5 Tips Pergi Wisata dengan Nyaman Menggunakan Kereta Api

February 15, 2022

tips wisata dengan kereta

Akomodasi transportasi darat kereta api merupakan salah satu moda transportasi favorit, yang banyak dipilih oleh banyak orang untuk bepergian. Di Pulau Jawa sendiri, kereta api bisa dibilang sebagai salah satu pilihan transportasi darat yang nyaman, namun dibanderol dengan harga terjangkau. Bagi kamu pengguna setia moda transportasi kereta api, tentu kamu bisa merasakan perubahan fasilitas yang jauh lebih baik, nyaman, serta aman sebagai pilihan jalur darat jarak jauh.

Kereta api sendiri memiliki berbagai jenis rute, yang biasanya dapat kamu pilih sesuai dengan tujuan tempat yang ingin kamu kunjungi atau singgahi. Salah satu rute paling sering digunakan adalah rute kereta api Jogja-Jakarta, yang di Traveloka terdiri dari berbagai pilihan jam keberangkatan. Anda tak perlu kehabisan tiket kereta api, karena saat ini, kamu dapat mengecek harga tiket kereta Jakarta Jogja hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi perjalanan, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan pengalaman wisata naik kereta api yang nyaman dan tentunya aman.


Pilih Kursi di Dekat Jendela

Tips pertama yang bisa kamu tiru untuk pengalaman naik kereta apa yang nyaman saat pergi wisata adalah dengan memilih kursi yang berada di pinggir jendela. Selain untuk menghindari tersentuh orang lain berlalu lalang di lorong jalan kereta, kursi yang di dekat jendela dapat memberikan akses penuh kepada Anda untuk melihat pemandangan yang ada di luar sana.

Kamu bisa menikmati perjalanan menggunakan kereta api secara nyaman sekaligus ditemani dengan pemandangan yang indah dari luar jendela kereta api. Tak hanya itu, posisi kursi yang di dekat jendela menguntungkan kamu untuk bisa bersandar ketika terasa penat dan ingin terlelap.

 

Siapkan Makanan Ringan

Hal penting namun jarang dihiraukan oleh banyak orang, yaitu mempersiapkan makanan ringan beserta air mineral selama perjalanan menggunakan kereta api. Memang, di dalam kereta sendiri telah tersedia restoran khusus kereta, di mana kamu bisa memesan makanan ketika perut terasa lapar.

Namun, apabila kamu sedang melakukan penghematan, membawa makanan ringan sebelum masuk kereta api akan sangat membantu. Jangan lupa untuk membawa air mineral, karena kondisi di dalam kereta api yang full air conditioner, sehingga kemungkinan tubuh kekurangan cairan akan meningkat.

 

Pesan Tiket Melalui Penyedia Online

Kemudahan bertransaksi tidak hanya dapat kamu rasakan ketika melakukan pembelian makanan secara online, atau bahkan berbelanja online melalui e-commerce pilihan. Saat ini, kamu bahkan bisa memesan tiket hingga bangku secara online untuk memaksimalkan tingkat kenyamanan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket secara online adalah Traveloka. Melalui Traveloka, kamu dapat menyesuaikan pesanan tiket kereta sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, Traveloka bahkan juga menyediakan fitur asuransi perjalanan, yang menjadi jaminan selama perjalanan kamu menggunakan kereta.

 

Pilih Gerbong yang Berada di Tengah-Tengah

Tips yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang lain, namun ini menjadi salah satu tips penting yang dapat menentukan kenyamanan kamu selama bepergian menggunakan kereta api. Ketika kamu hendak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api, jangan lupa untuk memilih kursi yang berada di gerbong tengah.

Gerbong tengah menjadi bagian dari kereta api yang minim akan bisingnya serta getaran kereta api, meskipun selama perjalanan kamu masih akan tetap mendengar suara rel kereta yang bersentuhan dengan roda kereta.

Akan tetapi, hal itu akan terminimalisir dengan pemilihan gerbong yang ada di bagian tengah. Selain itu, hindari gerbong yang dekat dengan restoran, karena bagian gerbong restoran biasanya lebih bising daripada gerbong lainnya.

 

Hindari Kursi yang Dekat Bordes

Tips terakhir yang dapat kamu gunakan agar wisata menggunakan kereta api menjadi lebih nyaman yaitu dengan menghindari kursi yang dekat dengan bordes. Bordes sendiri merupakan istilah untuk ruangan yang berasa di ujung gerbong, biasanya menjadi jalur keluar masuk penumpang serta juga berdekatan dengan toilet.

Tentunya, kamu sudah bisa terbayang bagaimana tidak nyamannya duduk di dekat bordes? Tak hanya itu, bordes juga menjadi tempat keluar masuk pegawai kereta saat menawarkan makanan dan minuman. Hal ini sudah pasti dapat mengganggu kenyamanan kamu selama di kereta, sehingga kamu menjadi kurang menikmati momen-momen perjalanan selama di kereta.

 

Itulah 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan perjalanan menggunakan kereta api secara nyaman dan aman. Jangan lupa, untuk kunjungi laman resmi Traveloka untuk mengetahui informasi mengenai promo atau diskon perjalanan menggunakan kereta api.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature