Top Social

Ketika Traffic Blog dicuri Website Lain

November 16, 2018
Ketika Traffic Blog dicuri Website Lain

Seperti mendengar vonis dokter, ketika aku tahu penyebab blogku tiba-tiba tidak bisa diakses bagian homepagenya. Ada website lalin yang menyusupkan link kesana sehinga setiap kali pengunjung blog akan menuju homepage, zonk. Masuknya ke website entah apaan. Aku sempat males ngurusin, apalagi ketika tahu susupan malware juga merajalela di blog. Tapi, niatan awal aku ingin berbagi seluas-luasnya. Sehingga kemarin blog Pekalonganku.com yang sempat hilang telah aku rebut kembali. Merdeka!

Newbie dengan wordpress self hosting

Memang baru 1 tahunan ini aku ngeblog di wordpress self hosting. Selain harus menyediakan hosting setelah punya domain, maintenance blog seperti ini juga harus ekstra. Aku terbiasa dengan blogspot top level domain yang setelah punya domain ya tinggal jalanin saja seperti biasa. Di wordpress, harus pasang plugin sendiri dan salah-salah malah ngga bisa memproteksi blog sehingga disusupi malware.
Hati-hati pasang tema dan plugin

Salah satu celah masuknya malware adalah lewat plugin dan tema. Ya, tema yang lucu-lucu itu juga berpotensi lho. Memang sih aku sempat mengambil tema bukan dari wordpress.org. rekomendasi dari teman-teman blogger yang sudah malang-melintang di dunia perwordpressan perlu banget sebelum intal ini itu.

Baca: Domain Rating Penting Untuk Siapa?

Tanda-tanda blog terserang malware

Ketika traffic blog menurun, aku positive think saja sih. oh mungkin memang karena aku jarang update postingan baru. Blog Pekalonganku.com memang jarang diisi artikel layaknya blog ini. Tapi sekalinya aku nulis di sana memang diusahakan banget SEO nya GOOD dan jadi konten evergreen.
Beberapa waktu teman-temanku ada yang komplain kenapa homepagenya redirect ke situs antah berantah. Aku coba setelah clear cache dan sebagainya memang seperti itu. Tapi sampai di saat itu aku belum tahu penyebabnya.

Tanda selanjutnya adalah kapasitas hosting blog aku yang tiba-tiba habis. Sebagai blog yang postinganya maish sedikit, minim komen, minim gambar, (dibanding blog ini)…masa sih segitunya? Blog aku akhirnya tewas, nggak bisa diakses sama sekali.

Menambah kapasitas blog

Karena waktu itu aku lagi ikut sebuah lomba blog, aku nggak mau dong kesempatan menang hangus begitu saja. Akhirnya aku menghubungi pihak hosting untuk menambah kapasitas. Oke, blog aku bangit (untuk sementara). Setidaknya sampai penjurian dan blogku dinyatakan menang, masih bisa diakses. Apakah homepage masih redirect ke website lain? Oh tentu saja YA!

Tak lama setelah pengumuman lomba, aku dapat notifikasi lagi jika kapasitas blog telah habis. WHAT! Padahal habis lomba itu aku belum nambah postingan apapun lho.

Baca: Lakukan Ini Ketika Disk Space Blog Penuh

Sempat pasrah

Waktu untuk ngeblog di sini saja sudah nggak seintense dulu, padahal sungguh ingin. Mserius lho, akutu pengen banget bisa blogwalking, posting, kayak dulu lagi. Tapi rasanya waktuku ndak cukup…huhuuuu. Aku sempat pasrah, yasudah lah diatasi susah tuh blog. Nanti pas perpanjanagn domain tak biarin saja wes. Hingga minggu kemarin saat aku blusukan ke Pasar Senggol Pekalongan, seseorang bilang gini “jangan dong dibiarin, namanya domainya bagus lho, ndak sayang emang?” Oke, dan akupun segera menghubungi pihak hosting untuk mereset semua isi blog Pekalonganku.com.

Reset blog

Ketika sudah menghapus plugin, tema, tetap saja maslah tak selesai maka cara terbaik adalah mereset semuanya. Aku sempat mikir sih kalau setelah reset aku masukin lagi backupan blog. Eh kan, tapi nanti malah takut jadi malah yang sama. Sebab dalam backup itu nggak hanya ada postingan namun juga segala hal tentang blog. Jadi, aku harus ikhlas memulai blog Pekalonganku.com dari 0.

Kamu yang blognya berpageview rendahpun berpotensi lho diambil trafficnya. Sebab blog Pekalonganku.com juga gitu, pageview nggak sampai ribuan sehari. Ratusan saja Alhamdulillah. Sampai sekarang aku belum tahu untuk memproteksinya agar traffic nya tidak lagi dicuri webstite lain. Ada yang ingin berbagi?
18 comments on "Ketika Traffic Blog dicuri Website Lain"
  1. Wah, masih awam saya tentang beginian.
    Tapi saya pakai blogspot sih.

    Sedih juga udah capek-capek bangun blog, bisa disusupin kayak gitu ya :)

    ReplyDelete
  2. Pernah ngalamin juga... tapi bedanya bukan redirect tapi ndak bisa login... untungnya pihak hostingnya tanggap... mereka bantu benahin and bebaskan dari malware...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gabisa login masih bisa aman tuh isinya ya mba

      Delete
  3. Sebenernya gak usah sampai di reset total juga bisa diatasin, tapi harus bener-bener jeli dalam hal ini. Harus sedikit paham ttg hacking. Alhamdulillah saudara muda pekalonganku.com (cintapekalongan.com) masih aman jaya. dahulu jg pernah disusupi file asing di hosting tp udah di delete sama suhu salim.

    ReplyDelete
  4. Wah... Serem ya. Aku pernah dengar tapi tidak sedekat ini, sampai kejadian ke teman sendiri.
    Aku sempat was was dengan blog berhosting sendiri meski masih baru. Memang asyik sih... Bisa bebas pasang plugin apa saja. Tampilan juga indah.

    Semoga bisa segera diambil alih ya. Maaf aku tak bisa bantu

    ReplyDelete
  5. Semoga segera menemukan solusinya ya mbak agar cepat pulih kembali blognya
    Membaca hal kayak gini saya juga jadi H2C...

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sharingnya mbaak. Ilmu banget ini. Tapi semoga gak ada yang mencuri traffic. Dulu pernah sih mendadak salam satu hari traffik 2000 (sebelum ganti template) eh ternyata kayak ya ada penyusup. Dari Israel.. halaaah.. Blog cemen kayak punya saya aja, ada yang mau gangguin. Heraaan !

    ReplyDelete
  7. masalah yang kayak gini bisa terjadi di blogspot juga enggak sih?
    gue kemarin baru mengkhayal aja dulu buat blog lagi d wordpress, tapi abis baca ini kayaknya harus belajar tentang wordpress terlebih dahulu biar enggak sampai kayak kejadian kayak gini. apalagi gue doyang banget buat gonta ganti template blog. ehehe

    selama niatnya mau berbagi, insyaAllah mah ada aja jalannya. semangat brader!

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan brader brader emang aku berjakun wkwkwk

      Delete
  8. jadi malu dikomenin blogger fotografi kalau suka foto akuh *blushing*
    aku termotivasi dari postingan dan feedsmu untuk menghasilkan feedsnya menyenangkan dilihat dan sekalian buat stock foto posting blog loh Nay :* memang kalau hasil sendiri lebih puas ya hehe

    blog niche foodku pernah pengunjungnya membludak sampai harus upgrade bandwith. aku masih kikuk pake wp jadi gaberani juga utakatik yg aneh2, template cm yang disediain wp aja, paling custom header doang sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw aku belum baca kayaknya blog yang food

      Delete
  9. Blog pertamaku dulu burselfwoman dotcom wordpress down 2x, yang bener2 blank nggak bisa dibuka. Beruntung adikku yg nanganin semuanya dari ngurusin domain sampai kalau down begitu. Katanya itu virus yg disebar melalui kolom komentar. Adikku perlu 2 hari untuk bersih2 karena katanya virusnya gila sampai dalam folder. Setelah itu komentar aku moderasi. Eh tetap kena juga yg nyisipin di komentar lagi nggak terdeteksi krn kayak kalimat biasa di dashboard. Setelah di buka dari luar, barulah kelihatan kalau dalam komentar itu ada link entah kemana. Setelah itu adikku sibuk. Kalau ada apa2 aku harus nunggu dia selo. Akhirnya aku nggak sabar, jadi aku pindah ke blogger dotcom yg pengoperasiannya lebih mudah dg nama beyourselfwoman dotcom. Komentar tetap aku moderasi & rajin beres2 broken link & cek webmaster. Belum ada indikasi diganggu sih meski sekali2 masih ada yg nyisipin link di komentar setelah bbrp minggu baru ketahuan & banyak spam yg berhasil terpending. Semoga saja nggak ada yg lebih jahat dari itu karena aku nggak terlalu mengerti teknisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya bener aku dulu pernah BW ke blog mba wordpress. blogspot ternyata jauuh lebih mudah buat dipelihara

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature