Cara Lain Menikmati Malioboro: Duduk Santai Minggu Sore

August 28, 2017
Hati-hati lho kalau punya keinginan, siapa tahu tiba-tiba kesampaian. Jogja bagi saya sudah biasa banget, berasa kampung sendiri. Feeling at home itu yang bikin saya punya keinginan ‘mau jalan jalan santai sendirian sore-sore di malioboro’. Beberapa tahun nggak menyambangi Jogja memang bikin kangen sih. Hingga kesempatan tak terduga itu datang pada sebuah minggu sore, saya mewujudkan keinginan menikmati Malioboro dengan cara lain. Menyusuri trotoarnya yang kini luas, lalu duduk santai minggu sore di kursi-kursinya.



Dari Borobudur ke Jogja

Malam minggu yang indah di candi Borobudur baru saja saya lewati bersama teman-teman baru. Kebetulan lagi ada event Borobudur International Festival di sana. Napak tilas perjalanan Cinta dan Rangga AADC 2 di gereja ayam juga sudah dirasakan. Siang menjelang sore, dengan menumpang taksi online saya meluncur menuju kota Jogja.

“turunin di mana saja mas, yang penting dekat malioboro kalau jalanan macet parah” kata saya.

Jogja memang gitu, banyak jalan searah dan padat wisatawan. Terlebih saat weekend dan masa setelah gajian. Benar saja, kami diturunkan di dekat tulisan ‘jl. Malioboro’ yang jadi spot foto hits para turis.
Kopi keliling malioboro
Kopi keliling di trotoar Malioboro

Kami? Ya, dari Borobudur saya bareng sama Bungeko blogger asal Pemalang. Rencananya selepas dari Jogja saya mau nyambung ke Bandung pakai kereta. Kalau Bungeko extend di Jogja sehari dulu.

Malioboro Sore-sore

Selepas sholat ashar, saya dan Bungeko mulai menyusuri trotoar Malioboro. Tujuannya ngga ada, hanya menikmati sore saja. Trotoar di sini sudah ramah pejalan kaki. Lebar, kursi di sana-sini, tempat sampah, nyaman dibanding 5 tahun lalu ketika terakhir saya kesini.
Menikmati malioboro jogja
Pak kusir menunggu pelanggan

Lelah jalan kaki, saya memilih duduk di sebuah kursi dekat mall Malioboro. Pedagang mulai sibuk membuka lapaknya sore itu. 
“nginep dimana nanti jenengan?” tanya saya ke Bungeko
“di Airy Rooms mba, deket benteng jalan sebentar ke timur, tempatnya bangunan lama gitu, homey” 
Airy rooms dekat malioboro
Berasa rumah nenek

“wah ada Airy Rooms dekat sini ya, asik banget tinggal ngesot kemana-mana”
Buat saya yang sering mbolang tak terduga, keberadaan Airy Rooms itu membantu banget. Kadang terlalu sayang buat nginap di hotel kalau cuma buat tidur semalam. Tapi karena saya cewe, nggak mau juga nginap di tempat abal-abal. Saya sudah beberapa kali nyobain Airy Rooms di beberapa kota, misalnya Bogor tuh pas habis reunian sama teman-teman kuliah.

Airy eco Ngadiwinatan adalah yang dimaksud oleh Bungeko. Fasilitas wajib Airy rooms seperti wifi, tempat tidur bersih, air hangat, televisi, peralatan mandi, tersaji manis di hunian hangat itu. Pas saya cek tarifnya, wooww ngga sampai 200ribu dong semalemnya. Cocok banget buat backpackeran, mana lokasinya benar-benar di pusat kota Jogja.
Airy rooms ngadiwinatan
Apik dan jogja banget


Duduk Santai di Malioboro

Kafe, restoran, warung, banyak banget kan di Malioboro. Tapi yang saya pilih justru kursi di trotoar. Usai merekam pertunjukan musik yang khas banget di Malioboro itu, Bungeko pamit menuju penginapan. Saya duduk sendiri menikmati sore ditemani jagung rebus di tangan. Rasanya damai banget, mencoba menikmati momen sekecil apapun di sana.
Trotoar malioboro
Enjoy the little things
“Inikah cara Tuhan menjawab keinginan saya?” 
Badan sudah lelah karena 2 malam memang kurang tidur, belum lagi efek memanjat gereja ayam yang aduhai tinggi itu. Harusnya nginap saja ya semalam saja di Jogja, tapi apa mau dikata tiket kereta sudah siap dan besok itu Senin hahaa.

Saat saya masih mengurut kaki yang pegel, mungkin Bungeko sudah tiba di Airy Rooms tujuannya. Beruntung dia, apalagi di Airy lagi ada promo. Jangan-jangan Bungeko juga sudah pakai tuh promoannya hahaa secara kan dia sering terbang. Oiya, Airy itu ngga hanya ngelayanin urusan penginapan tapi juga tiket pesawat. 
Promo airy teman

Di Airy kalau mau musim liburan atau longweekend sering ada promo lho. Kayak yang lagi hangat nih, buat persiapan long weekend libur idul adha. Promo TEMAN (TErbang Murah dan nyamAN) bakal ngasih kamu DISKON 125.000 rupiah buat penerbangan domestik. Nih kepoin deh syarat-syaratnya.

Syarat & Ketentuan :
1. Periode booking: 28 - 31 Agustus 2017
2. Periode terbang: 28 Agustus - 31 Desember 2017
3. Potongan harga tiket pesawat sebesar Rp125.000 berlaku untuk nilai transaksi minimal Rp600.000
4. Masukkan kode kupon pada saat proses pembayaran
5. Berlaku untuk pemesanan melalui Airy App (minimal Android versi 1.13.0 dan iOS versi 1.11.0)
6. Kode kupon dapat digunakan maksimal 2 kali oleh setiap pelanggan selama periode promo
7. Promo berlaku untuk semua rute domestik Airy di seluruh Indonesia dengan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, AirAsia, Batik Air, Sriwijaya Air, Wings Air, NAM Air, Xpress Air, Aviastar, dan Kalstar Aviation
8. Program ini tidak dapat digabung dengan promo Airy lainnya
9. Airy berhak untuk membatalkan pemesanan, dan/atau penggunaan kode promo apabila terjadi kecurangan, atau tindak pelanggaran atas syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku
10. Promo bersifat non-refundable, tidak dapat dibatalkan, dan tidak dapat diubah

Menggiurkan, apalagi pilihan maskapainya banyak banget gitu. Yakin nih longweekend mau di rumah saja? Habis pada gajian kan, hehehe. Ngingetin saja, September punya hari kejepit yang ngga bisa disia-siakan. Hayo, siapa di sini pengejar hari kejepit nasional.

Stasiun tugu sore
Saatnya kembali
 Monolog-monolog pikiran minggu sore berakhir seiring adzan maghrib yang berkumandang. Sore yang indah, saya melangkah berputar kembali ke arah utara. Dengan beban pikiran yang seakan terangkat, saya menuju stasiun Tugu sambil jalan kaki. Langit senja kemerahan menambah kesyahduan jelang malam.


24 comments on "Cara Lain Menikmati Malioboro: Duduk Santai Minggu Sore"
  1. Ga afdhol klo ke yogya ga ke malioboro meski udah berkali2 di datengin. Kuy lha cari promo menuju kota kraton

    ReplyDelete
  2. Airy roomnya homey banget
    Aduuuh kpn terakhir ku ke jogja, pinhin ngulang terus mbolang ke sana. Pingin nyari buku bekas di deket taman pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mah deket banget kalau dari kutoarjo

      Delete
  3. Wah boleh juga nih caranya ditiru kalau pas lagi ke Malioboro. Btw, Airy-nya enak banget. Kayak rumah jadul tapi bersih dan bagus buat pepotoan ya.

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba airy room, penasaran deh. Penasaran juga innayah, sama hostel backpacker gitu hihi
    .

    ReplyDelete
  5. asyik memang kalau nongkrong santai menikmati jalan...aku kangen Jogja!

    ReplyDelete
  6. Wah, harus dicatet nih..
    buat nanti kalo mau jalan2.
    Biasanya sih yang ngurus Abah semua aku tinggal tahu beres aja hehe
    *istri manja*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhaha enak banget, ibu2 urus anak aja ga usah rempong itenenrary ya

      Delete
  7. saya baru bloggernya baru juga jalan-jalannya terimakasih sudah berbagi pengalaman di yogya

    ReplyDelete
  8. Naaay, aku kangen ke Jogja. Waktu Januari kemarin ke sana belum kesampaian maen ke Gereja Ayamnya euy.

    ReplyDelete
  9. Aku jadi kangen Yogyaaaa. Malioboro memang bagus ya sekarang. Jalanannya lebih ramah.

    ReplyDelete
  10. kemarin juga sempet ngelewatin malioboro, dan kayak kota engga pernah mati gitu. pasti ada ajaorang yang foto'' disitu.
    tapi gue baru tau ada penginapan yang bentuknya asik kayak gitu. ah tau kayak gitu, mending gue nginep di tempat itu, yang masih di jogja kotanya. nginep di kulon progo, jauh banget :(
    kira'' klo d bandung ada juga ga tuh, na?

    ReplyDelete
  11. Impian banget pingin nginep ditempat kayak gini.
    Btw aku kemarin habis dari jogja juga, setelah dua tahun nggak kesana, jogja udah berubah banyak. Yang paling bikin tercengang tambah macet aja kotanya X(

    ReplyDelete
  12. Itu yang kayak rumah nenek, penginapan Airy, ya? Pengen banget ke sana. Beneran berasa kayak balik ke rumah nenek, ya. Homy banget

    ReplyDelete
  13. Hotelnya homey banget ya, berasa nginep di rumah sendiri, Jogja emang selalu ngangenin apalgi Malioboronya.

    ReplyDelete
  14. bulan depan aku mau kesana mau nyobain airy roomnya bangunannya unik ya

    ReplyDelete
  15. asik juga ya jalanan di malioboro.. semoga saja bisa injakin kaki ke Jogja nih. pengen banget..

    ReplyDelete
  16. Dija belom pernah nyoba airy room tante

    kalo airy room nya sekeren itu
    jadinya pingin nyoba banget deh

    ReplyDelete
  17. Omaigat, aku baru baca ini sekarang. Kemana saja? Maafkan :)
    Aku sore itu sebenarnya pengen juga nongki-nongki cantik sampai malam, dan nganter kamu ke stasiun. Cuma badanku udah kecut nggak karuan karena lupa bawa handuk dan perlengkapan mandi, gak pede aku nemenin lama-lama. Makanya mending cus ke Airy secepatnya buat mandi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature