5 Teknik Dasar yang Perlu Kamu Pelajari untuk Menjadi Gitaris yang Baik

November 06, 2020

5 Teknik Dasar yang Perlu Kamu Pelajari untuk Menjadi Gitaris yang Baik
Design by Freepik

Susah mana belajar biola atau gitar? Bagi aku susah semua, serius deh! kalau bukan karena cinta (astaga bucin) maka aku enggak akan merasakan belajar musik bahkan sampai kursus. Ketika di kelas biola, guru lesku biasa mengiringi pakai piano atau gitar. Nah, dari situlah aku merasa kalau gitar lebih seru. Bisa dimainkan sendirian, engga kayak biola yang aneh sih kalau tanpa pengiring. Banyak manfaat yang dapat Kamu dapatkan saat Kamu bermain gitar. Beberapa di antaranya seperti menghilangkan stres, mempertajam ingatan, sebagai painkiller dan lain sebagainya. 

Hobi yang cukup digemari dan memberikan manfaat ini ternyata tidak boleh dimainkan secara asal-asalan. Alasannya gitar memiliki teknik khusus supaya suara yang dihasilkan terasa merdu saat dimainkan. Tidak sampai disitu saja, memainkan gitar juga memerlukan teknik supaya gampang dan nyaman saat dimainkan.

Supaya Kamu bisa menjadi gitaris yang oke, diperlukan berbagai teknik dasar yang harus dikuasai supaya Kamu bisa bermain gitar dengan sempurna.

 Tidak usah khawatir! Berikut akan dibahas 5 teknik dasar yang diperlukan untuk menjadi gitaris yang baik. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ketahui Kunci-Kunci Dasar Saat bermain Gitar

Kunci dasar adalah teknik yang harus diingat untuk menjadi gitaris yang baik. Ada beberapa macam kunci dasar yang dapat dipelajari, dimulai dari kunci A, Am, hingga kunci G.

Setiap kunci dasar memiliki caranya tersendiri untuk dipetik. Bila ini sudah dikuasai, maka Kamu sudah bisa menguasai berbagai kunci-kunci khusus yang akan membuat Kamu semakin mudah menjadi gitaris yang baik.

2. Kuasai Teknik Memetik Gitar Dengan Benar

Tidak hanya menguasai kunci dasar dan kunci-kunci lainnya, teknik memetik gitar juga harus dikuasai agar permainan gitar menjadi lebih harmonis.

Untuk mengetahui teknik ini, pertama-tama Kamu diusahakan agar menguasai penempatan jari di setiap senar, kemudian mulai untuk memetik senar dimulai dari senar 1 hingga senar 6. Intinya, teknik bermain gitar adalah menguasai letak posisi jari pada senar yang akan dipetik.

3. Posisi Bermain Gitar yang Baik

Posisi bermain gitar juga teknik penting yang harus diketahui untuk menjadi gitaris yang baik. Alasannya supaya Kamu bisa bermain gitar dengan nyaman dan dapat bermain gitar dengan maksimal dalam waktu yang lama.

Beberapa teknik yang harus dilakukan agar posisi bermain gitar adalah dengan cara duduk di kursi dan memposisikan gitar dengan senar tipis berada di bawah dan senar tebal di atas atau langit-langit.

Setelah itu pangku gitar dan letakan di paha. Kemudian pegang leher gitar Kamu dengan menggunakan tangan kiri, serta tahan jari telunjuk dan jempol Kamu dengan membentuk huruf V pada gitar. Tujuannya agar Kamu dapat membuat leher gitar tetap stabil saat dipegang dan membuat Kamu gampang memetik senar.

4. Kuasai Cara Tune atau Menyetem Senar

Memainkan gitar tidak akan bisa dilakukan bila Kamu tidak mengetahui cara menyetem atau tune senar dengan baik. Bila Kamu mengabaikan hal ini, maka akan menghasilkan suara yang sumbang dan tidak enak didengar.

Untuk menguasai cara tune atau menyetem senar, hal yang dilakukan adalah dengan pertama-tama mengenal setiap senar dari yang paling tipis hingga yang paling tebal (E, A, D, G, B, E). Dengan menguasai senar, Kamu akan dengan sendirinya menguasai tune manual, yang bisa disesuaikan dengan alat musik lain.

Bila Kamu masih kesulitan, Kamu juga bisa membeli penyetem elektrik yang dianggap sangat mudah digunakan dan lebih akurat dibanding setem manual.  Di samping itu meminta bantuan teman yang lebih mahir juga tidak ada salahnya supaya tune senar gitar Kamu menjadi lebih stabil.

5. Pelajari Berbagai Istilah dalam Bermain Gitar

Ada banyak istilah yang juga menjadi teknik lanjutan dalam bermain gitar. Beberapa di antaranya seperti alternate picking, hammer on, power chord, arpeggio, bending, slide dan lain sebagainya.

Berbagai istilah ini sangat dibutuhkan dalam bermain gitar setelah Kamu sudah mengetahui teknik dasar, yang dimulai dari penguasaan kunci dasar hingga menyetel tune dengan baik.

Adapun tujuan dari penguasaan teknik lanjutan ini adalah agar Kamu tidak monoton saat bermain gitar dan membuat Kamu dapat memainkan berbagai variasi lagu dan jenis musik yang ingin dimainkan.

Catatan

Teknik dasar lain yang harus Kamu lakukan di samping hal di atas diantaranya adalah seperti mempelajari teknik scale gitar, mengetahui teknik memainkan melodi, berlatih dalam menekan fret pada setiap senar dengan baik.

Dari semua teknik yang sudah dijelaskan, satu hal yang harus diketahui bahwa teknik dasar bermain gitar akan dikuasai bila Kamu melatih tangan dan jari supaya lebih kuat, lebih cepat,  dan maksimal agar Kamu bisa menjadi gitaris yang baik.

Itulah 5 Teknik Dasar yang Perlu Kamu Pelajari untuk Menjadi Gitaris yang Baik, pelajari setiap teknik dasar yang telah dijelaskan. Salut buat manusia di muka bumi ini yang bisa main gitar dengan baik dan benar, apalagi instrumen lainnya juga bisa. Kata coach aku, "kalau kamu belajar musik dengan benar, dari dasarnya, maka kamu engga hanya akan bisa main 1 instrumen saja seharusnya". 

Selamat Mencoba!

 

Post Comment
Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature