Yang Harus Diperhatikan Di Tempat Parkir

April 07, 2016
Tips di tempat parkir, yang harus diperhatikan di tempat parkir

Tempat parkir umum adalah salah satu lokasi yang patut kita waspadai. Selain keamanan kendaraan,  jangan lupa juga keamaan jiwa raga kita. Ada beberapa jenis tempat parkir umum, diantaranya adalah parkir liar dan parkir otomatis.
Kalau di mall atau gedung perkantoran, umumnya yang dipakai adalah parkiran otomatis. Sedangkan di pasar atau waralaba, biasanya memakai parkir liar. Semua ada plus minus dan perlu trik masing-masing saat kita menggunakan lokasinya.

Kasus kehilangan helm, part kendaraan, pembobolan isi kendaraan, bahkan hilangnya kendaraan itu sendiri beberapa kali menimpa teman saya. Kejadian memalukan bahkan pernah saya alami di tempat parkir. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan di tempat parkir.

1| STNK
Sebelum menjalankan kendaraan, pastikan kamu bawa STNK. Hubungan sama parkiran apa? STNK penting, tidak Cuma biar nggak ditangkap polisi. Biasanya, parkiran otomatis memberlakukan kewajiban memperlihatkan STNK saat hendak meninggalkan parkiran. Seperti di kantor saya, meski kami karyawan...tetap saja wajib. Semua kendaraan diperiksa STNKnya. Kalau tidak bawa? Kendaraan nginep saja di parkiran. 

Suatu hari, saya buru-buru banget berangkat. Jangankan STNK, id card saja lupa. Tolong ini jangan ditiru, saya meloby security buat ngeluarin kendaraan. Dengan muka memelas alhamdulillah bisa. Yang diloby jangan security pelaksana, langsung ke komandannya.

2| Preman
Saat sudah sampai lokasi parkir umum, perhatikan penjaga parkir. Ini khusus untuk parkiran liar ya. Pastikan penjaga parkirnya mengenakan rompi parkir. Jangan sampai penjaganya preman. Bukannya mau mengunderestimate tukang parkir tak berseragam, tapi demi lebih menjaga keamaan saja. Kita tidak tahu, si tukang parkir beneran menjaga kendaraan kita atau sekedar menarik uang.

3| Bawaan
Sebelum mengunci kendaraan, cek barang bawaan. Jangan ditinggalkan begitu saja di dalam. Misal kamu pakai mobil, jangan taruh tas di jok sebab itu mengundang orang iseng. Helm juga sebaiknya dikunci, kecuali kamu pasrah saja sebab helm kamu sudah jelek (itu saya). Mau parkir di parkir terintegrasi maupun di parkiran liar, ini harus diperhatikan.

4| Lokasi
Motor keluaran terbaru sudah dilengkapi alarm. Tinggal pencet kunci, bisa deh bunyi. Kalau yang belum? Perihal lokasi parkir ini kadang bikin senewen apalagi kalau parkir di mall. Aduh tadi di lantai berapa ya..di baris mana ya..heuheu. Kalau perlu difoto sekalian kendaraanya ya.

5| Palang Parkir
Saya punya pengalaman memalukan soal palang parkir otomatis. Rasanya kok cukup tragis. Palang parkir otomatis itu terbuat dari logam yang cukup berat. Belum lagi jika si palang sedang dalam kondisi bergerak menutup. Kurasa, kecepatannya lumayan. Bisa kau bayangkan jika kau berada tepat di bawahnya? Kepala bisa gegar otak. 

Itulah kecerobohan yang saya lakukkan siang itu. Di sebuah halaman ruko, saya berjalan melenggang tepat di belakang mobil yang sedang membayar parkir. Yang saya ingat, orang-orang meneriaki saya “awasss!” lalu..”bruk” nguiing. Kepala saya tertimpa palangan parkir otomatis. Meski saya menghindar karena diteriaki, tetap saja bagian samping kepala keserempet. Kondisi depan ruko ramai banget, saya dilihatin orang-orang. Hahahaa...malu sih, tapi sakitnya itu lho.

Perhatikan palang parkir, jangan asal lewat di bawahnya tanpa memastikan bahwa kondisinya aman. 

-------
Bagaimana dengan parkir di rumah? Kunci ganda. Meski kamu tinggal di perumahan dengan keamanan 24 jam sekalipun, kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan.

Quote
“hey kamu, jangan asal muncul saja ketika saya hendak pergi. Kamu bukan preman penjaga parkiran kan?” -kode

39 comments on "Yang Harus Diperhatikan Di Tempat Parkir"
  1. Aqu parkir motor di depan rumah, pagar digembok tapi blasss hebat banget ilang seketika *nangis guling2...jadi suka waspada qu lebih baik milih parkiran otomatis hehhe. Salam kenal mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah...ngeri ya mba. Akupun pernah..sepeda.

      Delete
  2. Aku juga parkir di depan rumah, mba. InsyaAllah moga-moga aman yaa. Amiin

    ReplyDelete
  3. Walaaahh untung ngga ketiban, bisa bocor itu kepala kalo ketiban palang. Btw, kalo parkir sama preman aku udah sering banget ngalamin dulu pas jadi wartawan. Apalagi dulu kalo parkir di glodok atau Kota Tua bisa 5000-10000 per parkir dan ngga ada struknya pula, zzzz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kezzell. Gag ada struk gag bisa rembeurse ke kantor wkwkk

      Delete
  4. Haduh kebayang deh sakitnya kepala kena palang. Untung nggak kenapa-kenapa yah.

    ReplyDelete
  5. Kendaraannya ga ditulis neng
    Masa ke tempat parkir g bawa kendaraan cuma bawa stnk sama helm doang
    Kan aneh

    ReplyDelete
  6. Hahaha...aku ngakak..
    Pasti banyak burung2 terbang seketika...#ciapciap

    ReplyDelete
  7. Hahaha...aku ngakak..
    Pasti banyak burung2 terbang seketika...#ciapciap

    ReplyDelete
  8. yang harus diperhatikan juga : bawa uang ketjil hihi

    eh kenapose komennya di akuuu jeung? maaf yaa jangan tersinggung rulnay, bukan membahas dikau kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi gapapa Nin...aku emang ngerasa gitu. Suka susah ngilangin iri sama pasangan pasangan wkwkkw..padahal ga boleh

      Delete
  9. Setelah itu jangan lupa kuncinya ya hehe, beberapa kali pernah ketinggalan, Alhamdulillah tapi ga pernah hilang

    ReplyDelete
  10. Kamu pake helm? Gak papa kan?
    Aku pernah juga hampir aja. Karena lg jalan kaki, dikirain itu jalan buat pejalan kaki. Hampir aja kena sama palang pintu :(

    ReplyDelete
  11. apalagi orang kayak aku, yang baru belajar..harus hati2 banget wkwk

    ReplyDelete
  12. Errrgh paling males emang sama tukang parkir yang tetiba muncul kalo pas mau minta duit aja.
    kalo rompi sih masih belum bisa jadi tolak ukur ya, pokoknya kalo dia gak ngasih karcis jangan mau kalau suruh bayar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gamau ntar kita dikeroyok gimana? Heuheu juaraang yg ngasi karcis

      Delete
  13. sering banget kelupaan kunci sama HP ketinggalaan di motor, makanya pacar tiap jalan pasti sllu ngingetin, biasanya lg asik2 nonton tiba2 keinget hp sm kunci msh d motor

    ReplyDelete
  14. Kalo parkir mobil di mall, ngakpernah lupa foto kode lokasi nya biar ngak lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa banget. Mall mah repot ya Oom..apalagi yang parkirannya berlantai lantai

      Delete
  15. Aku juga pernah ketimpa palang. Sakit bgt. Tp itu salah security, aku disuruh lewat situ krn jalan orang lagi ditutup pohon yg ditebang. Tp dia nggak kode2an sama masnya yg didalam rumah monyet itu. Pusing, benjol.

    ReplyDelete
  16. haha aku pernah punya pengalaman gak enak pas parkir :3

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. pernah sekali masuk apartement tapi stnk nya ketinggalan di rumah, bisa masuk tapi nggak bisa keluar, akhirnya pulang dulu ngambil stnk..

    ReplyDelete
  19. pernah berkali-kali keluar apartemen gak bawa stnk, pas dipriksa malu bgt karna yg saya bawa surat kehilangan stnk dr kepolisian, yang bentuknya udah lecek repot lg bukanya, bikin lama aja, padahal dibelakng pada ngantri.. kwkwk

    ReplyDelete
  20. saya kadang suka bingung sama tukang parkir. Pas parkir sih aman2 aja, eh begitu nyalain motor ada yang tiba2 nagihin 2000 perak -_-

    ReplyDelete
  21. kadang ngrasa rempong kalo maen ke apartemen mah.. terlalu ketat..

    ReplyDelete
  22. paling kesel, klo markir motor pas dateng sepi... eh pulang tiba2 ada yang niup peluit sambil ngarah2in, eh ujung2nya minta duit *capedeeeh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature