Trik anti gagal mendapatkan tiket kereta api di Tiket.com

May 01, 2017
Bulan ini banyak banget libur hari kejepit yang menghasilkan long weekend. Sebagai anak rantau, saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dong. Teman-teman bahkan sudah hafal kalau saya nggak akan berdiam diri saat ada libur tiga hari berturut-turut. Ada trik yang saya pakai dan sejauh ini selalu berhasil untuk mendapatkan tiket kereta long weekend. Termasuk juga tiket kereta lebaran yang terkenal sulit dimiliki karena harus berebut dengan ribuan orang dalam waktu yang sama. Partner setia saya dalam hal traveling adalah kereta api dan tiket.com.
memesan tiket kereta di tiket.com


Nyamannya kereta api sekarang

Saya pernah ngerasain saat harus berjejalan di dalam kereta. Jangankan duduk nyaman di kursi, saya harus berdiri dari Pekalongan sampai Jakarta. Hal kayak gini nggak akan kejadian sekarang, lha wong pas beli tiket sudah jelas nomor kursi dan ketersediaannya. Jadi, semua penumpang pasti dapat tempat duduk. Malahan kalau saat perjalanan ada yang nongkrong di bordes bakal ditegur oleh petugas kereta. Kamu tahu bordes kan? itu lho ruang kecil pemisah gerbong yang biasanya ada toilet dan pintu keluar.
Gerbong  kereta api kelas ekonomi
suasana gerbong kereta api ekonomi jarak jauh saat ini


Kenyamanan juga nggak hanya pas perjalanannya sih, perihal pemesanan tiket kereta api pun sudah layaknya pesawat. Iya, sekitar 5 tahun ini proses pemesanan tiket sudah modern banget. Bahkan saya sering tuh pesen tiket sambil tiduran dan mata kriyep-kriyep hihii. Jaman dulu mah ya, mau beli tiket kudu ke loket di stasiun dan on the spot. Nggak bisa tuh schedulin dari jauh-jauh hari. Kebayang dong bagaimana crowd nya stasiun pas mau mudik.  Kalau mau pesan lewat telpon juga nyambungnya sulit karena kita berebutan dengan customer lain. Habis pulsa, tenaga, dan kesabaran, hehhee.

Sekarang ini kalau mau pesan tiket kereta bisa dari H-90 keberangkatan dengan pilihan tempat pembelian yang beragam. Saya sih andalannya di tiket.com, bahkan sampai download aplikasinya juga di hape karena emang sering banget kepakai.


Trik Dapat Tiket Kereta Api Saat Peak Season

Holiday peak season seperti longweekend atau lebaran memang bisa menguras hati. Untuk hal pertiketan, saya sering dijadikan rujukan teman-teman untuk konsultasi hahaha. Iya, merantau 10 tahun pasti sudah banyak dong makan asam-garam urusan ini. Akhirnya saya rela membagikan rahasia trik mendapatkan tiket kereta api, semoga bermanfaat.
  1. Cek kalender cuti. Ini harus banget dilakukan sejak awal tahun agar kta lebih well prepare. Kalender cuti benar-benar membantu lho buat menemukan hari libur longweekend dengan cepat dan akurat. Tapi, yang harus diingat adalah: matchingkan dengan kalender kerja yang kamu punya. Nggak semua kantor atau instansi mengikuti kalender nasional 100% lho. Kecuali kalau freelancer, bebas deh mau ngambil cuti kapan saja ya kan?
  2. Kalender cuti 2017
  3. Buat profil di tiket.com. Teman-temanku itu sebenarnya sudah kenal tiket.com juga, tapi mereka nggak bikin profil di website atau aplikasinya. Meski nggak sering beli tiket, membuat profil sangat mempercepat proses lho. Mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat email, nomor handphone dan nomor identitas di profil ini akan membantu saat proses pembelian. Tinggal log in saja, lalu memilih tanggal keberangkatan, stasiun akhir, jenis kereta...masukin data penumpang, metode pembayaran..lalu selesai.
    Jangan sampai kita salah saat memasukkan data penumpang ya, makanya lebih baik dipersiapkan. Misal nih, seorang suami mau bawa anak dan istri naik kereta. Profil di tiket.com adalah milik si suami. Biar lebih cepat, sebelum proses pembelian yang sesungguhnya kita bisa ‘pura-pura’ beli tiket. Bebas saja pilih rute mana, isi sampai data penumpang. Habis itu ngga perlu lanjut ke motode pembayaran. Secara otomatis data penumpang yaitu anak dan istri sudah masuk ke history profil kita.
  4. Standby pada jam 23.55 H-90 keberangkatan. Karena tiket kereta api bisa dibeli sejak H-90 keberangkatan, pasti deh saat peak season orang belinya nggak bisa mepet. Keajaiban banget kalau nemu tiket H-1 hari atau H-sekian jam. Biasanya saya standby menjelang pukul 24.00 dengan aplikasi yang sudah log in. Saat waktunya tiba, langsung tuh tancap gas. Tapi pernah lho saya gagal di jam pembukaan ini. jangan patah arang, triknya adalah kamu buka lagi aplikasi 2 jam kemudian. Berharap ada orang yang sudah beli tiket tapi nggak bayar melewati batas waktunya. Pastikan koneksi internet kamu kuat ya, kan sayang banget kalau tinggal klik ‘selesai’ malah keserobot orang lain.  
  5. Pilih metode pembayaran yang tepat. Di tiket.com ada banyak banget metode pembayaran dari transfer bank hingga m-banking. Saya biasanya sih pakai internet banking biar tengah malam nggak usah keluar rumah cari ATM. Tapi silakan sesuaikan dengan yang paling mudah menurutmu saja, jangan sampai salah pilih metode lalu kamu kehabisan waktu.
Tiket kereta di tiket.com
Selama lima tahun menggunakan tiket.com, alhamdulillah nggak nemu hal-hal aneh yang bikin kesel sih. Hampir semua stasiun kereta api di jalur utara dan selatan Jawa sudah saya sambangi. Dan bulan ini termasuk rekor banget karena saya menghabiskan satu juta lebih untuk belanja tiket kereta api menghadapi long weekend buat diri sendiri. Seru lho jalan-jalan pakai kereta api, yuk ah menikmati longweekend.
14 comments on "Trik anti gagal mendapatkan tiket kereta api di Tiket.com"
  1. Aku juga suka naik kereta nih mbak. Seru sih ada Ac nya dan bersih plus cepet sampai tujuan hehehe
    Aku juga belinya pakai tiket dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aku tidak menemukan box komentar Ya Mbak Inna? Jadi maaf ya Mbak Mei numpang komentar di sini....

      Buat teman-teman Ayo ikut tips di atas agar tiket kereta apinya tidak kehabisan lagi

      Delete
    2. mungkin koneksi internetnya teh Evi

      Delete
  2. joss banget ini,aku juga ikutan,,semoga beruntung ya kak..blogwalking nih,,kunjung balik ya kak..suwun

    ReplyDelete
  3. perjuanganmu untuk menghirup hawa sejuk itu keren nay...

    ReplyDelete
  4. akupun sukaaaak banget naik KA sekarang :)
    Dan jelas, tiketdotcom adalah paporit akooooh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. tiket.com ini aku juga jadi membernya sih
    emang enak apa2 langsung dari hp doang ya nay

    ReplyDelete
  6. Yasalaam...Pkl-Jkt gandulan. :D Aku juga ada rencana ngeretaa, In. Belum booking tapi. Nyoba di tiket aaah.

    ReplyDelete
  7. liburan kmrn aku juga beli ticket via tiket.com lebih mudah dan cepet ...

    ReplyDelete
  8. info pentiiing nih untuk yang bakal mudik et rajin traveling ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature