Cara Mengatasi Baper

December 19, 2015
Ping! Sebuah pesan masuk ke smartphoneku di malam sabtu.
“bagaimana caranya menghilangkan baper” pesan dari salah satu kolega di kantor.
Sejenak saya berfikir, lalu berfikir lagi, dan menjawab seperti ini “kita sebagai manusia sudah dikaruniai perasaan, nggak bisa dihilangkan, paling juga diminimalisir..agar sesuai penempatannya.”
Topik ini lalu saya lempar ke sebuah grup watsap yang isinya anak-anak kuliahan dengan harapan mereka bisa memberi solusi secara kritis. Kesimpulan dari diskusi itu adalah, jika kalian merasa baper dengan seseorang..maka bikin dia baper juga. Counter attack istilahnya, serangan balik.

baper, kebawa perasaan, cara mengatasi baper
Apa itu baper
Masih ada yang bingung ngga nih saya ngomongin baper. Baper itu bukan snack yang lapisannya ratusan, heheh itu sih wafer. Baper adalah singkatan dari kebawa perasaan. Dulu kita lebih akrab dengan istilah sensitif atau perasa. Sebenarnya sama saja, tapi kok ya jadi negatif gitu sih labelnya. Beberapa hari ini malah beredar meme yang tulisannya begini
 “semenjak ada kata ‘baper’ orang jadi lupa kata ‘maaf’. Udah tahu salah, malah bilan ‘ah dia mah baperan’ bukannya minta maaf.”

Sisi positif baper
Orang baper itu nggak selalu yang ngambekan lho. Kalau kamu nonton FTV terus nangis, itu baper juga kan? Entah kenapa baper ini bisa dipersempit jadi hanya untuk si tukang ngambek.

Menjaga perasaan
Orang yang baper biasanya akan lebih menjaga perasaan orang lain, agar sebisa mungkin dia nggak menyinggung. Nggak enakan gitu sih jadinya. Takut ngerepotin, takut bikin orang ngga suka, dan semacamnya. 

Peka banget
Minggu lalu di #jomblo story saya membahas tentang topik peka ini. Kesimpulannya sih, kepekaan itu tidak bergantung pada jenis kelamin. Kepekaan lebih ke kepribadian seseorang yang dipengaruhi oleh bermacam hal salah satunya budaya. 


Orang yang baper biasanya peka banget sama hal-hal sesepele apapun. Thats why kita bisa nyaman curhat sama si baper. Dia biasanya punya solusi karena bisa melihat masalah kita lebih detail. Mungkin solusinya klise, tapi karena dia peka..jadilah si baper bisa memotivasi kita. Dia pakai perasaanya untuk menyentuh perasaan orang lain, ahay. 

baper, bawa perasaan, meme, bahasa gaul, kebawa perasaan
Sisi negatif Baper
Di saat tertentu saya merasakan terlalu banyak mikir. Wanita biasanya mengalami siklus bulanan sehingga berpengaruh ke hormonal, saat itu rentan mengalami masa-masa baper. Dibecandain dikit aja kebawa perasaan lalu ngambek. Iya kan?

Negative thinking
Apapun entah itu percakapan, status di socmed orang, bahkan berita di tv bisa bikin si baper berpikiran negatif. Karena terlalu sensitif dan dipikirkan secara mendalam.

Capek sendiri
Orang baperan akan memikirkan sesuatu secara mendalam. Hal ini pasti bikin capek psikologis juga. Terkadang ada hal-hal tertentu yang sampai kebawa mimpi. Double deh capeknya di alam sadar dan bawah sadar sekaligus. 

Ge-er an
“eh dia senyumin aku lho, eh dia balesin chat aku lho..balesnya sigap”. Kalau keseringan ge-er begini, ah...kamu cuma kebawa perasaan nak. Hehee..untuk topik ketertarikan dengan lawan jenis memang rawan banget terjadinya baper. 

Jenis baper
Menurut saya, baper itu ada dua jenis. Yang pertama adalah baper baik, dimana dengan adanya hal yang ‘kebawa perasaan’ seseorang jadi lebih baik. Misalnya, si A dibaikin sama si B. Si A baper dan menganggap si B punya rasa istimewa. Semenjak itu ritme hidup si A jadi lebih berwarna dan indah.
Jenis baper yang kedua adalah baper buruk. Si C blogger update status ‘dasar narsis, apa-apa diposting..dipamerin’. si D yang kebetulan blogger dan social media enthusiast baper nih ‘ampun dah tu orang nyinyir aja..pasti gue nih yang dimaksud..kan tiap hari nongol di feed Instagramlah, Fb lah, timeline twitterlah’. Semenjak itu hubungan pertemanan si C dan si D jadi renggang. Tiap update status si C dinilai negatif dan nyinyir oleh si D. 

Kurangi bapermu
Jurus melancarkan serangan balik bisa saja dilakukan. Tapi, kalau kepribadian lawan kita itu easy going yang cuek..serangan kita bakal mental atau malah jadi boomerang lho. Sebaiknya kita harus sadar diri. Sadar kalau kita lagi baper, sadar kalau kita lagi cuek. ‘duh..gue mulai baper nih..mulai stalking status dia’ contoh bentuk kesadaran itu hihii. Kalau sudah sadar, tempatkan pada saat yang tepat. Ada kalanya kita harus bisa peka dengan keadaan...adakalanya kita harus berpikir selogis mungkin dalam mengambil keputusan. 

Jadi kamu lagi baper? Atau lagi ngadepin si baper? Share cerita dan pendapatmu ya soal baper di kolom komentar.

Ikuti #jombloStory yang mengangkat topik relationship setiap sabtu atau malam minggu ya..
78 comments on "Cara Mengatasi Baper"
  1. Aku nggak begitu mengambil esensi dari kata 'baper' sih. Buatku itu hanya candaan belaka. Masih tetap menggunakan kosakata: ke-geer-an, sensitif, dll. Ibarat kata, isinya sama, kemasannya beda. Ya gitu-gitu aja sebenernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. label baper itu lebih negatif kurasa ya. padahal kalau pakai 'sensitif' gitu lebih jelas

      Delete
  2. Duh jujur ya mbak, kalau saya masih belum bijak ngatur baper saya, apalagi kalo lagi bulanan. Rasanya tuh semua orang dibadmoodin trus pada serba salah gitu. Ujung2nya sama2 capek. Duuh ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ituhh...sama lah sebagai wanita, heheh.

      Delete
  3. Duh jujur ya mbak, kalau saya masih belum bijak ngatur baper saya, apalagi kalo lagi bulanan. Rasanya tuh semua orang dibadmoodin trus pada serba salah gitu. Ujung2nya sama2 capek. Duuh ._.

    ReplyDelete
  4. dari tulisan ini dan tulisan sebelumnya soal kode, jadi klo disatukan judulnya "kurangi bapernya, gedein peka-nya" :D btw sepertinya km sering jadi tempat curhat orang ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kalau kodenya nggak mempan, jangan keburu baper..mungkin dia kurang peka aja. hahahha.

      tul. mau curhat juga? kckckc

      Delete
  5. Mungkin saya termasuk orang yg jarang menggunakan kosata kata kekinian satu ini, hmmm apa kudet ato gmn ntah. Tp rasa2nya kurang sreg aja misal ada org lagi sensi trus kitanya malah nyeletuk "Ihhh baper ih"
    Gk asik aja....btw ini komen apa curcol *baper kalik #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah...itu,,kamu baper mbak..soalnya kamu ngga enak ngatain orang yang sensi pakai baper lhoh..hahhaha.

      monggo, feel free kok curhat. topik malam minggu emang bisa buat curhat sebebasnya hihihii

      Delete
  6. Saya hampir tidak pernah menggunakan kata ini gpp deh g kekinian kl masalah baper sih kl mnghadapi org yg baper ya harus2 hati aja deh kl saya g masuk tipe yg baper

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dgn mbak inayah , skrg org susah bilang maaf yg ada bilang "dia mah baperan" padahal kadang orang sdh kehilangan rasa toleran saat candaan berlebihan spt bully membuat org tersinggung tp masih saja dianggap baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. ada yang niatnya emang nyinyir..pas dibilang 'nyinyir deh lu' dia bilang 'ah lu aja yang baperan' hahaha...malesin deh (lho, curhat)

      Delete
  8. Semenjak ada kata Baper, sejak mula gak Baper jadi ikut-ikutan Baper. Baper gratis, kan yaa.. semua orang boleh Baper, kan? :D
    Karena jadi bahan ledekan aja dengar kata Baper jadi kebawa perasaan hihi..
    Postingan yang menarik Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba...hehehe..wah dikau bukan blogger baper brarti yak hihi

      Delete
  9. baper = sensi. kalo lagi PMS buat kita yg prp baeknya gak usah buka socmed deh soalnya orang nyetatus apa eh yang baper siapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoo betul. orang chat apa..kita nanggepinnya apa..

      Delete
  10. Aku mau curhaaat.. :D
    Aku Baperan. Tapi kalau di katain Baper rasanya Baper juga. Supaya gak Baper pura-pura aja bahagia haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa makan mba..karena pura-pura bahagia menguras energi hohoohho

      Delete
  11. baper lebih sensitif orangnya. Yes. Ini bener.... hehehe....
    cewek yang melankolis biasanya sih yang gini... ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoloh...cowo engga baperan masa?

      Delete
  12. Saya doong punya cara jitu biar gak baperan, yaitu 'jangan baper'. Hebat kan saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara jitu biar ngga capek lari. janagn lari. hebat kan? hahaha

      Delete
  13. Gara-gara istilah baper gini nih daku jadi merasa sering baper kalo dicuekin sama temen, soalnya langsung mikir.. iih gua salah kali yak.. atau gua begini begono. Tapi kalo soal laen sih keknya ga ada yang dibaperin... halaah.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalu sama temen atau sahabat kita cenderung lebih sensitif mba...

      Delete
  14. Gara-gara istilah baper gini nih daku jadi merasa sering baper kalo dicuekin sama temen, soalnya langsung mikir.. iih gua salah kali yak.. atau gua begini begono. Tapi kalo soal laen sih keknya ga ada yang dibaperin... halaah.. :p

    ReplyDelete
  15. kalau saya mendengar kata baper lebih tertuju ke galau.. jadi bawaannya lebih ke cepet sedih, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiiihi iyasih..itu juga label negatif dari kata 'baper' yah..

      Delete
  16. Duuuh..ciri2 orang baperan kok ngenak ke aku semua yaa mbak, apalagi yang kebawa mimpi tuh, keseringan :D :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. aws nih..lagi senggol bacok kayaknya *peace

      Delete
  17. aku gak ngerti soal beginian, baper atau apalah kata-kata jaman sekarang gak ngerti aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya kaish ngerti mas...hahahah

      Delete
  18. Konotasi baper emang lebih negatif.... kalau diceletuk baper ujungnya malah bisa bikin sakit hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwa itu...jadi malesin ya mba. mending dibilang "sensi"

      Delete
  19. Kata baper ini orangnya biasanya...hatinya linak...mudah merasa terhadap sesuatu yang mengharukan ...gitu ya...mbak kira kira....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pengertian yang benar, tapi sekarang baper konotasinya jadi negatif

      Delete
  20. Baper itu bahasa antar anak kuliyah ya...mbak....

    ReplyDelete
  21. ini yg mempopulerkan kata baper siapa sie... hitz banget.. cita citata bukan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ngga tau..tiba-tiba seliweran gitu aja di socmed dan jadi hits

      Delete
  22. ini yg mempopulerkan kata baper siapa sie... hitz banget.. cita citata bukan yah

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. wah baru lagi nih, huhuhu bawa2 perut

      Delete
  24. Iya ya banyak yang baperan. Ya kalo dipikir2 sih baper itu karena terlalu tinggi frekuensi sosialisasi terutama sosmed. Kan kalo ketemuan paling frekuensi seminggu sekali, nah kalo di sosmed bisa itungan menit, jadi lebih banyak gesekan untuk terjadi konflik. Itu sih menurut saya ya.
    Supaya ga baper? Ya jgn sering2 terlalu intens di sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba. kalau interaksi di socmed rawan ada friksi. apalagi kalau chat. sering miscom gitu kan...
      paling aman emang interaksi langsung, sebab ekspresi dan gesture kelihatan. ya meksipun ngga akan ngilangin total juga

      Delete
  25. Kadang baper bisa bikin galau semalaman. Pengen cuek tapi nggak bisa. Akhirnya kebawa mimpi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok mba,, kayaknya smeua orang pernah ngerasain yang kayak gitu. asal ngga sampai keseringan dan ngerusak gayahidup kita

      Delete
  26. baper..... tu sensi banget... gue mah... he2

    ReplyDelete
  27. Orang baperan sedikit banyak karakternya melankolis berarti yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak kesana sih, tapi karakter lain juga bisa baper..hihii

      Delete
  28. Aku gak suka baper seringnya laper. Lebih enak makan Spaghetti sih daripada makan hati. :)))

    ReplyDelete
  29. Istilah baper itu konotasinya jadi negatif ya, padahal ngga seharusnya begitu hehe. Saya punya temen yang setiap ngelihat postingan seseorang di sosmed bawannya sensi dan nyinyir, padahal sih ngga usah dipeduliin juga bisa haha. Entahlah dia ngerasa dirinya baper apa ngga.

    Jenis baper baik yang dijelasin di atas bener juga tuh, itu yang bisa bikin hidup jadi lebih berwarna, saya sendiri lagi ngalamin (eh, kok malah jadi curhat hehe).

    ReplyDelete
  30. Baru tahu artinya baper... hmmmm...sepertinya saya baper baik deh*SambilKetawa

    ReplyDelete
  31. Aku sering baper, Mba. Apalagi kalau tanggal tua. Eh,

    ReplyDelete
  32. Capeh ah kayanya kalo.dikit2 baper.. daripada baper mendingan khusnudzon aja lah...
    Hidup dibawa selooowwww aja

    ReplyDelete
  33. aku baper klo lg ga mood, pokoknya pas hormon ga stabil.. heuheu

    ReplyDelete
  34. saya berusaha cuek aja. Abis kalau dikit-dikit baper malah cape sendiri

    ReplyDelete
  35. Hihihihh, setuju tuh ama mahasiswa di group WAnya, klo dibaperin, yaaa baperin balik juga #eehh don't follow this lah xixixix

    Baper itu sebenarnya gak enak banget, tapi mau diapain lagi, itu natural, karena kita emang dibeei perasaan, klo udh gak peka dan gak baperan, udh gak punya rasa kali yah :D

    ReplyDelete
  36. pendukung teori counter attack gue mah btw rul kalau folo blogmu itu loh selalu dapat permintaan maaf dari gugel
    kumahaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia beberapa blogger lain juga gitu..hikss..tapi ada yg bisa follow.

      Delete
  37. saya juga orangnya baperan Mbak, tapi akhir-akhir ini lagi berusaha dikurangin :)

    btw sama seperti Mbak Ninda, kok saya gak bisa follow blog ini yah??? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba yah saya otak atik dulu, kalau engga..follow google plus aja mba

      Delete
  38. oh iya mbak saya orangnya baperan apa-apa baper

    ReplyDelete
  39. Cewek kebanyakan baperan sih mbak, aku juga termasuk orang yg baperan banget . Apa apa difikirin. Apa lagi kalo soal mantan. Hihi

    ReplyDelete
  40. Baper...kalo nonton film drama korea apalagi yg sedih...gak kerasa ikut mewek juga...hiks..hiks...itu baper ya nama nya...

    ReplyDelete
  41. Aku baper sekali sebulan kayaknya. Pas lagi jadwal ;D
    sebisa mungkin gak ngijinin diri baper sih. berusaha bersikap positif semampunya. Kalo gak tahan dan kebawa baper juga, ya menepi. Males ribut.. hehehe

    ReplyDelete
  42. Baper itu kalo ada omongan ga enak didenger dan yg ngomong orang terdekat di lingkaran kita, ihickss

    ReplyDelete
  43. Jujur gue orangnya baperan tp anehnya baperannya gue cuma sama org yg gue senengin yg gak gue senengin gue biasa aja malahan gue gak terlalu nanggepin klo yg gak gue senengin tp klo sama yv gue suka gue mudah banget baper sampe gue udah ngebahyangin sama dia dan ujung2 gue di PHP'in sama dia dan ujung2nya juga gue yg kecewa dan gue yg benci ama diri gue sendri..itu bisa di ilangin kli yaa..

    ReplyDelete
  44. Jujur gue orangnya baperan tp anehnya baperannya gue cuma sama org yg gue senengin yg gak gue senengin gue biasa aja malahan gue gak terlalu nanggepin klo yg gak gue senengin tp klo sama yv gue suka gue mudah banget baper sampe gue udah ngebahyangin sama dia dan ujung2 gue di PHP'in sama dia dan ujung2nya juga gue yg kecewa dan gue yg benci ama diri gue sendri..itu bisa di ilangin kli yaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature