How to make Smart Yearly Resolution

December 23, 2015
kaleidoskop 2015, resolusi 2016, smart


Apa yang akan kamu lakukan di akhir tahun? Belanja, liburan, beribadah, atau me time? Semua orang pasti punya rencana yang berbeda-beda. Diantara kesibukan libur akhir tahun, biasanya kita tidak lupa akan mereview pencapaian tahun ini sekaligus membuat rencana yang akan dilakukan untuk tahun depan. Tidak hanya sebagai diri pribadi, hal ini juga dilakukan oleh korporasi. Terbiasakah kamu menuliskan resolusi? Lihat saja..minggu ke-3 dan ke-4 Desember pasti akan berseliweran kata ‘kaleidoskop’ dan ‘resolusi’. Halah..penting ya? Buat saya..itu penting.

Kaleidoskop 2015
Kaleidoskop atau review hal apa yang sudah kita capai di tahun yang akan segera berlalu penting dilakukan sebagai pijakan untuk membuat resolusi. Setiap tahun, saya share kaleidoskop di blog ini.
Membacanya lagi seakan kita bisa diajak pergi ke zaman itu, tentang saya yang ‘maunya apa’..dan ‘apa yang saya raih saat itu’. Saat sekarang kondisinya sudah sangat lebih baik, yang terucap pastilah rasa syukur. Tentang kebahagiaan saya bisa beli sepeda lipat, tentang masa suram tinggal di pinggir rel kereta misalnya. 

2013 adalah masa-masa pencarian jati diri. Masa dimana saya cuma jadi anak rumahan yang gampang sakit, sering mimpi buruk, kurang piknik, dan tentunya cupu.
Revolusi mental itu terjadi di 2014. Tahun dimana saya banyak bilang “ya Allah..udah ya..saya capek”. Dobrakan-dobrakan telah berhasil mengeluarkan sebuah pribadi baru.
Bagaimana dengan 2015? Inilah diri saya yang sebenarnya, yang eksis..suka jalan tapi jarang jajan..yang ternyata berani mencoba hal-hal yang dulu terasa ‘nggak mungkin’.
Work
2015 tidak ada halangan berarti dalam urusan pekerjaan. Semua berjalan sesuai planning, bahkan saya menemukan lingkungan kerja yang terasa lebih hangat. Teman saya bilang “kamu ternyata bisa bersosialisasi ya?” hahhaa...anak cupu itu dulu. Teman kerja adalah penyemangat bagi saya, sebab waktu ‘melek’ saya ya..kebanyakan memang di tempat kerja. Lebih banyak mengenal orang dengan berbagai karakternya ketika menjalankan beberapa project. Salah satu hal yang saya syukuri adalah, bos saya nggak jadi resign..hehhee. hal menyenangkan lain adalah ketika hobi saya bisa bermanfaat buat perusahaan. Hobi? Hobi nulis ini...alhamdulilah bermanfaat untuk sekedar numpang berbagi di majalah internal perusahaan.
Family
Kualitas dan kuantitas hubungan dengan keluarga terasa lebih baik. Makin dewasa, harusnya memang demikian kan? Momen kebersamaan lebih sering. Meski ada beberapa event yang ngga bisa saya ikuti bareng mereka.
Skill
2015 adalah tahun dimana tipa weekend ada saja kegiatan pengisi daya otak. Les bahasa Inggris dan masuk kelas bisnis yang membuat saya kenal lebih banyak orang dari berbagai kalangan, memberanikan diri jadi lady biker pantura, training ISO, dan beberapa workshop adalah pengisi hari sabtu-minggu selain kondangan.
Social Life
Kemajuan pesat untuk kehisupan sosial baik di dunia nyata dan dunia maya. This is the real me yang bisa akrab dengan siapa saja. Yang ngga pemilih bhan yanget dalam accept permintaan berteman di facebook, hahhaha. 
Health
Di 2015 fokus resolusi saya adalah pada kesehatan. Minum kopi sebulan sekali saja, ganti dengan teh (karena saya takut hipertensi). Mi instan sebulan sebungkus cukup juga ternyata. Godaan mi instan sungguh luar biasa, apalagi tiap bulan dapat jatah dari tempat kerja.

Write Smart resolution
Kalau sudah merefleksikan pencapaian, yuk ah susun ulang target tahun lalu yang tidak tercapai. Re-plan before re-strategy sebab gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan. Kegagalan resolusi bisa jadi karena resolusi kita nggak smart. Apa sih smart resolution itu? Konsep Smart ini biasa dilakukan di korporasi ketika melakukan project. Apa salahnya kita terapkan buat diri kita juga..? Smart itu kependekan dari Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Timely.
kaleidoskop 2015, resolusi 2016, smart, infograpic
Resolusi 2016 (being mature)
Di 2015, fokus resolusi saya adalah pada kesehatan dan improve skill. Sama sekali saya nggak memasukan resolusi tentang relationship, hehehhe.
Baca juga: resolusi 2015 
Melihat dari kaleidoskop 2015 yang penuh hal baru nan berwarna, inilah saatnya saya untuk menjadi lebih dewasa. Fokus 2016 adalah mempesiapkan diri untuk menjadi wanita yang sebenarnya. You know what? insyaAllah nikah di 2016, amiinn. Tentang resolusi biasanya sengaja saya buat dalam selembar kertas yang nanti ditempel di dinding. Setelah tahun berganti, saya lepas dan simpan dalam scrap book yang dibuat sendiri.
Inilah tulisan-tulisan resolusi sejak 2010. Resolusi 2016 secara rinci, akan dibuat di malam pergantian tahun nanti.
http://www.innnayah.com/2014/12/resolusi-2015.html
resolusi 2010-2013 nya belum pakai konsep Smart (belum tahu hehe)
Gampang banget kan?

Semoga yang saya bagikan ini bermanfat ya untuk membuat resolusi tahunan dengan lebih baik. Ikuti Wednesday Kamar cewek setiap rabu ya...

Apa resolusimu tahun 2016? boleh kok dishare di kolom komentar..biar banyak yang mengamini....




49 comments on "How to make Smart Yearly Resolution"
  1. ak gak punya resolution, gak pernah bikin juga sie.. soalnya ):

    ReplyDelete
  2. aku resolusi tiap tahun sih mandi 2 kali sehari, tapi gak pernah terpenuhi :D

    ReplyDelete
  3. hem hem bingung apa :D aku sih menunggu waktumu untuk ketemu

    ReplyDelete
  4. Resolusi 2016 moga-moga bisa semakin fokus ngerjain apapun dan bisa menunaikan ibadah umrah... Aamiin :).

    ReplyDelete
  5. resolusi di tahun 2016 merencanakan resolusi buat thn 2017
    udah gitu aja

    ReplyDelete
  6. Sudah buat resolusi dari awal Desember. Tiap tahun selalu senang buat resolusi tapi pelaksanaannya masih abu-abu wkwkwk..

    ReplyDelete
  7. aduh aku belum meresolusi apa-apa :( terimakasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  8. emang harus punya resolusi, supaya semuanya tertarget sesuai rencana..

    ReplyDelete
  9. Banyak perubahaan yg baik ya. Aku jg ngalamin yg sama. Semoga semakin tambah baik lagi di tahun 2016. Good luck lombanya. Aku belom buat nih hehehe:D

    ReplyDelete
  10. Resolusi taun 2016? Banyaaaaak ahahahhaa

    ReplyDelete
  11. Kalo aku dr dulu itu bikin resolusi tiap thn ttg traveling mba :D.. jd mau kemana di thn itu.. alhamdulillah, kebanyakan sih tercapai.. krn aku ama suami emg cinta mati banget ama traveling... jd smua resolusi kita tiap thn ya pasti ttg negara mana yg akan kita datangi next :D

    2016 ini spertinya tujuan kita domestik, krn 2017 kita udh beli tiket ke luar.. jd gantian :D

    ReplyDelete
  12. kalau saya sih biasanya resolusinya hanya dicapkan dalam bentuk katta dan rencana saja, belum pernah sampai ditulis :)
    tapi kayaknya tertarik untuk mencoba menuliskan rencana tahun depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu ditulis kayaknya mba..biar kita bisa tahu yang lalu-lalu..dan ngga lupa

      Delete
  13. Hmmm ... apa ya resolusi tahun depan? Kayaknya perbanyak liburan deh. Hehhehe.

    ReplyDelete
  14. Resolusi 2016, dapat undangan menghadiri pernikah Innnayah (alamak... en-nya tiga euuii...banyak kaliii :)
    Serius dong, kakaaa
    Gini-gini, resolusi eike salah satunya pengen ke Belitung and Singapore bawa keluarga dari hasil mengikuti kontes di media sosial.
    Atau kemana aja deh, but kudu hasil kontes.
    Hahahaha....
    Yang lainnya, wajib buat daftar biar lebih cetaarrr.

    ReplyDelete
  15. Ahh, aku jadi ingin juga buat resolusi di awal tahun 2016 walau yang 2015 sudah terlupakan hihihii.. Tapi gak ada salahnya ya mba.. Btw kerja di perusahaan apa mba, kok ada majalah internal nya segala :D

    ReplyDelete
  16. Cewek tuh lucu ya, suka rinci gini, suka bikin kaleidoskop juga. Eh tapi cowok banyak juga sih yang suka kayak gini.

    Kalo saya mah yang jadi prioritas di 2016 masih dalam rangka fokus ngembangin usaha, maklum start-up. hehe

    ReplyDelete
  17. Bikin resolusinya enakm seru. Yg ga enak jalaninnya. Hii

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin biar enak pakai konsep SMART itu mba..

      Delete
  18. Simpel aja,,,ingin jadi lebih baik dari tahun sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik apanya? harus dirinci pakai konsep SMART di atas..jadi hasilnya terukur

      Delete
  19. Pengen dapet skor toefl > 550

    ReplyDelete
  20. Pengen dapet skor toefl > 550

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihhh.amiiin ya Robb. aku juga..

      Delete
    2. kamu kerja di flipit.com mba?

      Delete
    3. hehe ndak mas..tapi ayo ayo ikutin kuisnya ya, mayan tuh hadiahnya

      Delete
  21. Buku resolusinya lucu mbaak hehe

    ReplyDelete
  22. Buku resolusinya lucu mbaak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii makasih. itu DIY lho bikin pakai bekas kalender meja..

      Delete
  23. Iiiccch, ember tulisan para Pemenang ini pancen keren-keren badai. Saluut. Bunda harus banyak belajar dari yang muda-muda bergairah dan bergaya. Sekali lagi salut buat Innayah. Postingannya keren. Selamat juga atas kemenangannya, ya. Salam hangat dari bunda di Pamulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makassih bundaaa...justru aku harus belajar dari semangat bunda :-)
      Salam hangat dari Bekasi

      Delete
  24. Horeee menang, selamat ya :-D tambah semangat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature