Cerita-Cerita Unik Saat Staycation

October 21, 2016
Cerita unik staycation, cerita lucu, staycation

Akhir-akhir ini lagi sering banget dengar istilah staycation dan glamping. Kalau kamu belum tahu, staycation itu semacam pergi ke suatu tempat tapi buat diam saja di penginapan hahaha bukan keluyuran. Nah, glamping sendiri akronim dari glamour camping alias kamping yang semua sudah disediakan oleh penyelenggara.
Nggak perlu lagi bawa ransel berat, bekal sarden, beras, mi instan hwhehe. Yang sering saya lakukan sih staycation ya, secara menurutku staycation pengaturan ini itunya lebih mudah. Selama beberapa staycation ke belakang ini, ada kejadian-kejadian unik. Kalau dipikir lagi agak lucu, konyol, dan enggak banget deh. Bagaimanapun juga, ini selalu jadi pelampiasan dari kejenuhan rutinitas.

Numpang mandi di hotel bintang 5

Kejadiannya setahun yang lalu di Semarang. Saat itu kereta saya sampai disana masih sangat pagi. Check in masih nanti siangnya, niat sih mau ngebolang saja dulu di kota tua dan sekitarnya. Tapi, ngebolang gitu enaknya mandi dulu kan ya...biar di foto juga nggak kucel-kucel banget hahhha. Pilihan saat itu adalah mandi di stasiun Tawang atau mencari masjid yang besar. Eh, kok ndilalah alhamdulillah ada teman yang sedang dinas di Semarang. Beliau menginap di sebuah hotel bintang 5 tengah kota. Rezeki banget bisa mandi dan memanfaatkan fasilitas kamar hotel yang nyaman buanget. 

Kamar Hotel Lebih Sempit Dari Kostan

Masih di Semarang juga, saat itu saya sudah membooking budget hotel untuk 1 orang. Hotelnya bagus, masih baru, di tengah kota, dan terkenal (itu penting wkkwkw). Ketika masuk kamar, yang terbersit di fikiran adalah ‘jadi ingat kamar kost deh’. Hotel bintang 3 yang banyak direkomendasikan travelers itu luasnya tiga perempatnya kamar kost saya. Iya sih, penataan kamar hotel lebih efisien jadinya terkesan nggak sumpek.
Cerita unik staycation, cerita lucu, staycation
Nyempil di jendela
Meski sempit, tidak ada sikat gigi dan hanger, saya suka menginap di sana. Bisa dibilang, itu kamar hotel paling nyaman yang pernah saya inapi. Mungkin karena berasa kamar sendiri sih heheh. Pemandangannya kota Semarang, bahkan menara masjid Agung Jawa Tengah juga kelihatan lho dari jendela. 

Pintu Kamar Mandi Tidak Ada Kunci

Kejadian ini menimpa teman yang traveling bareng dengan saya. Mereka sekamar berdua, cowok semua. Kami memesan kamar yang tipenya sama, bahkan samping-sampingan. Anehnya, kamar mandi saya baik-baik saja dalam artian punya selot kunci. Meski sekamar sendiri, tetap saja agak gimana gitu kalau mandi dengan pintu terbuka hahhaha. Nha gimana dengan kamar sebelah? Yang terjadi adalah kehebohan.

Apakah memang ada tipe kamar hotel yang pintu kamar mandinya sengaja tidak diberi slot kunci?

Hotel Kembar di Bogor

Bulan puasa kemarin, teman-teman sekelas mengadakan reuni sekalian buka bersama di Bogor. Karena saya pingin sekalian bersantai menikmati kota hujan, jauh-jauh hari sudah dong ya memesan hotel. Maksud hati memesan hotel A yang letaknya persis di depan kebun raya Bogor itu, eh malah nyasar ke hotel AA (namanya sama) di jalan Pakuan. Untungnya saya menyadari sebelum check in, saat masih baca-baca review hotel yang bersangkutan. Meksi bertahun-tahun tinggal di Bogor, masih saja siwer antara jalan Pajajaran dan jalan Pakuan.

Hotel Kembar di Bandung

Tidak belajar dari pengalaman, kejadian menemukan hotel kembar terulang lagi sata staycation bulan lalu di Bandung. Agak beda dikit sih, kalau di Bogor saya salah booking...nah, di Bandung ini saya salah check in. Seharusnya yang saya datangi itu hotel B yang lokasinya di pinggir jalan besar Suryasumatri. Karena adanya kesamaan nama hotel dan kebetulan saya sangat tidak hafal nama daerah di Bandung, jadilah nyasar. 

Sedih kalau diceritain mah. Dari Paris Van Java, saya memasang google maps dengan mengetikkan nama hotel. Keluarlah alamat di babakan jeruk. Itu alamat dicari susah banget karena masuk-masuk jalan kecil. Hujan lebat, nanggung juga mau neduh. Eh pas hotel sudah di depan mata, ada portal dan ngga bisa dilewati. Berputarlah lagi menerjang hujan yang sangat dahsyat siang itu. ketika sampai di meja resepsionis, baju sudah basah kuyup. Pikirku sih ‘ngga apa-apa bentar lagi mandi air hangat’, dan tiba-tiba....’mba maaf ini hotelnya bukan di sini, tapi yang di Suryasumantri’ jedeeerrr.

Hotel dengan manajemen yang sama, nama yang sama, berlokasi di daerah yang berdekatan memang rentan bikin visitor salah alamat.

Hotel (Baru) Dibuat

Pernah saya staycation di hotel yang menurut review masih baru. Saya percaya, bahkan saat check in saja di lobi masih ada pekerja ngecat-ngecat. Feeling mulai nggak enak dong, kok hotelnya gini amat. Baru sih bagus, tapi ya bukan yang terlalu baru juga. Tidak ada lift, kamar saya terletak di lantai 2. ‘It’s ok, mungkin konsepnya biar homey saja’ mencoba berpikir positif.
Cerita unik staycation, cerita lucu, staycation
Pemandangan dari kamar
Kamarku ternyata terletak di pojok, sangat pojok melewati ruang linen yang buat nempatin seprai-seprai serta alat pel. Ketika kamar terbuka, jeng jeng....luas buanget. Itu adalah kamar hotel bintang 3 terluas yang pernah saya inapi. Jendela panjang ada di 2 sisi. Catat ya, 2 sisi kamar bukan tembok melainkan kaca panjang. Dan saat horden dibuka...jederrr, pekerja bangunan sedang membuat sumur bor. Sisi yang lain apa? apartemen orang dan kafe. Jadi, saya bisa langsung terhubung ke coffee shop begitu tirai kamar hotel dibuka. Bwkakaka unik, aneh, random. Lain kali, menginaplah di hotel yang baru diresmikan, bukan baru dibuat.

Pasang TV Sendiri

Masih di hotel yang (baru) dibuat itu, setelah menemukan kondisi kamar tidak nyaman...saya mencoba menelpon ke resepsionis. Tidak ada list nomor penting yang ada di telpon kamar, hufft. Dengan kaki berat, saya angkuti tas lagi ke meja depan bermaksud minta ganti kamar. Ternyata, semua kamar sudah terisi. Hadduh..yo wes.

Saking capeknya, sesampainya di kamar nan luas di pojokan itu saya duduk di kasur sambil memencet remote tv. Kok mati ya? setelah 15 menit berlalu, akar masalah ditemukan. TV yang terpasang di kamar belum terhubung ke listrik. Sepertinya masih sangat baru. Jadinya, sebelum mandi urut-urut kabel dulu dan pasang tv. Yah, daripada komplain ke resepsionis...saya sudah sangat kelelahan.

Pertanda Butuh staycation

Tanda-tanda badan minta diajak staycation itu kalau mendadak jadi pelupa. Botol minum ketinggalan di warung bakso, dompet ketinggal di tukang jahit, nggak fokus bawaanya. Fatal sih, saking nggak ngeh nya sama dompet itu saya menelpon customer care bank buat memblokir kartu debit karena panik. Dan setelah kartu terblokir, seorang bapak menghampiri kalau dompet saya tertinggal di tukang jahit.
70 comments on "Cerita-Cerita Unik Saat Staycation"
  1. Aneh aneh juga ya nay kejadiannya wakkkk, bukan innayah klo ga nemu hal2 mendebarkan gini hahaaa
    Yang salah masuk hotel deg degan juga tuh, palagi klo uda terlanjur acak acakin kamar wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nit, random banget dah. Pas staycatiom di Surabaya tuh aman tentram mood jadi enak wkwkkw

      Delete
  2. Suka denger cerita2 spooky gak di hotel2? Suatu saat ketika nemenin suami rakornas di Hotel Marbella Anyer, alhamdulillah sih dpt kamar Deluxe yg nyaman bgt, dgn konsep mediterannean. Hotel lama memang jd msh menyisakan cerita2 honor dgn jendela yg tiba2 ngebuka, kran tau2 ngucur atw pintu bunyi. Siang itu rupanya blm smw peserta dpt kamar shg byk temen2 pd ngumpul di kamar dan kebetulan bapak2 smw, ada yg sp ketiduran. Ya sutralah aku menyingkir sama si kecil ke area kolam renang sambil rehat2 cantik, dgn perasaan gk nyaman kl balik ke kamar msh dihuni rame2. Lumayan panas akhirnya br deh naik ke atas. 2 mlm check in hrs gt kamar. Dpt Suite x ini uhuy bs honeymoon kecil. Br deh disitu cerita2 aneh mulai beredar, sementara kamar kita fine2 aja. Eh pd ngungsi lg dong ke kamar kitaaah... what to do... staycation numplek deh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah ngalamin mba...tapi malah lupa tak tulis wkakaka. Aku memang mencoba melupakan kejadian seraam itu

      Delete
  3. Waah.. Banyak juga pengalaman uniknya. Kebayang deh itu yang numpang mandi. Berasa nemu oase di padang pasir. Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet. Mana itu pakai bath ub pulak hahahah

      Delete
  4. Aku nginep paling random itu waktu ke jogja, bawah penginapan itu tempat prostitusi, wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus gimana? Wah ngeri kalau ada grebegan ya

      Delete
  5. staycation seringnya kalau ngikut suami pelatihan sih hahaha, dianya pelatihan daku jalan2

    ReplyDelete
  6. kalau hotelnya nyaman pastinya bikin mager rulnya, males kemana2 :p

    ReplyDelete
  7. lucu Mbak haha... btw Semarang aku ingat panasnya huwaaa, salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. Buset hahaha bodor nginep teh banyak ceritanya. btw emang yg di bandung hotel apaan, yg cherryhomes? Saya baru tau ada hotel yg kembar dgn cherryhomes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Teh. Cherryhomes babakan jeruk Vs suryasumantri wkwkak

      Delete
  9. Mbaaa.. hihihi kocak2 juga pengalaman staycation-nya. Iya tuh suka ada hotel dengan nama sama memang suka bikin bingung yaa.. Kalo aku pengalaman yang gak terlupakan mati lampu di kamar hotel. Berdua sih di kamar tapi anakku udah tidur pules. Ada kayaknya hampir 15 menit gelap, pas magrib pulaaa.. :D

    ReplyDelete
  10. Pernah hampir salah booking hotel kembar di Surabaya. Maunya dimana yg dibooking di mana. Untungnya nanya ke orang rumah. Hehehe

    ReplyDelete
  11. asyik ceritanya kak, itu tapi ga ada nyamuk kan yaa wwkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. Aku pernah pesan kamar berdua karna udah kelamana di BOgor. Karna udah capek, nyari hotel terdekat, eh terayat pas pagi baru sadar, hotelnya rodo2 (ah begitulah) :P

    ReplyDelete
  13. Iya nih, si Innna super duper kocak staycationnya.

    Dulu waktu belum punya A/C di rumah dan belum punya momongan, senang banget kalau dapat doorprize nginap di hotel. Cuma dulu belum ada istilah staycation. Beneran tuh, kerjaan cuma ngendon saja di kamar hotel. Hahaha... ngadem, cint, dan lain-lain... dan lain-lain (kagak usah diperjelas) Xixixi...

    ReplyDelete
  14. Hahaha lucu lucu.
    Btw aku juga pernah nginep di hotel yang pintu kamar mandi nya ga ada slot kunci.
    Cuma berpintu kan pintu kaca yang burem udah gitu aja.

    btw .. Mbak itu hotel yang mirip kamar kos itu namanya apaa ? *penasaran*

    Btw lagii.. kayaknya link kak putrinya broken kak aku coba klik tadi kelebihan (dot) dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inisial *W hahahaa deket kantor PLN

      Iya makasiih udah aku benerin

      Delete
  15. Sering staycation ya? Pernah diajak kakak dan buat orang introvert kayak saya lebih cocok staycation dari pada vacation wakwakwak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kita perlu gegoleran di kamar ajah wkwk

      Delete
  16. Kocak banget sih nay, aneh-aneh aja cerita stay actionnya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mir...moga kedepannya aman aman aja

      Delete
  17. Kadang juga dapat fasilitas hotel, karena acaranya masih lama ya suka 'ngendon' di dalam kamar. Bener staycation kadang menyenangkan. Meski di luar pemandangan alam menggoda, tapi berdiam diri di kamar dan menulis itu suatu kepuasan tersendiri. Semacam menyepi gitu kali yak.

    ReplyDelete
  18. Yaampuun, kamar mandi temannya gak ada slot kunci, muahhahahh.. klo iseng gimana tuh hihihih.

    Random banget ya Innayah, nginap di hotel baru itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ...dan mereka iseng banget, namanya juga cowo cowo

      Delete
  19. Hahahaha..
    Akan menjadi kenangan tersendiri..

    ReplyDelete
  20. hwaaa lucu dan unik banget ya pengalaman staycationnyaa
    ada2 aja bikin ngikik yang bacaaa

    ReplyDelete
  21. nay, lama2 blog mu lebih ke arah traveling ya kalo aku lihat, lebih sering jalan-jalannya nih

    ReplyDelete
  22. Aku butuh piknik juga, kangen sarapan di hotel bintang 5 ihik ihik

    ReplyDelete
  23. Kalau saya sendiri pernahnya menginap di rumah warga.

    Itu juga lantaran hotel pada penuh karena hari libur nasional.

    Lupa booking jauh-jauh hari

    Pengalaman serunya setiap makan pagi, siang, malem.

    Nenek bikin makanan khas daerah situ.

    Kok panggil nenek? Beliau sangat baik dan ramah.

    Selain itu fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan ruang tv juga bersih.

    Emang untung-untungan si. Ada juga yang dapet tuan rumah yang galak. Hehe.

    Untungnya saya waktu itu dapet yang baik hati. Sekarang jadi punya saudara deh.. Hehe :D

    ReplyDelete
  24. Kepingin liburan ke pulau jawa, tapi lagi bokek hohoooo... semoga cepat punya dana hehe..

    ReplyDelete
  25. Unik banget pengalamannya yg ngga ada kuncinya :D klo suka dinas luar kota pasti lumayan banyak yaa cerita staycationnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga dinas itu mba hihihi piknik sendiri aja

      Delete
  26. Bener bener unik

    Wkwkkk salam kenal ya

    ReplyDelete
  27. Bener bener unik

    Wkwkkk salam kenal ya

    ReplyDelete
  28. Beragam cerita dan keunikan
    Untungnya ga nemu yg 'spooky' mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih sebenernya hahhaa kapan kapan ya cerita edisi spooky

      Delete
  29. Pernah nginep di sebuah penginapan yang bikin gatal-gatal dan nggak bisa tidur nyenyak semaleman. Kamar mandinya model rame-rame (shared bathroom) dan gak bisa ditutp properli. Jadi nahan2 gak pengin pipis atau mandi. Hiiiiiii

    ReplyDelete
  30. kalau di sini mungkin hotel numpang transit doang, gitu ya ._.
    di sini ada juga hotel yang sempit, malah lebih luas kamarku sendiri :D

    ReplyDelete
  31. Uaaa... itu cedih banget udah pengen mandi taunya salah hotel wkwkwk

    ReplyDelete
  32. Aku tercengang baca kamar hotel lebih sempit dari kamar kost hehehe asal ngga se sadis kamar hotel di Hongkong yang naruh koper aja susah

    ReplyDelete
  33. Hahahaha seru2 ceritanya. Kalau hotel kembar gitu nyaris pernah sih tapi berhubung aku detil banget (baca: curiganan) jadi slamet. Kalau yg sempit itu aku tau deh kayaknya. Kamar mandinya juga kayak kapsul gitu. Suamiku pernah dinas luar kota nginap di hotel yg dari depan tampak baru & modern itu. Sampai dalem kamar langsung ngomel2 trus pindah hotel malam itu juga. Maklum bapak2, nggak bisa sempit2an. Makanya aku tu suka gimana gitu kalau ada yg review hotel mujinya berlebihan. Terus terang kan nggak harus dg cara menjelek-jelekkan, bisa diatur lah bahasanya, supaya tidak membuat pengunjung mislead. Kayak suamiku itu kan atas saranku setelah baca review salah satu emak yg staycation bareng keluarganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca review di situs OTA nya...mungkin emang dishow yang baik baik ajah ya

      Delete
  34. Saya sekeluarga juga doyan staycation nih mbak. Jadi selalu mantau OTA, siapa tahu ketemu harga miring. Hehehehe

    ReplyDelete
  35. mihihiii, ketiwi2 mulu akooo baca ini mbaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature