Behind a pretty marketing blogpost

November 16, 2015
Pada mulanya, blog difungsikan sebagai catatan harian. Makin lama, blog makin berkembang menjadi tempat share bebagai macam ide dari penulisnya. Lahirlah bermacam jenis blog, yang paling hits saat ini adalah beauty and fashion blog. Selain itu ada blog yang fokus untuk mereview produk technology, film, dan literature. Tapi, sebagian besar blog justru berGenre campur-campur atau disebut lifestyle blog (seperti blog toekang tjerita ini).
digital marketing, blogger, lovecontent, indosat, bloggercampid
source , edited by me

Marketer blogger
Di zaman serba “e” ini, Blog sudah bukan hanya penyalur emosi penulisnya semata namun sudah merambah menjadi sarana marketing. Everybody is a marketer, begitu kata Board Of Director tempat kerja saya. Sah-sah saja, blogger memang telah beranjak dewasa menjadi sebuah profesi menjanjikan. Dalam dunia digital marketing, data yang tersaji di internet bisa dianalisis guna kemajuan sebuah brand atau produk. Nah..tugas para blogger nih, menyajikan data (informasi)  yang valid . Tentu hal ini tidak mudah, harus dijalani dengan serius tapi main cantik. Apppa?? *duaaar...

Serius ngeblog
Serius sebagai digital marketer itu bagaimana? Tentu bukan dengan menulis pakai bahasa ala-ala diktat kuliah sambil berekspresi mengerutkan dahi. Hahahahah. Serius sebagai blogger yang konsisten menyajikan konten berkualitas ciamikk. Tak dapat dipungkiri, semakin banyak saja blogger yang bersliweran. Persaingan buat dapetin income dari blog semakin ketat.
Behind a pretty marketing blogpost, ini yang harus dilakukan blogger:

Konten
Bicara soal konten, hukumnya fardhu ‘ain. Kewajiban bagi setiap blogger untuk menyajikan konten yang bagus. Tentukan tema postingan terlebih dahulu. Misalnya, lagi musim hujan nih. Perasaan kamu campur aduk pas nyium wangi hujan pertama. Tentuin tuh tema nya, kamu mau nulis curhatan..ngasih tips mengisi waktu saat hujan..berbagi resep minuman hangat..atau kamu mau promosikan produk tertentu.
Kalau sudah kamu tentukan temanya, baru siapkan bahan. Jika perlu data berupa angka, yang tersaji harus benar-benar valid. Properties untuk foto sebagai penunjang postingan juga perlu dipersiapkan guna mengahasilkan postingan yang cihuy. Sebuah foto dalam postingan bisa jadi merupakan hasil dari 10 jepretan. Apalagi jika untuk promosi, beuh..jangan sampai image produk orang jadi jelek di tangan kita.

Jujur
Digital marketing yang dilakukan blogger biasanya berbentuk review. Kunci dari review adalah jujur apa adanya. Jadi inget lagunya Tulus ‘jangan cintai aku, apa adanya..jangan..tuntutlah sesuatu..biar kita jalan ke depan’. Dooh nyanyik pemirsa.
Sebuah review akan menjadi pertimbangan untuk pembaca. Jangan sampai kita menuliskan sesuatu yang menyesatkan. Lhah trus gimana dong, masa promosiin produk jelek? Nggak mungkin kan, sebuah produk isinya minus semua. Tulis apa adanya, plus dan minusnya. Selain buat pembaca, ini juga bisa jadi masukan untuk pemilik brand yang bersangkutan.

Followers
Apalah arti konten bagus tanpa ada yang melihat. Untuk mendapatkan loyal followers yang sampai subscribe blog kita, nggak bisa dicapai dalam waktu singkat. Ikutlah komunitas-komunitas blog. Disitu kita nggak Cuma bisa share link blogpost kita, tapi juga bisa mendapatkan informasi tentang seluk-beluk perBlog an yang memungkinkan banget jadiin blog kita lebih marketable. Dengan blogwalking, meninggalkan komentar yang baik (bukan semata komentar jualan obat) seorang blogger bisa semakin dikenal. Hubungkan blog dengan social media, share artikel disana.
Mengenai followers di social media, lupakan membeli followers deh. Akan baik jika kita membangun blog pelan-pelan dengan konsisten menyajikan konten bagus, followers pasti ngikut.

Brand Icon
Setuju kan, kalau blogger sudah bisa kita sebut sebagai public figure? Nggak Cuma artis sinetron saja yang bisa mempromosikan produk bahkan dijadikan ambasador. Yang bikin ngiri sampai ngiler adalah mengalirnya produk-produk gratisan. Sempat beberapa kali blogwalking ke blog yang sudah terkenal. Ternyata nggak semanis yang kita lihat dari luar. Blogger sebagai digital marketer punya kewajiban mengemas produk atau brand menjadi menarik. Tapi......nggak terkesan ngiklan banget. Kalau produknya seminggu 1 saja sih masih bisa lah dihandle dengan mudah, tapi biasanya lebih dari itu lho.
  
digital marketing, blogger, bloggercampid, lovecontent, indosat, infographic, infografis,
infographic digital marketing

Sudah siap jadi digital marketer? Ayyyoo jalan, jangan lupa pegangan. Heheheh..emang naik angkot. 
15 comments on "Behind a pretty marketing blogpost"
  1. ehiyaa ikut dua komunitas sekaligus ya rul hahaha

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. semangat apa nih...? yuhu..jadi perantara pasar

      Delete
  3. Replies
    1. semangaaat mengeluarkan konten yang kredibel

      Delete
  4. konten2ku berasa ga oke deh hehe...terus followerku juga kyknya bisa dihitung... tp memang lebih suka sedikit follower sih...aneh juga yak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru blog nya mas Dani itu yang masih mempertahankan keaslian dan ada taste of humanity nya (halah apa nih,,hehe). Masih berasa rumah orang, bukan rumah robot atau rumah iklan kalau berkunjung kesitu.

      Delete
    2. "I am not robot" hehehehhe berasa captcha nya blogger yak :D

      Delete
  5. Semenjak ikutan komunitas blog, lumayan jumlah follower saya bertambah sedikit demi sedikit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..selain itu juga nambah ilmu tentang dunia blog yang kekinian.

      Delete
  6. Sepertinya kapan lalu aku sudah berkomentar di postingan ini deh, ternyata belum ya.

    Aku ngeblog saat ini sih buat nyenangin hati, nggak tahu ya ke depannya. Pernah dapat tawaran-tawaran buat mereview, tapi kutolak dengan halus karena memang belum siap, khawatir terbagi perhatiannya, makanya kutiadakan halaman kontak di blogku karena nggak enak juga menolak terus terusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum deh mbak..mungkin di blognya Mas Danni, mbahas ini juga.

      tuh kan mba el iki pancen blogger yang mempertahankan blog seperti pada mulanya. salut !! nggak kayak akuh...hiksss

      Delete
  7. Content is the king hehehehe.. :D Tetep semangat nge-blog mbaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature