4 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli Drone

April 02, 2018

Sudah tahu tentang pesawat terbang tanpa awak? Wow kesannya super banget ya, tapi yang saya maksud disini adalah drone. Nah, kalau drone pasti sudah banyak yang paham, minimal pernah melihatnya. Drone itu masuk kategori pesawat lho, bukan mainan. Kepemilikan drone sekarang sudah masif banget, bukan lagi barang mewah. Kalau kamu ingin memilikinya juga, pertimbangkan dulu deh 5 hal ini sebelum membeli.
4 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli Drone


1| Drone itu bisa terbang tapi juga bisa jatuh

Layaknya pesawat ukuran besar, sebuah drone juga tidak akan lepas dari resiko kecelakaan. Entah itu menabrak sesuatu, ditabrak, jatuh ke permukaan padat, bahkan jatuh ke permukaan laut. Termasuk juga resiko drone hilang arah lalu tak terdeteksi dimana jatuhnya.

Penting untuk mengetahui resiko terburuk, bukan untuk menakut-nakuti tapi lebih ke proteksi. Kita akan lebih aware terhadap perangkat yang kita miliki tentunya. Kalau jatuh bagaimana? Kadang biaya service bisa jadi hampir mendekati harga beli. Terutama jika kerusakan cukup parah sehingga harus mengganti beberapa part.

2| Pahami aturan terbang yang bijak

Di Indonesia sampai saat ini belum ada regulasi khusus mengenai kepemilikan drone. Untuk menerbangkan pesawat tanpa awak ini, tidak memerlukan SIM atau lisensi seperti di luar negeri. Meski begitu, sebaiknya kita mengetahui aspek safety ya saat menjadi pilot drone.

Walaupun teknologi di dalam drone sudah canggih, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Bukan hanya demi keselamatan drone, tapi juga lingkungan di sekitar termasuk manusia yang berada di area terbang. Kejadian drone jatuh dan menimpa atau menabrak orang sudah sering terjadi. Faktor kelalaian pilot maupun orang-orang yang kadang iseng jadi penyebab. Iseng seperti apa? Misalnya sengaja melempari drone dengan objek tertentu bahkan menembak dengan senapan angin.

Berikut adalah beberapa tempat yang terlarang untuk menerbangkan drone:
  •           Bandara
  •          Di atas kerumunan orang
  •           Di atas gedung pemerintahan (Istana negara, termasuk juga keraton kalau di Indonesia)
  • -         Di atas kejadian kebakaran atau criminal

sudah umum kita melihat drone terbang mendokumentasikan sebuah acara. Ini tidak apa-apa asalkan tidak terlalu dekat dengan bangunan atau manusia. Perijinan merekam objek private juga sebaiknya kita lakukan.

3| Harga Drone

Banyak yang bertanya-tanya, mahalkah drone? Seperti yang sudah saya tulis di atas, sekarang ini drone sudah bukan barang mewah. Dengan 5 juta rupiah kita sudah bisa mendapatkan drone dengan spesifikasi canggih dari merek ternama. Untuk sekedar hobi, sudah cukup kok. Drone yang seharga puluhan juta juga ada, tapi itu peruntukannya lebih ke perfilman atau penelitian sehingga bisa terbang ke area ekstrim.

Semakin mahal harga drone, fitur-fiturnya tentu semakin komplit. Tidak hanya dari sisi kemudahan untuk terbang, tapi juga keselamatan. Berbagai sensor anti menabrak misalnya, telah dibenamkan di pesawat kecil ini.

4| Komunitas drone

Dari komunitas, hobi bisa berkembang lho. Skill pastinya naik, networking yang terjalin tidak menutup kemungkinan juga bisa mendatangkan peluang tawaran kerja (jasa video, jasa service). Perkembangan dunia per-drone an juga cepat banget, jadi sebaiknya agar lebih efektif memang kita gabung komunitas. Ada banyak sekali komunitas drone baik itu di social media maupun yang sering hunting bareng.

Saya pilot drone yang masih amatir, menabrak kaca gedung…jatuh di atas pohon…emergency landing di tengah sawah…pernah saya alami. Tertarik jadi pilot drone juga?

1 comment on "4 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli Drone"
  1. Belom mau beli drone tapi siapa tau kapan2 beli (taun kemaren sempet pengen, hihi). Noted dulu tipsnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature