Top Social

Barongan The Warrior Of Dewi Lanjar

November 09, 2015
Sendratari barongan merupakan salah satu kesenian dari Jawa Tengah. Di wilayah pesisir utara pulau Jawa khususnya Pekalongan dan Batang, barongan dikaitkan dengan legenda Dewi Lanjar penguasa laut utara.
Barongan, visit jateng, dewi lanjar, pekalongan, batang, seni, budaya
Dalam ranah budaya nusantara, di beberapa daerah juga dikenal istilah yang mirip. Seperti 'barong' di Bali dan beberapa daerah di Jawa Barat. Sementara di Jawa Timur dikenal dengan sebutan reog serta singo.

Pada intinya sama, barongan adalah penggambaran dari raja roh-roh yang melambangkan kebaikan. Barongan digerakan oleh kekuatan banas pati, roh pelindung berwujud singa. 

Pertunjukan sendratari yang saya ceritakan ini baru saja tergelar pada Gebyar Nusantara 2015 di Institut Pertanian Bogor (IPB). Acara ini merupakan ajang unjuk gigi kesenian dan kebudayaan dari seluruh tanah air. Kontingen Pekalongan dan Batang yang diprakarsai Ikatan Mahasiswa Pekalongan Batang (Imapeka) mengusung tema 'Pesona Dewi Lanjar Penguasa Pantai Utara Jawa, Pemilik Kerajaan Batik Pekalongan'. 
Pada umumnya, atraksi barongan diselenggarakan pada event tertentu seperti khitanan, pernikahan, atau festival budaya tahunan. 

Di wilayah Pekalongan dan Batang, barongan yang dipakai berwujud singa loreng yang disebut barong loreng gonteng.
Barongan, visit jateng, dewi lanjar, pekalongan
barongan loreng gonten
Dikisahkan, suatu ketika Dewi Lanjar dicintai oleh Prabu Drupikso. Prabu Drupikso yang merupakan penguasa alas roban memiliki watak angkuh. Cinta prabu Drupikso hanya modus untuk menguasai kerajaan batik Pekalongan. 
barongan, dewi lanjar, visit jateng, blogjateng, seni, budaya, pekalongan, batang
Dewi Lanjar berhadapan dengan Prabu Drupikso
Dewi Lanjar tidak hanya memiliki paras yang cantik, namun juga menguasai kerajaan batik yang membentang sepanjang pantura jawa. Lanjar adalah sebutan untuk wanita yang ditinggal mati suaminya sedari muda, atau istilah sekarang adalah janda kembang. Dewi Rara Kuning adalah nama aslinya sebelum ia patah hati ditinggal mati lalu bertapa di laut selatan dan memiliki kekuatan besar. 
barongan, dewi lanjar, visit jateng, blogjateng, seni, budaya, pekalongan, batang
pesona dewi lanjar
Niat buruk prabu Drupikso diketahui Dewi Lanjar. Pertempuran pun terjadi antara tentara Dewi Lanjar yang berwujud barongan dan Prabu Drupikso. Pada akhirnya, Kebaikan selalu menang melawan kebatilan. Dewi Lanjar konon masih berkuasa hingga sekarang di pantai utara Pekalongan.
barongan, dewi lanjar, visit jateng, blogjateng, seni, budaya, pekalongan, batang
penguasa pantai utara

Semakin hari semakin sedikit masyarakat yang menyelenggarakan atraksi barongan. Padahal, peran warga setempat sangat penting. Mereka yang mengerti filosofi setiap adegan dan peran sehingga pesan kebaikan tersalurkan. Jangan sampai, legenda yang sudah ada sejak turun temurun hanya diketahui dari sisi mistisnya saja. 

Mengunjungi jawa tengah tidak pernah salah. Bukan hanya karena obyek wisatanya yang beragam mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner, tapi jangan lupa ada wisata seni budaya. Datanglah ke kabupaten-kabupaten, sungguh kaya budaya jawa tengah. Masih banyak seni budaya selain wayang kulit. Barongan salah satunya. 


*terima kasih untuk @Budiarto_Tri atas sumbangan fotonya. 





6 comments on "Barongan The Warrior Of Dewi Lanjar"
  1. seru kalau dengar cerita2 kayak gitu :D hehe.. btw gambarnya kurang gede buat dinimkati, tapi dilemannya klo gede2 load blognya lambat yak...karena ngeload gbr yang gede hehe...itu acaranya di IPB ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini fotonya dari jauh mas, kecil-kecil hehe maklum panggungnya lebar banget. iya di IPB

      Delete
  2. Waktu kecil aku takut banget lihat barongan, aku pikir itu hewan beneran hihihiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,serem banget..apalagi kalau ada adegan kesurupan

      Delete
  3. Keren mba tampilan blognya. Segerrr... ulasannya juga keren. jadi pengen menyaksikan langsung... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..masih belajar nih.
      Iya,,yang beginian sudah jarang dipertunjukkan mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature