Persiapan Sebelum Belajar Masak Buat Pemula

January 18, 2017
resep koki, resep koki co, resep masakan, situs resep masakan

Seorang wanita harus bisa masak, saya meyakini itu sebagai fakta dan bukan sekedar mitos. Buktinya, masakan ibu atau nenek kita selalu menjadi hal yang dirindukan. Lalu adakah standar ‘bisa masak’ itu? apa ada sertifikasinya?

Kemampuan seseorang yang ‘bisa masak’ itu menurut saya kualitatif banget. Kecuali kamu sekolah koki atau sekolah kejuruan yang di akhir periode ada ujian serta ijasahnya. Saya bisa masak lho, sekedar masak ala anak kos pakai heater dan majicom sih. Buat kalian para cewek yang merasa masih newbie alias pemula di dunia masak-memasak, tenang saja. Jaman sudah canggih, ngga perlu banget kursus tata boga ko. Kamu bisa membuat masakan ala resep koki sendiri di rumah. Tentu bukan dengan delivery order ya, ahahaha. Nih, kita perlu beberapa persiapan sebelum belajar memasak. 

1| niat dan tekad

‘lho,,anak cewek ko nggak bisa motong melon sih’ itu kalimat dari ibunya teman saya. Waktu itu pas mau buka puasa di rumah dia, ya...saya bantu-bantu nyiapin juga. Ternyata komen si ibu begitu. Untung saja saya ngga lagi ngegebet anaknya si ibu, kalau iya...habislah sudah dicoret sebagai calon mantu idaman.

Hal-hal seperti ini sering saya alami, dan makin lama makin memunculkan tekad buat belajar masak. Meski pada keyakinan terdalam, kemampuan itu bakal datang dengan sendirinya di kemudian hari wkkwkw. Eh ini serius, teman-teman yang sudah pada nikah kok rasanya mendadak pada jago masak gitu. Padahal dulunya mah, boro-boro tahu mana itu daun singkong mana kangkung.

2| Peralatan Masak

Yaiyalah, kudu ada alat masak. Minimal banget heater dan majicom. Dengan majicom saja kita bisa berkreasi macam-macam lho. Lain cerita kalau kamu ngga ngekos, pasti lah di rumah udah ada panci dan teman-temannya. Kalau cerita teman yang kuliah di Jepang sih, dia mengandalkan microwave. Ngga berasap, tinggal colok ya kan?

3| Resep Masakan

Gimana, masih suka gunting resep masakan di tabloid? Atau, nyatetin pas ada acara masak-masak di tivi? Itu mah cewek 90an banget, cewek milenial cukup modal paket data atau wifi hihii. Andalan saya nih, buka situs Resep Koki. Di sana ada kumpulan resep masakan baik lokal maupun dunia lho. Sebenarnya kan sudah banyak banget ya aplikasi atau situ yang memudahkan para ibu atau calon ibu ahahaha nyari ide masakan, tapi resep koki ini mengedepankan kepraktisan buat dicoba sendiri.

Tampilan situsnya mobile friendly, mau buka dari PC...tablet...atau smartphone mah ngikut aja enak dilihat. Oiya, ada artikel-artikel menarik juga lho di resep koki. Tentunya masih berkaitan dengan dunia dapur ya. mau kumpulan resep sepaket buat sebulan? Ada juga, hihiii. Misal nggak mau ketinggalan resep terbaru, langganan aja newsletternya.

4| Kamera

Yuhu...biar masak makin semangat, bisa sambil foto-foto. Selain bisa buat dokumentasi, ya siapa tahu kalau sudah diupload ke sosial media jadi lebih bermanfaat ya kan?


Tidak ada kata terlambat untuk belajar masak. Para pemula entah itu cewek-cewek yang mau meluluhkan hati calon mertua atau ibu-ibu yang sehari-hari rempong sampai lebih milih delivery atau dimasakin, yuk cuss...dapur.
42 comments on "Persiapan Sebelum Belajar Masak Buat Pemula"
  1. Kamera ya nay, teteup sebelum masak jepret.. setelah masak jepret lagi hehehe

    ReplyDelete
  2. aku buka post-post'an ini karena foto di artikelnya lho mbak nay (ya walaupun ending-endingnya juga mbaca artikel sampe selesai hehehe) eyecathing bener dah. itu pake tambahan lighting gk mbak? *penasaran*

    ReplyDelete
  3. hahahah.. masak juga tetep ya nay nyanding kamera.semua harus diabadikan :)

    ReplyDelete
  4. aku mau tanya mbak, kira kira cara meminimalisir ke gagalan resep makanan untuk pertama kalinya gimana ya ? supaya orang yang menjadi kelinci percobaan ku ga terlalu menderita... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahah ikuti resep plek jiplek. klo misal salah, berarti resepnya ga bener wkwkwk

      Delete
  5. resep masakan tuhh nomor satu banget kalo aku

    ReplyDelete
  6. dlu aku berangan2 punya dapur yang ada monitor gede dengan koneksi internet khusus untuk search resep dan video masak. Jadi kan pas masak sembari dipandu layar tsb. dapur digital ceritanya, tapi malah "ngetoki" nek gak gape masak ya? hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa tablet ke dapur aja cukup hihi kalo sekarang

      Delete
  7. Kalau lagi ada mood nya sich bisa masak beberapa macam masakan Nay. tapi kalau sudak keluar malasnya mentok-mentok masak mie instan doang hehehehe.

    Foto-foto mu selalu apik dech.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makassi kak, iya aku juga. masak klo lg bosen jajanan

      Delete
  8. Mungkin nanti kalau udah nikah terus baru aja belajar masak, aku bakalan jadi ibu ibu yang masak sambil liat resep di gadget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gapapa kok. kan kalau kepepet malah ga males

      Delete
  9. Saya belajar masak ketika menjadi taruna Akabri.
    Tapi hanya sekali saat latihan keluar kampus.
    Kalau masak nasi goreng atau mi instan sih bisa
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    ReplyDelete
  10. ‘lho,,anak cewek ko nggak bisa motong melon sih’ <-- ibunya langsung aku lempar pisau #emosi #kejam #justkidding
    salut sama mbak inay yang langsung ngejadiin omongan si ibu tadi sebagai motivasi. kalau aku malah suka ngeles dulu kalau disuruh belajar masak hehehe.

    ReplyDelete
  11. aku yang sudah emak-emak aja malas masak nay, kalau gak terpaksa kayanya gak masak hehe

    ReplyDelete
  12. Kemampuan masak aku sampai sejauh ini masih jauh dibawah standard sih, paling cuma sekedar dicemplung2 doang haha

    Semangat Naaay, biar disayang mertua ntar hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. plis atuh para calon mertua lihat postingan ini hahahha

      Delete
  13. Kezelll kalo ada yang komentar soal kita gak bisa masak. Grrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lia sekarang sudah ga newbie lagi, hihi ayo share resepnya dong

      Delete
  14. Selama ini baru masak doang kagak sempat dipotret. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti fokus masak mba, ga kayak aku fokus motretnya

      Delete
  15. Eh tapi microwave itu katanya memicu kanker ya?

    ReplyDelete
  16. Aku suka liat resep di cookpad ;D

    ReplyDelete
  17. Aku gak bisa masak Mba Nay, tapiii takdir malah bikin aku kerja di bidang kuliner.. Daaan mertua aku punya warung makan.. hihi menantu macam apah akuuu.. :D Klo masak dikit2 kayak numis2 cemplung2 gak pake resep bisa deh. Dari duluuu levelnya masih pemula.. haha..

    ReplyDelete
  18. Aku dulu nggak bisa masak sama sekali mba. Tapi sekarang udah terbiasa masak. Hihii

    ReplyDelete
  19. Wanita dan memasak dalam sebuah rumah tangga tak terhindarkan ya mbak. Keterampilan memasak yang mereka punya akan mengayomi banyak orang :)

    ReplyDelete
  20. Hahaaa jadi ingat pertama kali jadi istri. Boro2 masak, cuci piring aja nggak pernah. Tapi tetep harus berpikir cerdas. Jadi di meja aku taruh garam, merica, kecap dalam wadah yg bagus, seolah bagian dari penataan meja makan. Padahal ya biar kalau kurang rasa, tinggal dikasih bumbu2 itu aja. Nggak terima komplen.

    ReplyDelete
  21. pertama belajar masak saat menikah, tapi sampai sekarang gak mahir2. Dari gadis dulu kalau disuruh bantuin masak mama paling malas, lebih milih cuci piringnya saja

    ReplyDelete
  22. Hihihi....nek mbah maryam tipe kaya apa yaaa....smoga ga sperti tragedi melonia....

    ReplyDelete
  23. nah iya, seharusnya aku nyiapin kamera, jd begitu slse masak bs langsung jepret2, gk malah langsung masuk mulut, hadeehhh, tengkiu loh mbk nay sharenya,

    ReplyDelete
  24. Resep Masakan tetep hal utama, meskipun kadang walaupun udah ngikutin resep tapi rasanya malah ga enak sih wkwkw

    ReplyDelete
  25. Dan aku akhirnya koleksi perlengkapan masak yang lucu-lucu hehehe.. buatku masak itu relaxing banget!

    ReplyDelete
  26. Peralatan masak kudu lucu supaya semangat masaknya, hehehe. Trus lagi nyari sesuatu yang bisa nempel di dinding atau digantung supaya tablet bisa dijadikan contekan resep.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature