambar di blog besarnya 100kb saja. Lha terus bagaimana? Kalau via Pc sih, Microsooft photo editor juga bisa compress foto. 

Saya pakai aplikasi photo compress, ini gratisan dan kita bisa compress ke size berapapun yang kita mau. Ada pilihan juga mau save file asli atau langsung ditimpa dengan yang baru.


5| Keyboard Bluetooth Logitech K480

Pasti nggak nyaman dong ya ngetik MS word di layar smartphone? Saya pakai keyboard bluetooth Logitech K480 yang bisa digunakan multi device ternyata. Maksudnya, dalam waktu bersaman saya bisa ngetik di smartphone sekaligus tablet atau PC. Ha? Coba kita kepoin sama-sama yuk.

Specification

K480 support windows, android, Mac, dan ios lho. Ini spesifikasinya.
Review keyboard bluetiith logitech k480, logitech k480, k480

Desain

Saya suka desainnya yang minimalis. Tanpa kabel dengan slot untuk meletakkan smartphone dan tablet membuatnya stylish banget. Nggak malu-maluin kalau dibawa ngafe sambil wifian,,,hiiiihiii.

Slot atau dudukan keyboard ini sudah dirancang ergonomis, disesuaikan dengan ketebalan smartphone dan tablet yang saat ini beredar. Jangan khawatir hapemu nggak muat di sana ya. 

Easy-switch

Karena multi device, saya sih pikir bakalan ada lag gitu saat berpindah ke device lain. Eh ternyata engga lho. Masih masuk lah dalam batas kesabaranku ini hahahah.

Soal tombol

Menurutku ukuran tombol-tombolnya pas. Sudah diperingkas berdasarkan tombol yang sering kita gunakan. Kalau mau print screen, tidak ada tombolnya ya..harus tetap manual di smartphone atau tablet. 
Logitech k480, keyboard bluetooth

Cara setting

Buat kamu yang merasa gaptek, jangan khawatir deh. Gampang banget kok settingan awalnya. Nih saya ceritain ya pengalaman waktu menghubungkan smartphone saya untuk pertama kali ke keyboard Logitech K480.

Sebenarnya ada cara pairing yang lain, hanya meletakkan smartphone di dudukan keyboard lalu pencet beberapa tombol untuk payring. Tapi dasar saya anaknya apa-apa pengen pakai aplikasi, jadinya pasang deh logitech keyboard plus. Ikuti wizardnya, dan selamat ngetiikkk.

Baterai

Oiya, daya dari keyboard ini bersumber pada baterai ya. ukurannya seperti yang kita pakai di remote Tv kok, nggak perlu banyak...2 pcs cukup.
Logitech k480, keyboard bluetooth

Kalau kamu mau kepo lebih lanjut bisa baca di sini ya: Logitech k480 specification

Sudah kukasih tahu nih, 5 jurus ngeblog via smartphone atau tablet. Kamu punya jurus apa? boleh dong dibagikan juga, share di kolom komentar ya. 




81 comments on "Agar Ngeblog Pakai Smartphone dan Tablet Tetap Nyaman"
  1. Harga sampai berapa Nay? praktis nih buat yang hidupnya serba praktis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di web resminya 600an, kalau di toko online ada yang jual 500an mba Ran

      Delete
  2. wah Innayah udah pake aja, aku juga baru punya nih dan emang ngebantu banget buat gaya hidup emak2 (sok) sibuk seperti saya, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih udah pakai dan jadi semangat ngetik wkwkwk

      Delete
  3. Wah jadi mau beli nih keyboardnya...

    ReplyDelete
  4. wah jd bs update blog ya pake hp solanya

    ReplyDelete
  5. Naksir bangeet mama keyboardnya mbaa. Harganya hampir Rp 700 ribu ya mba. Iiih sumpah pengen euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko online ada yang lebih murah mba,,500an

      Delete
  6. Udah naksir keyboard ini dari lama, tiap di Gramedia bawaannya pasti iseng nyoba-nyoba ><

    ReplyDelete
  7. duh makin canggih aja nih yaa XD
    tapi aku paling nyaman sih kalo ngeblog lewat laptop :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga buru buru paling nyaman emang lewat PC sih

      Delete
  8. harga keyboardnya itu lho yang bikin tuenggg...
    tapi yah.. nabung dulu deh demi-demi.. hihi..
    tfs mba Inay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi mba...produk Logitech soalnya awet

      Delete
  9. baru saya mau tanya eh udah dikasitau itu kibot apa :D cari cari ahh .. makasi lho mba racunnya haha

    ReplyDelete
  10. Wuih keren banget. Mba, maap saya gaptek :D , itu bisa buat smartphone apa aja? Makasih mba ulasannya dg kalimat2 yg nyantai banget, jadi enak bacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat android sama ios mba. Spec lengkapnya sudah aku tulis di infografis yaa

      Delete
  11. Waaah jadi pengen deeeh.. Jadi ga perlu bawa bawa laptop kalo kemana mana cukup bawa keyboardnya aja nih. :D

    ReplyDelete
  12. Praktis ya mba, aku juga males banget bawa bawa leptop berat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh sist, desainya juga unyu minimalis...ngga malu2in kalau dibawa ngetik2 di kafe *halah

      Delete
  13. Kalau dr ms dicopas ke dashboard blogspot itu kok font & setingan lain kok masih bawaan ms ya? Nggak mau menyesuaikan dengan template blogspot & berantakan kalau diedit. Gimana tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya mba hehe...
      Aq gtw knp tp memang kl pk word itu suka ada kode2 yg ngikut ke html blogspot gt, cb deh liat pas bagian html disebelah compose kodenya bejibun, itu kadang bikin acak2an dan suka gmw diubah...
      Kl aq lbih suka pake notepad, jadi lebih aman gak ada kode yg ngikut hehe...

      Delete
    2. Whah iya ya? Kok aku selama ini langsung aja gitu. Sik sik

      Delete
  14. Bisa buat ipad juga rupanya, ajuin proposal buat beli ini aaahh ke pak suami biar ngeblog jadi lebih asik. Nggak perlu bawa laptop yang berat kemana-mana.

    ReplyDelete
  15. Wah noted banget ni mba, selama ini aku klo ngeblog jg pake tablet karena emg praktis ya tapi ya itu typo nta dan lebih pegel ya... aakk, jd pengen buru2 beli keyboardnya, tfs mbaaa

    ReplyDelete
  16. Saya jarang banget blog via ponsel >.< habis ponsel saya unyu sih hiks jadi kurang nyaman. Dan keyboard ini kelihatannya bikin mudah banget ngeblog dari ponsel, nggak pusing dengan touch screen segala

    ReplyDelete
  17. Keren nih....Dari dulu pengen nyari yang kayak gini. Terima kasih mba ulasannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan ngecek di lazada kena 98 RM atau sekitar 343 rb dg kurs 3500. Mudah2an bisa kebeli....

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. belum membutuhkan perangkat tambahan untuk aktivitas blogging saya. tapi suatu saat mungkin, bisa jadi keyboard ini saya cari. hehe. thanks for share. :)

    ReplyDelete
  19. Baru tahu ada ini, ampun deh kudetnya saiah.
    Makasih informasinya, mbak in

    ReplyDelete
  20. Praktis nih apalagi buat aku ya ciong sama hp touch screen hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa iya Li...mayan buat ngetik2 semua device

      Delete
  21. bagaimana cara menyiasati keyboarnya ya Mbak?
    mungkin kebiasaan menggunakan laptop maka ketika menggunakan gadget agak lambat ngetiknya.

    salam kenal dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siasatnya pakai keyboard bluetooth kak hahaha

      Delete
  22. wah nay, kece juga nih, jadi gak perlu lah ya bawa2 lepi, aku masih ketergantungan sama lepi soalnya

    ReplyDelete
  23. Wah, ada keyboard buat samartphone ya, kalau gitu aku bisa tetep ngeblog dengan mudah dong walau dengan smartphone yang kecil, sip deh, inovasi baru nih...

    ReplyDelete
  24. Wuih.. mantap alat tempur mobile ngeblognya. Aku mah biasanya cuma ngetik aja. Itu pun di draft email. Word mobile kurang suka. Kalo edit2, tulisan dan foto tetep masih harus di laptop. Gak berani publish secara mobile. Heuheu.. konservatif banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ngetik pakai hape iyu kalau urgeng teh. Selagi ada pc atau laptop mah itu lebih baik

      Delete
  25. Aku mau nyoba photo compressnya... Sejauh ini hampir setahun pakai ipad krna laptop dipinjam adik, klo utak atik, enakan berkeyboard yaaa, ternyata bisa utk smua device yas ^^

    ReplyDelete
  26. Logitech emang kualitasnya kece sih kalo kataku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...mouse yang aku udah pakai lama. Bertahan tiap hari dipake

      Delete
  27. iiih keren banget jeyboardnya jadi pengen banget memudahkan blogging...

    ReplyDelete
  28. Aku mupeng pake banget ����

    ReplyDelete
  29. kok unyuu sikk jadi pengen daku :O
    lucu juga ya ngetik ginian pas on the go
    kalau lagi on the go aku justru lebih sering mainan planner, nulis atau doodle2 gaje

    ReplyDelete
  30. wah,,bermanfaat kali ya mbak.
    duh jadi pengen punya juga mbak.
    nyiapin budget dulu deh.
    Bagus review nya ini mbak :)

    ReplyDelete
  31. Aku pake juga teh keyboard ini, bantu banget buat nulis pake hp
    jadi ga ribet mesti bawa lappy walaupun emang feel nya beda kalau nulis di hape.
    Udah gitu desaign nya emang enakeun ya

    ReplyDelete
  32. Untuk akurasi dan kenyamanannya dapet skor berapa mbak dari 0 sampai 10? Soalnya saya udah nyaman banget pakai keyboardnya Mac, jarang miss type, hehe..

    Lumayan ngebantu tuh kalo lagi wara wiri..

    ReplyDelete
  33. Saya belum pernah nyaman ngeblog pake smartphone, nih. Kalau ada keyboard bluetooth begitu, bisa jadi pendapat saya bakal berubah :D

    ReplyDelete
  34. Nah keyboard ini kece, enak kayaknya buat temen ngeblog pake hp. pas males buka lappy atau lagi nunggu kan lebih praktis. Btw aku juga suka pake phonto sama pixabay buat mendukung foto-foto blogpostku.

    ReplyDelete
  35. Dulu sempet gini jugaaa, tp trus tabletnya dicuri orang. Jadi deh keyboard bawaannya msh muluuus,huhu.

    ReplyDelete
  36. Poto compress, berpengaruh ga ke resolusi poto?

    ReplyDelete
  37. Baru tau beginian... pantes ngeblog via smartphone teteup bisa nyaman. Ha..ha..

    ReplyDelete
  38. Pengen coba ini ih, pinjamin dong hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature