Cara mengirim motor lewat kereta api

June 28, 2016
Cara mengirim motor lewat kereta api

Berlebaran di kampung halaman adalah impian setiap perantau. Pilihan transportasi semakin beragam dan nyaman saja akhir-akhir ini. Mudik lewat jalur darat masih menjadi pilihan saya sebab kampung halaman yang tidak terlalu jauh dari tempat perantauan.
Tahun ini ada yang berbeda, saya membawa serta motor kesayangan ke kampung halaman agar acara silaturahmi semakin lancar. Tentunya, motor matic itu tidak saya naiki sendiri sebab terlalu beresiko. Sepuluh hari sebelum lebaran saya mengirimkannya terlebih dahulu ke kampung halaman menggunakan kereta api. Ternyata cara ini sangat efisien dari sisi waktu dan kemudahan.

Persiapan mengirim motor

1| cari info mengenai ekspedisi

Ada banyak sekali jasa pengiriman motor saat ini. Pastikan kalau kamu sudah mantap memakai kereta api ya. Apa sih yang harus dipertimbangkan? Selain harga, tentu kita nggak mau ada ketidakberesan di kendaraan kita dong. Keamanan itu penting, apalagi kalau motor kamu adalah motor mahal bahkan baru.  Selain itu, pastikan juga lokasi ekspedisi. Ya masa sih saya tinggal di Bekasi pakai ekspedisi di Jakarta atau Cikampek, ya kejauhan.

2| Kosongkan bagasi

Biasanya bagasi motor itu isinya sudah kayak apaan saja. Nggak Cuma ajs hujan ya, sepatu bahkan bisa dipaksa masuk. Pastikan bagasi kosong, atau minimal isi jas hujan saja. Bukan apa-apa sih, khawatir hilang di jalan. Jangan pula menyelundupkan petasan di bagasi motor...hahaha bahaya.

3| kosongkan tangki

Demi keamanan, kita diwajibkan mengosongkan tangki bensin sebelum pengiriman. Lalu bagaimana caranya bawa motor ke tempat ekspedisi? Ya isi saja jangan penuh-penuh deh, sepanjang bisa buat jalan. Sayang kan, nanti kalau di buang BBM nya oleh pihak ekspedisi.

4| Copot spion

Motor dikirim dengan melepas spion, jadi sebaiknya kamu lepas sendiri saja. Eh tapi setelah sampai di tempat ekspedisi ya, janagn dicopot sebelum berangkat...nanti kena tilang.

5| Dokumentasi

Sebelum dikirim, luangkan waktu untuk memotret motormu dari segala sisi. Buat apa? ya siapa tahu nanti ada apa-apa kita bisa claim ke pihak ekspedisi.

Yang perlu dilakukan di jasa pengiriman motor

Pagi itu saya terseok-seok melewati jalur irigasi Kalimalang menuju stasiun Bekasi. Lokasi ekpedisi yang saya tuju tepat berada di samping parkiran stasiun. Ternyata prosesnya tidak lama lho, urusan packing juga saya serahkan sepenuhnya ke mereka. Berikut adalah hal yang saya lakukan saat berada di tempat pengiriman motor lewat kereta api.

1|Tanyakan biaya

Meksi sudah seraching sana-sini, pastikan lagi biaya pengiriman. Untuk saya, dari Bekasi ke Pekalongan adalah 400.000 rupiah. Itu sudah termasuk biaya pengemasan.

2| Daftarkan motormu

Sapalah mba-mba penjaga penitipan dan daftarkanlah motormu. Di sana ada form yang berisi identitas serta kelengkapan motor.

3| Tuliskan Identitas penjemput motor

Ini penting banget, beri keterangan selengkapnya mengenai siapa penjemput motor. Nama jelas, nomor handphone. Dalam kasus saya, yang menjemput motor di stasiun adalah keluarga. Jadi, ketika motor sampai stasiun Pekalongan maka nomor keluarga tersebut yang akan dihubungi pihak ekspedisi.

4|Serahkan kelengkapan motor

Kelengkapan motor seperti kunci kontak, STNK asli, dan helm (jika ingin sekalian) harus kita serahkan ke pihak ekspedisi.


5| nomor resi

Kamu akan mendapatkan nomor resi pada surat pengantar barang. Beritahukan nomor resi tersebut ke penjemput motor.
Resi pengiriman motor, mengirim motor lewat kereta api

Yang perlu diwaspadai

Dalam force majeur seperti kecelakaan, kelambatan, kebakaran kereta api, tidak menjadi tanggung jawab ekspedisi. Kiriman yang hilang diganti maksimal 10x bea angkut, kecuali jika diasuransikan ke ekspedisi. Klaim dilayani selambat-lambatnya 24 jam setelah penyerahan atas dasar berita acara.

Setelah semua itu selesai, saya segera membayar dan keluar dari jasa pengiriman motor tersebut. Estimasi sampai adalah 4 hari. Tetapi, kurang drai 24 jam ternyata motor saya sudah sampai di Pekalongan. Saya sengaja mengirimkan motor jauh hari sebelum lebaran karena khawatir jasa ekspedisi seperti ini akan overload.

Tahun ini sebenarnya pemerintah mengadakan mudik gratis untuk kendaraan juga, termasuk via kereta api. Tapi masalahnya, stasiun pemberangkatan terlalu jauh yaitu di stasiun gudang. Hemm..semoga tahun depan bisa diperluas lagi jangkauannya. Lumayan banget tuh hematnya kalau bisa ikut mudik motor gratis visa kereta api.

Kamu pernah mengirimkan motor juga? Ceritakan di kolom komentar ya.

47 comments on "Cara mengirim motor lewat kereta api"
  1. Aq pernah dikirimi motor dr kebumen,tp masuknya ke st jatinegara. Gampang dan murah euy kirim pake ka. Bs utk alternatif kirim2 paket lain yg lbh besar dn berat juga macem barang dagangan yg berkarung2 atau souvenir berbox2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor waktu bisa lebih terprediksi

      Delete
  2. Lihat orang lain juga saya belum pernah mbak, bukannya tidak mau tapi lebih baik mengendaainnya.

    ReplyDelete
  3. Saya pernah juga kirim motor via ekspedisi, tapi bujan dalam rangka mudik. Jual motor ke Lampung. Huehehehe. Emang krusial ya soal dokumentasi dan detail penanganan kalo ada kejadian force majeure.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jualannya jauh juga tuh...ampe naik kapal

      Delete
  4. Saudaraku pernah kirim dari Bogor ke Malang menggunakan kereta api, mba. Teryata cepat dan nggak mahal :)

    ReplyDelete
  5. Aku sih belum pernah mba ngirim paket seperti motor gini :)

    ReplyDelete
  6. wah belum pernah nyoba lewat kereta api tapi pakai jasa lainnya

    ReplyDelete
  7. banyak yang belum tahu nih mbak,,,saya coba ah buat learan sekarng,,makasih banyak tipsnya...

    ReplyDelete
  8. wah baru tau info tentang ini,lebih enak ya mbk kalo dikirimin hehe.

    ReplyDelete
  9. Kalo kirim mobil, kira2 bisa ga ya? Males aja gitu kena macet tapi butuh kendaraan jalan2 di kampung

    ReplyDelete
  10. Nice info, belum pernah kirim kendaraan via paket :D

    ReplyDelete
  11. Wow.. banyanginnya ribet juga ya, motornya ikut pulkam. :D
    Kalau pakai biaya asuransi ekspedisi jadi berapa Nay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambah beberapa puluh ribu ajaah

      Delete
  12. Lebih praktis ya mba... berangkat mudik dengan santai, di kampung sudah tersedia motor yang nemenin jalan-jalan.

    ReplyDelete
  13. lumayan tuh ya Bekasi-Pekalongan. Kalo aku dulu pernah Jember-Bekasi, 450rb.mungkin mau lebaran kali ya.. selamat mudik^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau g lebaran g semahal itu

      Delete
  14. Suamiku pernha juga kirim motor ke semarang naik kereta api, cepet juga ya tapi harus di mobil ya ga kaya paket diantar ke rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ada typo, maksudnya bukan mobil tapi harus diambil

      Delete
    2. Iya untung rumah g jauh banget dari stasiun

      Delete
  15. bawa motor kestasiunnya ya? atau gmn?
    mohon infonya dong,, pgn kirim ke semarang nih.. syukron
    belum pernah kirim2 motor soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bawa sendiri ke stasiun kak.

      Delete
    2. nanti distasiunnya kita kemananya ya?
      bener bener buta nih soal kirim2 kek gini :)

      Delete
    3. Jasa pengiriman biasanya ada di area stasiun. Tanya aja sama petugas.

      Delete
    4. thayyib, syukron ukhti, jazakillah khairan

      Delete
  16. Saya sih belum pernah mencoba. Tapi niatnya aku mau kirim motor dari tegal ke jakarta. Mba Innnayah tau gak kisaran harganya kalo kirim motor dari tegal ke jakarta.

    ReplyDelete
  17. sangat informatif terima kasih ��, lintas nusantara perdana itu daerah bekasi ya ? di sebelah mana sih mba ?

    ReplyDelete
  18. Lintas Nusantara perdana itu disebelah mananya ya mba ? kebetulan saya juga di bekasi, mau kirim ke bandung

    ReplyDelete
  19. Mbak, untuk stnk, kunci motor, spion kita taroh di map atau sejenisnya atau kita serahkan saja langsung ke ekspedisiny?

    ReplyDelete
  20. Mbak kalo untuk stnk, kunci motor dan spion kita serahkan langsung atau pake amplop coklat atau sejenisnya ya?

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature