Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara Di Jalan Tol

March 25, 2016
Tips mengatasi rasa mengantuk di jalan tol, tips berkendara di malam hari, tips melewati tol Cipali di malam hari, Safety riding, safety driving
Berkendara malam hari di jalan tol
Pagi ini saat pemberitaan televisi dan lini masa online berkutat pada kemacetan longweekend di beberapa ruas tol, saya sudah siap tidur manis di tempat tujuan liburan. Kemacetan sudah diprediksi dan dapat kami tanggulangi. Semalam, saya bersama tiga orang kawan melenggang santai sepanjang Cikampek-Cilacap. Sengaja kami start lebih awal sepulang kerja dengan harapan dapat terhindar dari macet.
Efek yang ditimbulkan adalah, rasa lelah pulang kerja itu belum reda. Kami mengantuk, dan obat mengantuk adalah tidur. Bagaimana jika rasa kantuk itu datang di tol Cipali, yang rest areanya berjarak lumayan jauh satu sama lain?

1.|Tidur Bergantian
Ini adalah hal pertama yang kami coba. 
“kamu tidur sejam ya..nanti gantian” kataku.
Eh ternyata, si A bablas saja tidak juga bangun sementara saya sudah mengantuk. Kalau kondisinya semua orang dalam mobil tersebut bisa nyetir, cara ini aman digunakan. Tapi jika tidak, jangan coba-coba deh. 

2.|Ngopi
Kata orang,,ngopi itu bikin melek. Iya,,tapi entah kenapa suasana jalan tol yang monoton dan kondisi malam hari menambah hasrat untuk tidur. Kafein serasa tak ada bekasnya sama sekali di badan. Mungkin kami lelah. 

“gue ngopi lah..dijamin melek” kata salah satu dari kami. Beberapa saat kemudian, dia sudah ngorok.

Dalam kondisi fresh, kopi atau kafein jenis lain bisa bekerja maksimal. Tapi kalau badan sudah lelah, cara ini tidak bisa dipakai. Melek hanya saat ngopi, diam sejenak....tidur lagi.

3.|Main Gadget
Main smartphone ampuh bagi saya. Jika kamu co-driver atau navigator, cara melototin gadget bisa bikin mata terjaga. Kita tahu, bahwa radiasi dari sinar pada smartphone misalnya akan memberikan efek ini. Jangan dicoba jika kamu dalam posisi pemegang stir.

4.|Dengarkan Musik Sambil Karaoke
Masukkan lagu-lagu andalan ke playlist. Tolong jangan masukkan musik klasik atau musik instrumental, karena hal itu bikin kamu semakin relaks lalu zzzzZz tertidur. Suka dangdut? Rock? Anything deh, sebisa mungkin lagu yang punya beat asik. Dengerin lagu saja kurang ampuh, bernyanyilah layaknya di ruang karaoke. Selama perjalanan semalam, lagu “mungkinkah” nya Stinky dan “Dekat di hati” nya Ran adalah kafein telinga. 

5.|Segera menepi di rest area
Tips nomor 1 sampai 4 tidak usah kamu lakukan jika rest area ada di depan mata. Menepilah untuk tidur, ngopi, main gadget atau karaokean hahaha. Intinya, mengantuk adalah sinyal bahwa kamu lelah. Istirahatlah seoptimal mungkin dengan memanfaatkan fasilitas rest area. 


Berkendara  di malam hari terutama di jalan tol, amat tidak saya anjurkan menepi di bahu jalan. Terlebih jika kamu berkendara di tol Cipali yang penerangan jalannya minim. Kurang aman dan tentunya tidak nyaman untuk istirahat kita. Kendaraan lain sering seenak hati melewati bahu jalan dengan kecepatan tinggi. Jikapun harus menepi untuk urusan yang penting dan mendesak, pilihlah bahu jalan yang kondisinya terang serta nyalakan lampu hazard.

Tips ini bisa diaplikasikan untuk pengguna kendaraan pribadi. Rasanya para supir bus itu tak perlu lagi memakai cara ini. Benarkah? Bagaimana cara mereka kuat membawa bus semalaman ya...? Hemm penasaran. Barangkali para bismania paham soal hal ini. Saya bisa menayakan ke teman blogger mba Elisa Karamoy yang putra-putri kecilnya sudah menjadi member bismania community. 

Safety riding dan safety driving tidak hanya berfokus pada kendaraan serta gaya berkendara, namun juga pada individu yang menjalankan kendaraan. Kamu punya tips lain mengatasi ngantuk saat berkendara di jalan tol? 

*terima kasih sudah membaca Friday Hobbies yang kali ini bertema Traveling.
57 comments on "Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara Di Jalan Tol"
  1. Aku kalo malam mending naik bus ato lainnya. Naik motor rawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau sendirian naik bis aja. Tapi aku plg suka naik kereta

      Delete
  2. Duh aku gak bisa nyetir dan kalau lewat tol Cipali, aku selalu membuka mata dan memastikan suamiku gak ngantuk.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bisa...tapi semalem bukan aku yg nyetir wkwkwk. Tugasku nyanyi

      Delete
  4. Nyewa bumbel bee, biar mobilnya otomatis jalan

    ReplyDelete
  5. Cuci muka pake air aqua biar melek lagi atau nggak makan permen lumayan mengobati ngantuk. Kalo pake supir dan udah mulai ngantuk dengan terpaksa kubolehkan ngerokok bentar.

    ReplyDelete
  6. Wuih, jadi inget pengalaman mudik ke Jambi bareng anak-istri November kemarin. Dari Pemalang ke Jakarta naik travel untuk lanjut di bandara. Ternyata sopir travelnya pagi sampe sore bawa rombongan tur ke Guci, lepas magrib bawa kami ke Jakarta. Sampai Cirebon aman, sopir masih segar. Begitu masuk Indramayu keliatan sekali sopir mulai kelelahan. Hampir saja kami nabrak tiang listrik karena sopirnya tertidur. Ugh, untung gak pas ngebut. Untung lagi jalanan sepi, jadi pas mobil dibanting ke tengah jalan gak ada yang nabrak. :D

    ReplyDelete
  7. Cerita lucu sama si sopir haha..

    ReplyDelete
  8. Cerita lucu sama si sopir haha..

    ReplyDelete
  9. jadi teringat perjalanan kami tahun 2007 silam dari surabaya menuju jakarta naik bis..
    kalo sopir yang 1 sedang nyetir yang lainnya tidur, begitupun sebaliknya..
    Alahmdulillah kami tiba dengan selamat :)

    ReplyDelete
  10. Tips yang bermanfaat
    ulasannya juga momentnya pas dg long weekend
    met berlibur mbak

    ReplyDelete
  11. aku ni termasuk orang yg tidak bisa melawan kantuk, tfs Nay

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Bismaniaaaa, ya ampun kecil2 uda joint di community itu. Kereeen ih, dan semalem baru aja ngubek2 youtube channel temen kantor yg joint di community tsb.
    Anti mainstream kalo ku bilang hihi

    Maem permen karet katanya bs bikin melek, mgkn krn ngunyah kali ya. Dan biasanya adek kalo pas ngantuk, kaca mobilnya dia buka...seeeet angin brobos masuk, gk jadi ngantuk dah haha.

    ReplyDelete
  14. Aku paling sebel kl sopir taksi ngantuk dan posisi ada di jalan tol. Ihhh..nyebelin krn bkn deg2an

    ReplyDelete
  15. wah, ini mah untuk yang nyupir ya, kl untuk penumpang mah lebih enak tidur

    ReplyDelete
  16. Kalo suamiku maunya diajak ngobrol biar gak ngantuk pas nyupir. Alhasil saya harus puter otak nyari topik. Kadang lagu-lagu yang denger di Radio jadi bahan obrolan. :D Misal, maksud sebenernya lagu ini apa ya? ini kan penyayinya pernah kena skandal, dll..dll hehehe

    ReplyDelete
  17. Tipsnya buat driver kan nih? Tapi yg poin main gadget jgn sampe dilakukan ya, hihihi.
    Aku sering nih ngantuk kalo nyetir pas tengah hari, abis makan siang dan macet. Harus ada temen ngobrol pokoknya. Kalo temen ngobrolnya tidur, harus ngopi :)

    ReplyDelete
  18. kl udah ngantuk gak bisa ditahan memang mending berhenti dan tidur dulu deh di rest area. Tidur diturutin biar cuman sebentar tapi efektif langsung segerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener..10 menit kalau pas ngantuuk banget itu udah bisa nyegerin badan

      Delete
  19. Kalo ngantuk gak usah berkendara mbak berbahaya, mendingan tidur dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Cipali serem mau nepi selain di rest area

      Delete
  20. Kalau antar jemput anak2 pergi pulang sekolah tuh juga sering ngantuk, sampai nyaris tertidur sebentar. Apalagi pas mataharinya panas banget. Untung jarak sekolah rumah cuma 10km jadi bisa ditahan sambil bentar bentar semprot muka pake face spray gitu. Tapi kalau ketahuan suami suka ditegur, pasti harus menepi untuk tidur sebentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener tuh pakai spray..ya mba. Patut dicoba

      Delete
  21. Masih kurang 1 mbak, ajak ngobrol sopirnya.... hehehe... tugas paling penting, tapi kadang yg pengennya di sebelah sopir malah lupa yg ini

    ReplyDelete
  22. Saya belum bisa mengemudikan mobil, mbak, dan jarang bepergian naik mobil.

    Hmm... ternyata jaraknya jauh juga ya. Memang perlu disiasati semua yang menumpang mobil, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua harus punya peran saat perjalanan jauh..demi keselamatan bersama

      Delete
  23. keren euy... para kuat bawa mobil sendiri. Saya mah milih jadi penumpang aja. duduk di kursi, dan langsung good bye he he he

    ReplyDelete
  24. yang jelaas..aku mau ngopiiii dan cuci muka hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas Teh jangan cuci muka pakai kopi haha

      Delete
  25. Replies
    1. Ngga ngefek kalau aku hahaha. Malah mual

      Delete
  26. wkwkwk...istirahat dulu di rest area jangan lupa beli oleh-olehnya biar perjalanannya ngak sia-sia. Suwun ya mbak...Salam kenal, maaf belum pernah dan sekarang telat mampir.

    ReplyDelete
  27. Tips yang bermanfaat demi keamanan berkendara di jalan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature