Uangku Untuk Keamanan Social Shopping

November 07, 2016
uangku, social shopping, online shopping

Salah satu pengusir ngantuk nomor satu saat jam rawan di kantor adalah searching online shop. Sekedar melihat, kalau cocok chat sebentar ke adminnya atau masukin ke wish list. Syukur-syukur kalau habis gajian, bisa langsung masukin ke keranjang belanja dan  melakukan pembayaran. Ah, enaknya hidup di era social shopping sedang gencar-gencarnya. Saya adalah bagian dari 51,5% pengguna internet di Indonesia yang aktif menggunakan sosial media untuk transaksi jual beli online. Meski terasa serba mudah, masih ada lho masalah-masalah terutama soal ‘trust’ saat belanja. Terlebih jika saya belanjanya bukan di e-commerce langsung. Sering banget lho tergoda online shop yang keren-keren saat scrolling feed instagram.

Tentang Social Shopping

Tepat setelah gajian akhir bulan oktober lalu, saya main nih ke artotel Thamrin Jakarta. Kali ini bukan buat hunting foto seperti saat pertama kali kesini ya. sabtu pagi yang cerah itu saya isi dengan belajar soal social shopping bersama Uangku. Ada mba Fanny Verona yang menjelaskan soal seluk beluk social shopping dan mba Caroline Adenan sebagai seller sekaligus buyer.

Kalau kamu masih bingung, social shopping adalah kegiatan jual beli online di berbagai kanal sosial media seperti facebook, instagram, twitter, line, dan kanal lain. Pasti sering dong ya?

Keamanan Social Shopping

Beberapa waktu lalu, teman saya sebut saja Citra...mengalami kerugian yang cukup besar sebab tertipu sebuah online shop. Citra ini punya online shop juga di instagram, dan dia membeli barang dari online shop lain yang lebih besar. Infonya sih barang sudah dikirim, tapi hingga hari kesekian...resi tidak juga diterima. Dengan berbagai dalih, si owner online shop berkelit tidak mau disalahkan.  Bagaimana ketentuan hukumnya? Sepertinya sih Citra tidak melaporkannya ke ranah hukum. Dia menyebarkan saja infonya via socmed tentang kisahnya tersebut agar tidak terulang untuk korban lain.

Iya sih, harga di online shop itu biasanya lebih miring daripada e-commerce. Tapi soal keamanan, saya sebagai pembeli harus waspada. Kalaupun terjadi ketidakberesan, komplainnya pun beribet. Berbeda dengan e-commerce besar yang biasanya ada customer service. Bahkan ada yang memiliki aturan tetap meng-keep uang kita sebelum kita menyatakan puas terhadap barang yang dibeli.

Repotnya Proses Pembayaran Social Shopping Saat Ini

Saya sering banget ditanyai begini

“bu...di rekening ada duit?”

Hahaha kedengarannya awkward banget. Itu kelakuakn rekan-rekan di kantor yang sering meminjam token internet banking saya. Daripada transfer lewat bank ya kan? kalau internet banking kan tinggal klik-klik saja.

belum lagi kalau yang nggak punya rekening bank, lebih repot. E-commerce besar biasanya melayani pembayaran via minimarket juga, tapi kalau online shop kecil di instagram atau facebook gimana? Serius banget lho, meski orang Indonesia sudah akrab dengan dunia digital...ternyata masih banyak yang nggak punya rekening bank.

Bagi pemilik online shop, urusan pembayaran ini juga ribet. Kalau kata mba Oline yang punya online shop batik nih...kadang ada pembeli yang baru transfer di hari ke-3 setelah tanya-tanya. Itupun harus mba Oline cek dulu, sebab sekarang banyak yang tipu-tipu mengirim bukti transfer palsu.

Siap Dengan Aplikasi Uangku?

Aplikasi mobile wallet sudah banyak kan ya? lalu ini ada yang  baru lagi, namanya Uangku yang mengusung tagline ‘simplify your payments’.
Kabar baik buat penjual maupun pembeli yang gemar bertransaksi di social shopping. Uangku menjanjikan jaminan kemanan dengan fitur shopping Payment Request.

Fitur Uangku

Bagi pembeli nih, pembayaran akan dijamin dan dibayarkan ke penjual setelah pesanan kita diterima. Bagi penjual, uangku memberikan layanan auto confirmation, yaitu penjual akan langsung menerima konfirmasi  pembayaran dari pembeli. Pembeli tidak perlu lagi mengirimkan bukti pembayaran lagi. Enak kan? kalau ada pembeli keukeuh sudah transfer, tapi di aplikasi belum ada...artinya dia mencoba menipu.

Apa semua pemilik online shop bisa menggunakan aplikasi uangku? Tentu bisa, asalkan sudah lolos screening.

Sudah download belum? Saya sudah lho, coba cari di playstore atau apple store deh. Pasang saja dulu, ringan kok. Siapa tahu cocok, hehhe.

Cara Isi Saldo

Anyway, di acara kemarin itu saya dapat saldo Uangku sebesar 500.000 lho hasil menang lomba instagram, alhamdulillah. Buat kamu yang belum ada saldonya, cara top upnya mudah. Bisa pakai transfer bank, mobile banking, atau internet banking. Buat yang nggak punya rekening bank, bisa banget transfer via kasir Alfamart atau  gerai Smartfren.

Buat Apa aja sih?

Selain buat belanja online, kamu juga bisa beli pulsa dan bayar listrik serta air. Asiknya lagi, kita bisa belanja di merchant-merchant offline uangku dengan scan QR nya saja. Mau transfer uang ke teman atau keluarga yang nggak punya rekening bank? Bisa banget kalau dia juga telah memasang aplikasi Uangku.

Cocok Buat Perempuan

Seluruh peserta yang hadir di acara adalah perempuan. Yoi...secara perempuan kan yang gemar belanja. Kami semua melek mendengar penjelasan soal Uangku, rasanya ingin segera belanja deh hahaha.
aplikasi uangku, social shopping, online shopping


Eh, pas pulang...dapat bingkisan cantik dari uangku. Ye..ye..ye..tau banget kalau kami-kami selain gemar belanja juga suka make up.
So, let’s be FunanciallyBetter



10 comments on "Uangku Untuk Keamanan Social Shopping"
  1. Oo..belanja lewat sosmed to..kirain belanja buat keg sosial..hihi..
    Hm, jadi mikir2 jg nih :)

    ReplyDelete
  2. keren ih menang lomba mulukk dia mahhh :D

    ReplyDelete
  3. bingkisannya cakeeep :). tapi uangku memang handy banget ya mba

    ReplyDelete
  4. Waaa dapet lipstikkkkk
    Ceyem ya itu kalau ketipu online shop, tadi siang temenku ada yang ketipu online shop di Instagram

    ReplyDelete
  5. Uangku emang bikin bebas repot ya Mba :D

    ReplyDelete
  6. Jaman sekarang, apa-apa sudah bisa melalui dunia maya. Tinggal instal aplikasi, pencet sana sini transaksi pun selesai. So easy...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature