Cara Membatalkan Tiket Kereta

June 10, 2018
Cara pembatalan tiket kereta api

Urusan membatalkan tiket kereta api itu sudah sering banget aku lakuin. Tapi untuk tiket lebaran, baru kali ini deh. Sama halnya seperti saat membeli tiket yang penuh perjuangan, urusan batalin juga nggak kalah greget. Pembatalan tiket kereta api itu mudah kok, asal kita tahu prosedurnya. Aku bagiin pengalamannya ya.

Persyaratan pembatalan tiket kereta api

Jangan asal ujug-ujug ke loket pembatalan atau customer service ya, ada persyaratan yang harus kamu penuhi dulu.

1| keretamu belum berangkat. Ini syarat mutlak. Soalnya kemarin pas antri pembatalan, ada orang yang mau batalin tiket eh keretanya sudah berangkat. Status tiket itu hangus, nggak bisa refund.
2| Terkait nomor 1, pembatalan tiket selambat-lambatnya 40 menit sebelum jam keberangkatan kereta. Lewat itu, hangus. Sebaiknya jangan mepet ya saat batalin, guna mengantisipasi antrean.
3| kode booking. Nggak harus dicetak di tiket atau di kertas. Yang penting kamu tahu kode bookingnya.
4| Foto kopi KTP dan KTP asli. Identitas lain juga bisa dipakai, sesuaikan saja dengan saat kamu membeli tiket. 

Langkah-langkah pembatalan tiket

1| Datang ke stasiun yang memang bisa untuk pembatalan. Kalau di Jakarta itu adanya di stasiun senen, gambir, dan jakarta kota. List lengkapnya kamu bisa cari sendiri kan?
2| Isi form pembatalan tiket. Di  masa ramai seperti arus mudik, sebaiknya kamu bawa pulpen sendiri. Soalnya aku pernah, ada yang nawarin pulpen gitu pas ngisi form...tapi mbayar . Masukkan nama, no.hp, kode booking, dan rekening bank kalau kamu mau uang refund ditransfer.
4| Mengantrelah di loket pembatalan tiket, bukan pembelian. Ada tulisannya kok. Di beberapa stasiun, misal Pekalongan...tempat pembatalannya di ruang customer service. Dari customer service balik ke loket. Yak, di Pekalongan prosesnya di 2 lokasi, menurut saya jadi semakin lama.
5| Petugas loket akan memastikan rute serta teknis refund yang kita pilih. Setelah itu dia akan memberikan salinan bukti pembatalan. Nah kertas warna pink ini berguna ya, aku akan jelasin di bagian selanjutnya.
Cara pembatalan tiket kereta api

Metode refund

Sekarang ini KAI menyediakan metode pembayaran uang hasil pembatalan tiket (refund) dengan mendatangi langsung loket stasiun yang kita pilih di form pembatalan dan metode transfer bank. Untuk metode refund secara langsung membutuhkan waktu 30 hari. Sedangkan metode transfer 40 hari. Terhitung dari tanggal kita melakukan pembatalan tiket, bukan tanggal jalannya kereta.

Di beberapa transaksi pembatalan, aku mendapatkan sms kalau dana sudah ditransfer. Tapi kadang juga engga dikasih tau. Jadi, sebaiknya kita sendiri yang proaktiv mengecek rekening jika menggunakan metode transfer.

Baca : Beli tiket kereta go show diskonnya banyak

Kertas salinan berwarna pink yang kita dapat dari pembatalan, harus kita bawa ke loket lagi untuk refund jika metode yang kita pilih adalah metode langsung. Kalau pakai transfer, kertas ini juga penting kalau misal dana kita nggak masuk. Itu bukti yang harus kita bawa ke customer service untuk komplain.

Masukan untuk KAI

Memang disayangkan, proses pembatalan tiket masih offline di loket stasiun. Itupun nggak semua stasiun bisa. Memang sih ini digunakan untuk keamanan pelanggan. Tapi semoga bisa dibuat lebih baik.

Jangan sampai ada yang tiketnya hangus karena antrean pembatalan terlalu panjang. Proses pembatalan untuk 1 orang bisa memakan waktu paling cepat 5 menit. Entah bottle neck nya dimana, apakah proses print bukti pembatalan? 

Tapi salut untuk kemajuan yang ada sekarang. Meski kalau kita membatalkan tiket kta kehilangan 25%, tapi masih lebih baik daripada hangus sama sekali. Saran aku sih sekali-kali cobain beli tiket go show saja daripada harus membatalkan.

5 comments on "Cara Membatalkan Tiket Kereta"
  1. jadi sebuah pengetahuan berguna kalau tidak jadi mudik

    ReplyDelete
  2. wuah aq pikir tiket kereta yang di beli tidak bisa di refund bila ada pembatalan, ya sudah hangus aja gitu.. tfs nay

    ReplyDelete
  3. Betul sih daripada hangus ya, jadi gpp lah, itung-itung itu konsekuensi karena membatalkan tiketnya.

    ReplyDelete
  4. Belum lama aku juga batalin tiket kereta mbak.. Alhamdulillah duit refundnya udah masuk rekeningšŸ™Š

    ReplyDelete
  5. belom pernah naik kreta nih kak wkwkwk, maklum didesa aku belom ada kereta

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature