Mengatasi Video Goyang-goyang, buat vlogger pemula

November 06, 2017
Siapa di sini yang baru merintis channel youtube? Yang kalau ngambil video masih seadanya dengan hasil lumayan tapi goyang-goyang? Aku mau berbagi pengalaman nih, sebagai sesama vlogger pemula aja ya. Aku punya channel youtube “innnayah”, sebagian besar video disana aku ambil pakai iphone. Ada sih yang pakai mirrorless, tapi kok malah kurang memuaskan karena shakky banget alias goyang-goyang. Kasihan yang nonton dong kalau gitu, nanti pusing. Jadi bagaimana cara mengatasi masalah ini? Aku juga masih belajar dan coba-coba.
Innnayah youtube vlogger


Penyebab Video Goyang-goyang

Jangan langsung salahin tangan kamu lho kalau ternyata hasil video setelah dipreview kok kayak gempa. Faktornya ada banyak, yang sudah aku alami sih kayak gini;

1| Tidak ada image stabilizer pada device
Nah ini dia, vlogger pemula biasanya kan ngeshoot pakai kamera hape tuh. Coba cek lagi spec smartphonenya, adakah image stabilizer di sana? Di iphone 5s yang aku pakai lumayan sih ngga begitu parah getarnya. Next kalau kamu beli hape, cobain dulu videonya sambil gerak gitu minimal jalan lah. 

Kebutuhan akan stabilitas kamera sebenarnya nggak hanya buat vlogger, minimal instastory lah. Meski cuma 15 detik, kalau kamera shakky kan ngga asyique juga bos. Entah itu smartphone, mirrorless, camdig, dslr, sebaiknya punya kemampuan menstabilkan gambar entah itu di lensa atau bodynya.

2| Kebanyakan gerak
Di device sudah ada image stabilizer, tapi kok masih goyang? Mungkin kitanya yang kebanyakan gaya hahaha maksudnya kebanyakan gerak. Kalau ngga penting-penting banget, mending diem deh. Urusan camera movement yang cinematic itu memang ngga bisa langsung bisa. Kalau mau ganti angle, stop dulu aja lalu record lagi. 

3| Sering ngezoom
Hayo, siapa yang suka muterin zoom pas ngerekam? Tindakan ini bikin kamera kita getar dan  isa saja berefek ke hasil rekaman kalau keseringan. 

4| Tangan tremor
Eea eaaa tangan tremor karena grogi ngerekam si dia? Hahaha atau tremor karena hal lain? Faktor internal kayak gini emang ngga bisa dihindari ya. Coba tenangkan diri dulu deh, atau minum. 

Gear Untuk Mengatasi Video Goyang

Mungkin dari tadi kamu sudah kepikiran beberapa gear di bawah ini. Mau ngga mau, alat bantu nyatanya membantu kok.

1| tripod
Tripod yang kumaksud disini adalah ukuran panjang. Tripod gagang payung sebelum jaman tongsis. Pritilan kamera pertama yang aku punya ya tripod gede. Meski kurang praktis, tripod tu membantu banget terutama kalau mau ngevlog sendirian hahaa.

2| Gorilla pod
Jujur saja sih, dibanding tripod gagang payung aku lebih sering pakai gorilla pod. Faktor kepraktisan memang jadi andalan gear ini. Harganya juga murah meriah, dari puluhan hingga ratusan ribu saja. 

3| Steadycam
Nah ini sudah agak serius, namanya steadycam. Ada yang memanfaatkan gravitasi, ada juga yang punya settingan elektrik di dalamnya. Bentuk steady cam juga macem-macem sih, ada yang kayak batang gitu aja...ada pula yang desainnya untuk dipegang di tangan sambil gerak.

5| Electronic gimbal
Ini sih serius banget, mau videoin sambil naik ojek yang jalanannya banyak polisi tidur juga shantaai. Biarkan badan kita aja yang goyang, hasil rekaman tetap stabil. Tapi ya ada fungsi ada harga dong yah. 


Software Untuk Mengatasi Video Goyang

Kalau kamu pakai adobe premiere pro, disana ada warp stabilizer katanya. Aku sih belum install, masih pakai windows movie maker atau imovie. Si warp stabilizer ini bakal ngoreksi gerakan yang goyang tapi dengan analisa dulu. Makanya, kalau kamu pakai menu ini rendering jadi lama. Kan dia meriksa setiap detiknya lalu menyamakannya. 

Jadi, buat vlogger pemula macam aku nih ngga perlu ganti kamera dulu deh kalau hasil rekaman goyang-goyang. Dicari aja  penyebab yang dominan terjadi apaan, baru tuh ambil tindakan. Sudah subscribe youtube Innnayah belum? Sejujurnya aku sudah ngumpulin bnyak materi video selama sebulan ini, tapi laptop buat ngedit dengan mantap belum dibeli. Jadi ya masih terbatas deh uploadnya, belum bisa rutin seminggu sekali sesuai harapan.
26 comments on "Mengatasi Video Goyang-goyang, buat vlogger pemula"
  1. Biar gak goyang2
    Jangan goyang
    Eh itu lagunya via vallen yak wkwkwkw


    Jaraaan goyang



    Aku baru tau, ada software mengatasi video gak goyang2


    Tfs yaaa kakkk

    ReplyDelete
  2. Makasih pencerahannya, Mbak Inayah.

    Bikin melek buat vlogger pemula kayak saya.

    Tripod yang ku punya ukurannya pendek.

    Wis yang penting jalan dulu. Rajin ngevlog. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Biasanya tangan posisi nempel (pepetin) erat di ketiak (posisi tangan terbuka). Lumayan bisa mengurangi shake, mba. Aku belum punya steady cam dan electronic gimbal

    ReplyDelete
  4. Ini masalahku banget, Inay. Sejauh ini pakai dtabilizer dari aplikasi atau software edit nggak membantu banyak sih, kalau shakynya parah malah di editannya jadi nggak alami. Sekarang aku malah ngusahain mau pake gimbal aja. Nabung dikit-dikit buat beli gimbal.

    ReplyDelete
  5. aku juga lagi merintis channel you tube kamera sementara ipad mini jadi artikel ini sangat membantu saya mbak

    ReplyDelete
  6. kalau gak ambil videonya diem aja gak gerak?

    ReplyDelete
  7. Habis ini goggling gorilla pod sana electronic gimbal hehe....

    ReplyDelete
  8. Sik bermanfaat banget nih, biar kl bikin video nggak goyang dumang.. Wkwk

    ReplyDelete
  9. ilmu baru, thanks nay....

    *candid by......hihihi

    ReplyDelete
  10. terimakasih kak informasinya, bermanfaat bnget..

    ReplyDelete
  11. aku pernah pake imovie nay dan itu app emang enak banget
    hmm kalo masalah ngeshoot aku masih jauh dari baik, gk cuma masalah goyang2 doang :D

    ReplyDelete
  12. Iyaa... Saya juga baru bikin vlog, di youtube, pake hp, dan goyang parah.

    ReplyDelete
  13. eh aku ada gimbal, tapi jarang dipakenya, soalnya aku pingin yang ajdi model di dalam video *lah, kalau gorila pod itu membantu kata teman aku juga

    ReplyDelete
  14. Aku banget, kalau videoin suka goyang-goyang. hahaha. dan salah satunya karena suka zoom in zoom out *efek kebanyakan nonton sinetron lebay*
    Pernah ikut workshopnya Goenrock, salah satu cara juga adalah rapatkan tangan saat ambil video ke badan - otomatis akan ngurangi goyang - dah coba n emang berkurang, walau masih suka ada goyangnya.

    ReplyDelete
  15. Tremor, hihi blom makan siang pastiii..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature