Kaleidoskop 2019 dan Resolusi 2020

November 02, 2020

Ini adalah tulisan yang kubuat pada awal 2020, aku sempat take-down lalu kupikir tak mengapa kupublish ulang. Meski banyak hal yang sangat amat di luar ekspektasi, bukankah resolusi serta kaleidoskop adalah pengingat yang sangat penting dari setiap tahun? Ok, here we go!


Memasuki dekade baru di 2020. Sejak 2012, aku selalu menuliskan kaleidoskop dan target tahunan di blog ini. Selain sebagai milestone notes, aku berharap dengan dituliskannya Kaleidoskop 2019 dan resolusi 2020 maka aku punya tekad lebih dan doa yang semakin tulus untuk dikabulkan.


Tahun 2019 aku namakan tahun “Keberanian”. Aku keluar dari zona nyamanku, berani mencoba melakukan hal baru yang tadinya cuma angan. Misalnya, daftar S2, daftar kursus brevet pajak, mendirikan Komunitas Sinematografer Pekalongan, mengadakan event sama orang-orang baru, terlibat dalam produksi 3 film pendek, ikut festival film, dan lain sebagainya.


Memang tak semuanya positif, tapi hal-hal engga enak yang kulewatin di 2019 aku anggap sebagai pelajaran berharga.


Oiya nulisin kaleidoskop tahunan bikin kita bersyukur dan lebih menyayangi diri sendiri lho.


Kaleidoskop 2019

Pekerjaan

Tahun 2019 ini aku rasa sangat santai, karena ada banyak kebijakan baru di tempat kerjaku efek akuisisi. Jadi, beberapa projekku memang dipending. Bos ku yang sudah kerjasama sejak aku lulus training, tahun ini homebase. Saat tulisan ini dibuat, aku belum tahu penggantinya siapa.


Hobi

Tahun 2018 aku mulai hobi video dan foto, tahun 2019 aku ngga nyangka bakal mendirikan Komunitas Sinematografer Pekalongan. Ini bukan hanya sekadar komunitas buat kumpul-kumpul, kami punya struktur organisasi dan agenda rutin seperti workshop dan projek bikin karya film pendek.


4 film pendek berhasil kami buat, beberapa masuk nominasi lomba malahan. Tahun ini juga ikut festival film dan mulai mengenal orang-orang yang aktif berproduksi. Aku juga mulai mengomersialkan video droneku. Yang tak menyangka adalah aku menang lomba video drone sinarmas yang hadiahnya 25juta rupiah serta lomba drone green pramuka yang hadiahnya 8 juta rupiah.


Untuk lomba blog aku memang vakum, sponsored post tak sebanyak dulu, event pun aku jarang ikutan. Yang penting aku masih rajin posting ehhee.


Di akhir 2018 aku nulis pengen jalan ke penang dan Padang. Tapi malahan jalan ke Belitung yang luar biasa ceritanya. Sempat lompat pagar tol segala dan nyasar waktu mau ke sekolah laskar pelangi. Aku bahagia banget traveling di Belitung. Aku juga sempat ke Karimun jawa dengan naik kapal yang gede banget.

Karena kesibukan di komunitas, aku emang engga pergi jauh-jauh di 2019. Weekend kuisi dengan produksi film atau workshop. Hingga 28 Desember pun aku masih ngurusin acara screening di Pendopo Kabupaten Pekalongan.


Sosial

Aku kenal lebih banyak orang baru di komunitas Sinematografer. Mereka ya masih muda-muda, tapi semangatnya dan skill nya tak bisa diabaikan. Aku jarang banget leyeh-leyeh dengan keluarga di rumah, kuakui itu.


Relijius

Alhamdulillah, puasa pertama tinggal sendirian karena sudah resmi pindah ke apartemen. Aku merasa tidak ada hambatan sama sekali. Memang aku tak serelijius dulu, sholat saja rasanya buru-buru banget. Semoga tahun ini lebih baik, termasuk soal tilawah. Apa kabar one day one juz?


Kesehatan

Yang kuingat, aku lebih sering sakit jiwa daripada fisik ahaha. Ya, beneran. Hasil medical check up semua fit. Tapi berat badanku menyusut tajam efek sebuah peristiwa engga enak yang mengganggu kejiwaanku.


Pengembangan diri

Harusnya aku lebih banyak baca buku tahun ini, tapi jurnal tugas kuliah memang tak terbendung. Belum lagi tugas paper yang sampai tahun baru aja bejibun. Selain ambil S2, aku juga ikutan kursus brevet pajak A, B, C. Aku bahagia banget dan menikmati proses belajar ini.


Financial

Targetku sejak 2014 terlaksana tahun 2019, yaitu punya tempat tinggal. Meski bentuknya apartemen dan masih nyicil. Aku tuh 2019 emang pengen banget punya sebidang tanah atau coworking space atau tempat usaha gitu. Engga ada di planing sebelumnya, 2019 aku juga beli mobil. Tujuannya biar kemana-mana lebih mudah saat berkarya.


Target 2020

Engga semua target 2020 aku tulisin di sini sih, ini hanya yang bisa dibaca khalayak eheh.


Pengembangan diri

  • Membaca minimal 12 buku
  • Rajin ikutan workshop
  • Learn to manage my anger

Health

  • Ganti nasi putih dengan nasi merah
  • Minum air minimal 1 liter sehari
  • Skin care routine
  • Affirmation
  • Jogging minimal 1km/week
  • Naikin BB ke 55 kg

Financial

  • Tidak ada hutang kartu kredit
  • Lunasi DP mobil
  • Lunasi DP apartemen
  • Lunas biaya kuliah

Socmed

  • Monetize blog
  • Monetize podcast
  • Followers IG 10K

General target

  • NIKAH
  • Lulus kuliah
  • Mendirikan PT Ruangmediakreatif

Semoga apa yang ada di kaleidoskop 2019 dan resolusi 2020 ini menjadi pengingat sekaligus doaku yang diijabah oleh Allah swt.


Baca:

Kaleidoskop 2018 dan resolusi 2019

Kaleidoskop 2017 dan resolusi 2018

Post Comment
Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature