Agar Pria Peka Terhadap Kode

December 12, 2015
Follow my blog with Bloglovin

wanita lebih suka nyebar kode, dan pria nggak bisa nangkep. Itulah yang sering jadi penyebab peperangan dalam sebuah relationship entah itu pertemanan atau pendekatan (nggak tahu ya kalau rumah tangga, kan saya belum jalanin). Ketika kode yang dilancarkan wanita nggak ditanggapi, biasanya bakal keluar anggapan bahwa pria emang nggak peka. Kemudian si wanita ngambek, bete, dan bilang “terserah, aku nggak apa-apa”. Si pria pasti kebingungan mencari kesalahannya, tapi nggak nemu juga. Problematika klasik yang akan terus terjadi sebab pada dasarnya otak pria dan wanita itu berbeda.
agar pria peka, agar pria mengerti kode, cara agar pria memahami perasaan wanita, kode cewek

Pria Penangkap Kode itu ada
Suatu hari di bulan Desember..
“eh..kamu pernah ke bioskop yang di deket gerbang tol itu ngga?”
“yuk, kapan?”
“hah..ko balik nanya” (beeuuh..kode langsung ketangkep tuh)
“ngajakin nonton kan? Heheh”
“......(left chat)..”
Pria model beginian juga ada lho, dikode sekali langsung cepat tanggap. Entah karena dia sudah sangat expert dalam ngadepin wanita atau emang dia dilahirkan dengan karunia kepekaan tinggi.

Korban Drama Korea
Sekarang ini kita nggak cuma korban dongeng disney, tapi juga korban drama korea. Mind set nya semua pria itu bakal bawain bunga tanpa diminta..bakal nyeritain apa aja yang dia lagi rasakan...bakal sering ngasih surprise. Di drama korea, pria tanpa dikode juga udah ngasih tebengan, bukain pintu, ngasih payung pas hujan, hihhii. Padahal itu sudah ada di skenario sih. Tetep aja, alam bawah sadar kita kebawa buat pasang ekspektasi tinggi ke pria yang lagi kita incer atau yang sudah jadi pasangan.
Bagaimana cara pria mengekspresikan rasa romantisnya? Nggak harus pakai sentuhan kok. Misalnya, dia ngobrol asik sama kita tanpa peduli gadget. Ini penting dan sering nggak terasa. Kok saya sotoy sih? Karena lingkungan kerja emang mostly pria, jadilah saya udah agak-agak bermutasi jadi pria gitu deh.

Pria mengandalkan logika
Padahal wanita di seantero dunia ini sudah tahu kalau pria lebih banyak pakai logika, tapi..ya tetap saja kita sebagai wanita lebih sering melancarkan kode pakai perasaan. Wanita khawatir kalau melancarkan kode secara terang-terangan malah dicap agresif. Iya kan?

3 kata yang dibenci pria dari wanita
Ada 3 kata yang sering banget meluncur tanpa dipikir. Entah maksudnya karena nggak enak atau emang karena bete.

Terserah
“mau lewat tol atau jalan biasa?”
“terserah”
Kalau konteksnya begini bisa jadi si wanita memang ngasih kesempatan si pria buat ngambil keputusan sebab si pria lebih tahu. Tapi kalau gini...
“mau makan nasi padang atau gudeg?”
“terserah”
“nasi padang aja yuk”
“nggak ah..kemarin udah”
“oke,,berarti gudeg”
“bosen”
“terus?”
“terserah”
“bilang dong..apa gitu, mau ayam goreng, ikan bakar, atau pulang aja langsung trus masak mi instan?”  Duuuuuaaarrr....
Sebagai wanita, saya ngerasa sering banget bilang “terserah” tidaaak tidaaak.  Sebenarnya, kalau kita lagi bingung atas pilihan..bisa kok bilang “aduh, bingung. Ngikut kamu aja” dengan catatan ya nerima keputusan dia sepenuhnya.

Aku nggak apa-apa
Balik lagi ke adegan nasi padang vs gudeg.
“kok kamu malah ngasih pilihan masak mi instan?”
“habis kamu juga ditanya bilang terserah” (logika banget)
“hikkksss” (nangis)
“kamu kenapa sih hari ini? Aku nyebelin ya?”
“aku nggak apa-apa kok”
Sudah jelas-jelas kan ada apa-apa padahal. Akan lebih baik kalau bilang “aku lagi capek, nggak pingin makan, udah ya..nggak usah anterin pulang..aku mau sendiri..dulu” Duaaarr. Relationship nggak harus bareng terus, kadang emang menyendiri jadi solusi kalau kondisi sedang memanas.

Oh yaudah
Lanjut ya adegan tadi..
“beneran nggak apa-apa? Aku antar pulang aja ya?”
“oh..yaudah” (biasanya dengan muka datar)
“...<duhh..pura-pura pingsan aja deh>”
Kata pamungkas kalau wanita sudah bete banget adalah “oh..yaudah”.  Kalau diucapkan dengan ekspresi muka datar, bahaya tuh. Kecuali kalau pakai senyum, bisa jadi dia memang nerima atau berusaha menerima meski dalam hati menolak (halah).

Pria perlu diberi contoh
Bagaimana caranya memberi contoh? Ajakin nonton drama korea? Nggak juga sih. Terus terang aja bilang “aku suka kalau dikasih coklat lho..nggak perlu kok sampai dibeliin tas branded..aku kan gampangan” hihiii...intinya terus terang aja sih. Nggak berani ngomong? Chat juga bisa. Atau pas lagi jalan di mall, ini tempat paling gampang ngasih contoh. Ketemu pria yang dorongon stroller bayi misalnya “nah..kayak gitu tuh, pria cinta pasangan..nggak biarin istrinya kerepotan”.

Ketika kode terasa gagal
Ketika kita sudah berusaha melancarkan segala macam kode baik gerilya maupun terang-terangan ke pria tapi dia masih tetap cuek dan nggak peka, mungkin kita perlu istirahat. Istirahat aja, barangkali nanti dia kangen sama kode-kode kita. Jangan kabur, sebab kata Sudjiwo Tedjo jatuh cinta nggak sebercanda itu.


Baca tulisan lain di topic Jomblo Story yang lain ya,,,ikuti setiap sabtu atau malam minggu.



53 comments on "Agar Pria Peka Terhadap Kode"
  1. Kalau masih ga peka, kasih kode html aja sekalian, Mba Innayah

    ReplyDelete
  2. iya setuju sm mbk anggarani, kasih kode html aja dah, mumet mumet dah skalian.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau orangnya jago html malah seneng mba :)

      Delete
  3. Eh untung aku ga suka drama atau film Korea *lalu dicubit fans Korea* Seenggaknya satu pengaruh kode berkurang hehehe...Eh tapi emang perempuan mah butuh kepastian,ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepastian apa es krim mbak? hihiihi

      Delete
  4. Ini curahan hati banget ini keknya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngek ngookk...menyalurkan curahan hati para wanita (ahaayy)

      Delete
  5. Eh, apa kami kaum pria bisa dikasih pinjam buku tafsir perilaku wanita? Soalny antara satu wanita dgn wanita lain perilakuny beda. Jadi, untuk men-decode kode dr wanita itu kami agak kerepotan krn tdk ada acuan baku. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar ya disusun dulu mas...hahahah

      Delete
  6. Replies
    1. yah..seperti itu....(ala Syahrini)

      Delete
  7. Hihihi, emang bener deh. Awalnya suamiku juga nggak peka blas kode-kode begitu. Awalnya harus pakai ngambek agar ngerti. Sekarang sih sudah paham lah, sudah sebelas tahun sih.

    ReplyDelete
  8. Ehehe, gak cuma pria yang biasanya gak peka, wanita juga ada sebagian yang gak peka. Tapi emang kebanyakan pria sih. kalo aku pribadi, seumpama si pria memang termasuk orang yang gak peka ya langsung aja omongin apa maksud kita.
    Makasih udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau ga peka nya kelewatan..brarti harus langsung blak blakan

      Delete
  9. 'PRIA PERLU DIBERI CONTOH' itu poin banget lho. Wanita ingin dimengerti, tapi pria suka bingung apa yang harus dimengerti agar bisa mengerti wanitanya. Kalo gitu terus, gak bakal ketemu klik-nya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngerjain soal aja perlu dikasih contoh dulu...gimana ngerti hati makhluk halus ini (wanita)

      Delete
  10. True story banget tulisannya mbak hahaha + :D + #ngakak

    ReplyDelete
  11. Wahaha.. Menarik, aku aja yang udah ngerasa gak pake kode2an gini suami tetep kadang2 bingung, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena otak kita sama mereka para pria emang beda sih ya mbak..ahahah

      Delete
  12. Ini malming tow? ya ampun...ternyata aku sering banget sampai sekarang bilang terseraaah, ya udah... qiqiqiqiqiii. Stop berkata itu, hahaa suamiku sebel banget.

    ReplyDelete
  13. Bener kata mas Mawi, harusnya para cewek buat Manual Book mengenai kode-kode. Biar kaminya ngerti, karena tidak adanya aturan baku. Makanya kami bingung.

    Belum lagi sifat setiap cewek selalu beda-beda. Jadi gimana dong ngertiin Kodenya. Syukurnya gue udah peka. Sama kenyataan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah peka tho? ah masaaaa sihhh...

      Delete
  14. pria itu sederhana sih, gak perlu kode yg aneh atau rumit, kalau suka bilang aj suka hehehe
    sebenarnya wanitalah yg suka buat rumit, dikasih perhatian atau pertanyaan malah nanya knp dan sebagainya :D
    btw salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaha pendapat pria nih yang sering dikode agaknya

      Delete
  15. wakakakakka bentul bentul... tapi gw suka iseng lho... klo bini ngajak2 atau lagi keliatan bingung. gw suka bilang "terserah kamu"

    eh dia malah marah... "kok terserah sieeeh!!!!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaha sama aja ya ...wnaita padahal males dikatain "terserah"

      Delete
  16. Aku sama pacar malah kayak ketuker gender. Dia malah yang penu kode. Aku yang gak nangkep sinyalnya hahahaha. Tuhan emang adil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau sensi sensian kamu atau dia? hahaha

      Delete
    2. ya dia juga lah *gak mau kalah hahahahaha :D

      Delete
  17. tulisannya terasa berdasarkan pengalaman ya inayah ? aku jg ga ngerti kode2an... to the point aja lebih enak kyknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nulis berdasarkan pengalamn itu biasnaya pesannya lebih nyampe mas..hehheh

      Delete
  18. aku gak pernah kode2n. Langsung frontal. Hahaha!

    ReplyDelete
  19. gak tahan sama jomblo stories nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahan kenapa? ketawa apa nangis wkwkwk

      Delete
  20. suamiku orang jawa dan aku orang sumatra... itu yang namanya komunikasi di awal2 nikah susah banget. Karena ternyata orang jawa nggak terbiasa ngomong to the point, sukanya pake kode... aku terbiasa dengan budaya to the point, nggak kenal dengan kode. Jadi.. mungkin tergantung budaya mereka juga ya. Kalau orang jawa mungkin lebih ngerti kode2 yang dikirim oleh pasangannya. Tapi pria sumatra mah... ditinggal dan dicuekin langsung kalo wanitanya ngirim kode. Harus ngomong to the point soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh gitu ya mbak. tapi bener juga sih ya..pengaruh culture juga bisa nyebabin perbedaan pada habit dan karakter seseorang. nggak melulu soal jenis kelamin

      Delete
  21. Kode sama peka itu saling berkaitan, ya? :3

    ReplyDelete
  22. Setuju banget tuh sama Ade Anita.
    Eike, kalo gak sreg langsung to the poin, kagak pakai kode2an.
    Hehehe...
    Kalau gak mempan, puasa ngomong dulu, ngadem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahayyy....gitu yah,,mbak. kalau aku perlu doping dulu semacam kafein lah biar berani terang-terangan hahaha

      Delete
  23. cowok memang agak ribet kalau udah berurusna sama kode yang dikasih perempuan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekeras apapun kodenya suka nggak nyampe. duuhh

      Delete
  24. Ane dulu waktu sekolah pernah disebut orang tidak peka :-/
    awalnya gak mudeng apaan sih tu..
    ehh,, taunya :D Hahaha

    ReplyDelete
  25. Aku sih peka, cuma suka pura-pura nggak peka aja. Cewek kan nggemesin kalo lagi ngambek. x))

    ReplyDelete
  26. Aku juga TERSERAH mau diajak keliling eropa atau ethopia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahahaha,,,kalau diajak ke pelaminan jangan bilang TERSERAH ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature