Ketika Pageview Blog Turun Drastis Sepanjang Sejarah, inikah penyebabnya?

November 21, 2017
Kuakui akhir-akhir ini lagi ngga fokus ke blog, jadi ketika tahu pageview makin hari makin turun ya biasa saja. Tapi sepertinya ini perlu dicatat secara khusus dalam sebuah postingan deh. Pageview memang bukan segalanya, bukan penyemangat utama dalam berbagi informasi. Tapi, ya seneng dong kalau blog rame pengunjung tiap hari. Syukur-syukur ramai komentar ya kan? Semoga blog ini ngga kehilangan rasanya meski pageviewnya turun, rasa ayam bawang.


Aku malas blogwalking?

Fokusku sekarang lagi nambah beberapa skill, juga ada planning lumayan penting beberapa bulan ke depan. So, blogwalking itu ngga bisa semua ke list yang ada di feedly. Tapi sebenarnya kalau postingan teman-teman blogger menarik, aku pasti mampir kok. Masalahnya akhir-akhir ini kayak yang lebih banyak reportase gitu sama iklan.

Bukannya aku ngga menghargai tulisan reportase dan iklan ya, bikinnya susah lho wong aku juga sering ngalami. Tapi ya gimana, kadang baca sepenggal sudah tahu isinya karena barusan baca hal sama di blog sebelah. Eh kok aku jadi nyalahin blog lain sih?

Aku malas update blog?

Bahan tulisan tuh banyak banget, tapi karena kebanyakan dipikirin malah ngga ditulis-tulis eheheh. Jujur saja lagi jarang ngadepin ms word karena ya…fokusku lagi teralihkan. Bisa posting seminggu sekali berupa tulisan organic bukan iklan bukan reportase saja syudah bersyukur.

Aku malas interaksi dengan blogger lain?

Berbeda dengan beberapa bulan lalu dimana aku sering banget nongol di event blogger, sekarang memilih engga dulu. Bukan ngga mau, tapi ada hal-hal lain yang sedang kukejar. Teman-teman blogger biasanya interaksi lewat facebook, kalaupun ngga di event offline. Main facebook pun aku hampir ngga pernah lagi.

Sesekali buka twitter, buat tahu ombak apa yang sedang terjadi di negeri ini. Tapi kalau dinamika perbloggeran sama sekali ngga ngikutin lagi. Jadi kalau ada kasus status war nya siapa atau postingan fenimenal siapa…mungkin aku tahunya setelah basi.

Nyatanya interaksi baik online maupun offline dengan rekan sehobi itu penting ko. Engagement untuk sosial media dan blog yang asalnya dari sana lumayan gede juga. Minim interaksi kayak sekarang ini bukan karena aku mau sombong, tapi ya lagi ngga bisa.

Aku jarang ikut lomba blog?

Hayo ada yang nyadar ngga, kalau ikutan lomba itu naikin pageview lho. Minimal dari sesama peserta lomba, juri, dan pihak yang terlibat. Kalau menang lomba, pageview makin banyak karena pasti pada kepo kan? Ehehe.

Aku lupa kapan terakhir ikut lomba blog, sekarang lebih seringnya lomba foto dan video. Ya…itu sih dua skill yang lagi aku asah sebenarnya. Bukan berarti aku udah ngerasa jago ngeblog, tapi lagi ngga greget ikutan lombanya.

Tapi aku masih ngeblog kok

Meski pagi ini aku kaget ngelihat pageview yang seuprit, aku masih mau ngeblog kok. Para blogger senior sering nulis berbagai petuah soal pageview. Setiap tulisan akan menemukan pembacanya, setiap tulisan harus punya nyawa, setiap tulisan harus layak untuk dibagikan ulang atau dibaca, dan setiap tulisan harusnya dibuat dari hati.

Tadinya mau nulis minimal 500 kata, tapi sepertinya ngga sempet lagi deh. Cukup segini curhatannya, dalam waktu dekat sepertinya aku bakal comeback ahahah. 
15 comments on "Ketika Pageview Blog Turun Drastis Sepanjang Sejarah, inikah penyebabnya?"
  1. kok sama banget sih mba nurul hahaha...
    bedanya kalau kamu sibuk mikirin project yg laen, aku sibuk tidur ma ngurus anak bahahaha... Pemalas aslinya :D

    ReplyDelete
  2. Aku mengalami semua itu tapi nggak yg sedang naekin skill lain. Kalo alasanku fokus di kerjaan utama. Wkwkwk. Tp main fb dan baca post blog yg sama emang menjemukan. Aku butuh extra effort utk itu :(

    ReplyDelete
  3. Hahahaha, aku semua itu mba 😅

    ReplyDelete
  4. Hahahaha, aku semua itu mba 😅

    ReplyDelete
  5. nggak apa mbak selama ada update baru maka saya akan selalu datang ke blog ini

    ReplyDelete
  6. aq pun lagi malas nay,,, kerjaan akhir tahun numpukk dikantor, hihihi malah curhat balikk

    ReplyDelete
  7. Gak ada penyemangat hidup kalau aku mba. Haha

    ReplyDelete
  8. Kadang sesuatu memang bikin jenuh kok mbak, termasuk ngeblog. Yang penting masih posting deh. Asal nggak lama2 hehe

    ReplyDelete
  9. Beberapa hari yang lalu, pageview blog saya juga turun drastis. Sempat bingung dg penyebabnya. Tapi setelah om Google console kirim email peringatan baru tau kalau blogku down dan gak bisa dirayapi. Sampai sekarang masih usaha untuk menaikkan pageviewnya.

    ReplyDelete
  10. waaaa sama sih mbak, pageview turun gara2 ga apdet blog --''

    ReplyDelete
  11. mampir dan berkunjung...loading blog nya cukup berat dan lama mungkin ini yang jadi penyebabnya...gambarnya di kompress aja sampai dibawah 50kb, mungkin bisa dibantu..kalo dulu posting gambar di blog bisa pakai url aja

    ReplyDelete
  12. Sudah berbulan - bulan artikel blogku kebanyakan sponsored post semua hahahaha malu banget deh karena udah lama gak nyiapin waktu khusus buat nulis tapi ya gimana, sibuk ceu :(

    ReplyDelete
  13. Hmm... punya saya masih suka menanjak terus belum mau turun :D hehe

    ReplyDelete
  14. Tahun 2017 juga PVku terjun bebas, tapi rasanya masih rasa ayam bawang, eh ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature