Rekomendasi Street Food Halal Gang Gloria Jakarta

November 26, 2018
Rekomendasi Street Food Halal Gang Gloria Jakarta


Sengaja banget nih aku nggak sarapan sabtu lalu, karena mau hunting street food di gang Gloria. Tempat itu sudah tersohor banget ya sejak lama. Tapi menyempatkan weekend untuk nggak mikirin deadline lomba rasanya sulit. Hingga akhirnya kesempatan jelajah kulinerlegendrais di sana baru kesampaian. Penasaran banget dengan Kopi Es Tak Kie, Kari Ayam, Mi Kangkung, dan street food lainnya. Berhijab tak menjadikan aku anti hunting street food di Pecinan sini. Aku berikan rekomendasi buat kamu ya!

Disasarin Google maps

Ya, aku tahu kalau gang Gloria berada di dekat Pasar Glodok. Lalu kenapa rasanya taksi online yang kunaiki berjalan sangat jauh? google maps menunjukan gang Gloria berada di Ancol. Wow! Setelah sampai depan gang, memang benar tulisannya Gloria. Tapi, menurut ibu warung gang ini bukanlah yang aku cari. Gang Gloria di Ancol hanyalah sebuah kampung yang bukan tempat kulineran pecinan legendaris itu. oke, mari kita balik kanan!
Rekomendasi Street Food Halal Gang Gloria Jakarta
alamat yang benar gang Gloria

Blusukan Ke Pasar Glodok

Lagi-lagi taksi online nyasar ke gang buntu. Kali ini bersetting mirip film-film Hongkong gitulah. Berbekal nanya ke warga setempat lokasi Petak Sembilan, akhirnya aku malah blusukan di Pasar Glodok. Asik banget ya buat foto-foto. Beneran nggak berasa deh di Jakarta. Sebagain besar pedagang di sini beretnis Tionghoa dengan dagangan yang khas Tionghoa pula. Ya ada sih sayuran alapasar tradisional pada umumnya, tapi di pasar ini banyak yang unik. Karena aku muslim, jadi lumayan hati-hati ya. pedagang juga biasanya notice kok karena aku pakai jilbab.

Kuliner Halal Gang Gloria

“pak, gang Gloria yang banyak jajanannya itu dimana?” tanyaku ke pedagang buah
“mba lurus aja, patokannya gedung tinggi itu tuh, nanti nyebrang…”

Ternyata, yang dimaksud Gloria itu nama gedung di depan gang ini. Gang yang ramai sejak 1920an dan masuk jalan pintu besar tersebut berada di depan gedung tinggi Gloria dan samping hotel Fortuna.

Setelah melewati lorong panjang pasar Glodok, sampai juga nih di jalan besar. Aku nyeberang, lalu sampai tepat di depan toko manisan. Sempat bingung dan nnaya tukang mi ayam, tapi dia juga ngga tahu gang Gloria wkkwkw.

Aku jalan pelan-pelan, sampai akhirnya yakin banget telah berada di gang yang tepat ketika melihat plang “Bakmi Amoy”. Lucunya adalah hampir saja aku beli bakmi Amoy ini. Ahhaa padahal di berbagai review yang aku baca, ini bakmi non halal. Lagian sudah jelas di etalase warung bakmi yang sudah ada sejak 1920an ini terpampang babi. Bakso gorengnya dan somay di sana sungguh menggoda. Tapi ya cukup foto dan merekam sajalah.

Mari kita mulai hunting kuliner halal gang Gloria!

Kari Ayam Lam
Ini adalah kari Ayam pertama yang kurasakan. Biasanya aku Cuma makan kari ayam dalam bentuk mi instan ahahha. Kari Ayam Lam disajikan dalam pilihan bersama bihun atau nasi. Biar kerasa otentiknya, aku pilih bihun. Wow ternyata porsinya banyak.
kari ayam lam gang gloria
bukan mi instan rasa kari

Subhanallah, nikmat banget memang kalau ketemu makanan enak, trekenal, pas lagi laper-lapernya, eh harganya murah. 40 ribu semangkok menurutmu worth it! Potongan ayamnya besar, banyak, dan santannya super gurih tanpa bikin enek. Paling pas dikasih perasan jeruk limau deh biar segeer.

Lokasinya di ujung gang dan sangat mudah ditemui. Seatap sama mi kangkung jangkung dan kopi gayo. Sampingnya toko obat Mutiara yang legendaris juga.

Mi Kangkung Jangkung
Sebagai penggemar mi ayam rasa kampung, aku puas banget makan mi ayam kangkung di sini. Mie nya kental, enak. Kuahnya kental dengan bumbu kaya. Ayamnya gurih banget, kangkungnya nggak seret. Porsi yang cukup besar dan worth it dengan harga segini.
mi kangkung jangkung gloria
ada udangnya juga lho


Kopi Es Gayo
Sebenarnya aku pengen ke kopi es Tak Kie yang sudah ada sejak 1920. Eh nampaknya aku keosrean karena pakai acara nyasar ke Ancol itu ahahha. Yasudah, lain kali kita ke sini lagi. Untuk meredakan haus dan menambah tenaga, pilihanku jatuh pada kopi es gayo pakai susu. Aaah,,,segar banget deh. 18ribu rupiah kalau nggak salah harganya. Jauh dong sama harga kopi di kafe.
kopi es gayo gang gloria
bukan di Makau


Manisan Acin dan Cokelat Jadul
Kembali berjalan keluar gang Gloria, aku ketemu sama toko manisan dan jajanan jadul. Warna-warni dengan toples besarnya enak banget dilihat. Tak ada salahnya belanja cokelat jadul dan berbagai manisan di sana. Tapi karena bawaanku sudha kayak orang habis mudik, mendingan kapan-kapan saja pas kesana lagi.
manisan Acin gloria
pilih yang mana?


Roti Sarikaya
Menyeberang jalan dan masuk ke arah pasar Glodok, kamu akan menemui roti sarikaya ini. Street food halal yang aku beli di pasar Glodok hanya ini. Padahal aneka siomay, kepiting, buah-buahan, menarik banget. Keitimewaan roti Sarikaya di sini adalah masih hangat dan ada berbagai pilihan olahan. Oven, rebus, atau goreng? aku sih nyoba 3 sekaligus, ehehhe 10 ribu saja lho. Sarikayanya homemade dan baru dioles ketika ada pembeli. Lokasinya nggak jauh dari mulut gang, di depan toko yang menjual alat sembahyang.
Roti sarikaya glodok
anget

Ketika sedang di Kari Lam, aku merekam dan membagikan Instagram stories. Kok banyak yang mengira aku lagi di Singapore ahhaha. Memang suasanya gang Gloria ini nggak berasa di Jakarta ya. Sesekali coba deh kesini. Bagi yang muslim, semoga rekomendasi street food halal gang Gloria ini bermanfaat.

Blogger Perempuan 30 Day Challenge:

12 comments on "Rekomendasi Street Food Halal Gang Gloria Jakarta"
  1. Roti sarikayanya tuh bikin penasaran. Eh mi kangkungnya juga. Aku belum pernah lho makan mie kangkung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda sama sari roti yang pasti ahhaa.
      mi kangkungnya juga beda sama mi kangkung di upnormal wkkwkw yaiyalah

      Delete
  2. Kuliner di Glodok ini mantap banget memang. Aku udah lamaaaa banget nggak ke sana, sekarang makin rame yaa. Kalo gak salah ada bakso bening enak juga di sana. Aku lupa namanya apa. Kapan-kapan pengen blusukan juga ah ke Gang Gloria (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen kesana lagi, kemarin kayaknya belum puas

      Delete
  3. Pengen Mi Kangkung nya, Nay..karena kebetulan keduanya kesukaanku..hehe..

    ReplyDelete
  4. Uwowowow maem babi, hampir saja :D tapi itu mie kangkung nya kayak enak banget deh, bikin ngiler nih

    ReplyDelete
  5. wihhh..enak banget liatnya mbaa....apalagi mie kangkungnya..bikinn enak diperutt mbaa..hehhe

    ReplyDelete
  6. udah lama sebenarnya pengen jelajah kuliner di sana. Tapi takut nggak halal gitu. Mampir ke sini aku jadi semakin PD buat nyicip kuliner di sana. Terima kasih ulasannya ya mbak. Bagus banget reviewnya. Itu dalam satu hari makan dua jenis gak kenyang kah mba? Hehe

    ReplyDelete
  7. Nyari tmn buat jln2 kesana,kyknya enak kalo rame an gitu hehehe😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature