SIAPA GURU GEMBUL YOUTUBER ?

September 15, 2021

Tanpa sengaja suatu hari saya menemukan channel guru gembul. Saya kira video fakta biasa, dengan host seorang bapak-bapak berpeci hitam. Ternyata saya salah, video si bapak yang Bernama guru gembul ini 100% ‘ceramah’. Tapi anehnya, saya menyimak sampai akhir tanpa skip 20 menitan. Setelah itu, masih lanjut nonton video yang lain. Siapa sih guru gembul, keren amat kontennya meski videonya nampak seadanya.

Channel youtube guru gembul

Kalau kamu browsing “guru gembul” banyak pembahasan di quora juga. Salah satunya adalah berikut ini.

Berdasarkan pernyataan di videonya Pak Guru Gembul sudah memiliki pengalaman mengajar dari tingkat Taman kanak-kanak sampai perguruan Tinggi. Isi video-videonya cendering netral dan kritis, tapi tetap santai, ada video-video tentang agama, bantahan untuk teori konspirasi , masa depan, dan terkadang kritik untuk umat Islam dan Indonesia. Bagi saya video-video dari channelnya bisa memecah "polarisasi”.

Channel guru gembul tidak berupa channel yang dibuat proper secara visual seperti corbuzer, tapi lebih menitik beratkan ke isinya. Kita akan diajak berpikir lebih dalam mengenai sejarah dan fenomena terkini.

 

Baca: Bongkar Studio Guru Gembul

 

Identitas Guru gembul

Guru gembul tidak pernah menceritakan identitas aslinya di youtubenya. Meski videonya banyak banget, sepertinya guru gembul tidak pernah ‘keceplosan’membcorkan identitas maupun lingkungan detil dimana dia berada. Sudah pernah dan lumayan sering ditanyakan di QNA youtubenya padahal.


Tapi, akhirnya dengan bantuan agen ahhahahah…terkuaklah identitas guru gembul. Pengungkapan ini bukan bermaksud untuk mengeksploitasi beliau. Tapi mencoba menjawab kepenasaranan netizen khususnya subscriber guru gembul.


Beliau adalah salah satu Guru sejarah yang mengajar di SMAN 16 Bandung. Selain itu, beliau juga aktif dan sering diundang sebagai pembicara di acara-acara yang bertema Pendidikan. inisialnya, JR. Sudah sampai situ saja dulu yah. Saya Sudah mencoba mencari social media pribadi, namun sepertinya guru gembul adalah orang yang apik sekali tidak membuka jati dirinya.


Dari Guru Gembul Kita Belajar

Dari guru gembul kita belajar untuk terus melatih otak kita untuk belajar. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dan terus bertanya. Bingung? Yasudah nonton channel guru gembul saja ahahhaa.

6 comments on "SIAPA GURU GEMBUL YOUTUBER ?"
  1. Jr itu Johan Riadi apakah benar

    ReplyDelete
  2. kalau soal sejarah ya tidak bisa kebenaran satu pihak saja.

    dia bilanng gajah mada anak kertanegara. ngawurrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi yg benar anak siapa?
      kalau anda bilang "dia ngawur" bearti anda yg mengklaim kebenaran...

      saran, kalau pun ada perbedaan pendapat tidak tulislah dengan kalimat yg baik , salam

      Delete
  3. SEJARAH ditulis PARA PENGUASA/PEMENANG
    RELATIF kebenarannya, kalo bacaannya Buku2 TULISAN PENGUASA HINDIA BELANDA
    ya, pasti beda ama SEJARAH PAHLAWAN Kita

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature