Memanen Energi Surya di PLTS Atap Danone Pabrik Mekarsari

September 24, 2021

PLTS ATAP DANONE

10 tahun yang lalu, saya masih di rooftop fakultas teknologi Pertanian IPB untuk praktikum mata kuliah Teknik Konversi Energi Terbarukan. Matkul yang aku suka banget sebenarnya, tapi anehnya nilaiku C ahahha. Aku suka, tapi aku nggak serius malah kluyuran pas mau ujian. Inget banget! oke sudah nostalgianya. Jaman itu, aku masih menganggap PLTS di Indonesia kayak angan belaka. Kalau skala rumah tangga atau yang lampu di pinggir jalan gitu sudah banyak lihat yah. Tapi skala masif? Ternyata di 2021 Danone Indonesia menyadarkan bahwa itu bukan sekadar angan.

Masalah perubahan iklim dan emisi karbon

ENERGI SURYA TERBARUKAN
Di bawah solar cell

Perubahan iklim menimbulkan risiko yang signifikan terhadap sumber daya alam Indonesia yang pada akhirnya bisa berdampak produksi dan distribusi makanan, air dan energi. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menilai penanganan isu perubahan iklim dan upaya-upaya adaptasi sebagai satu konsep terintegrasi untuk membangun ketahanan sumber daya pangan, air dan juga energi. Indonesia telah membuat komitmen untuk mengurangi Emisi Rumah Kaca sebesar 29% pada 2030.

Penanganan isu perubahan iklim bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab semua elemen masyarakat terutama perusahaan dan juga sektor swasta. Pihak swasta juga perlu menggandeng pemangku kepentingan yang terkait termasuk masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi operasional perusahaan untuk turut berpartisipasi dalam melindungi lingkungan dan penghematan energi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. 

Blue Operations Danone

Dalam penanganan isu perubahan iklim, Danone secara global berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang netral karbon dalam seluruh rantai pasokan perusahaan pada 2050. Sebagai wujud untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan mengurangi jejak karbon, Danone-AQUA memiliki inisiatif Blue Operations yang merupakan prinsip operasional perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia. 

plts danone

Danone-AQUA merupakan pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak 2017. Perusahaan juga berkomitmen membangun PLTS Atap di 21 pabrik Danone-AQUA di Indonesia dengan total kapasitas lebih dari 15,000 kWp pada 2023 yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 21 GWh sekaligus mengurangi emisi karbon hingga 16.633 ton CO2 per tahun.

PLTS di Atap Pabrik Danone Terbesar

Danone-AQUA meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrik Mekarsari, salah satu PLTS Atap terbesar di Jawa Barat yang diinisiasi oleh industri. Pemasangan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari, Jawa Barat, merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025, dan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6.8 GW pada 2025.

Penerapan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari merupakan bagian dari inisiatif Danone secara global untuk menggunakan energi listrik terbarukan hingga 100% untuk operasional seluruh pabriknya pada 2030. Dengan kapasitas sistem sebesar 2112 kWp dapat menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWh per tahun dan dapat mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun. Kapasitas PLTS atap pabrik Danone itu setara dengan kebutuhan 2.300 rumah tangga. Hal itu mengacu kepada konsumsi rumah tangga mencapai 1.012 kilowatt jam (kWh) pada 2017.

Percontohan Untuk Industri Lain di Jawa Barat

Menurut Ridwan Kamil gubernur Jabar yang ikut meresmikan PLTS, dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jawa Barat menargetkan add-on dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebesar 918 MW. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memiliki target untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca hingga 4,29 persen di mana 1,84 persen adalah kontribusi sektor energi.

Memanen energi surya di Indonesia adalah tantangan di depan mata. Potensi luar biasa yang manfaatnya tidak hanya dari sisi ekonomi namun juga bagaimana menjaga keberlangsungan energi tanpa merusak keseimbangan lingkungan.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature