Ketemu Air Asin di Gunung dan Goa Macan, Petungkriyono Pekalongan

February 19, 2016


air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
beneran asin dan beneran di gunung

Sore itu kabut mulai turun dan menyelimuti deretan pohon pinus. Kami, 7 pemuda (sebut saja 7 icon) sedang menyusuri jalanan menanjak menuju dukuh Sitipis Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dari papan penunjuk jalan, seharusnya kami sudah sampai di dukuh sitipis yang berada di atas bukit. Nanjak teruuss boo, kami semua pakai motor matic dan KUAT. Siapa sangka, di atas gunung ada air asin. Dan yang bikin penasaran adalah goa macan. Aaakk..macan. 


Rute Ke Air Asin dan Goa Macan
Dari kota Pekalongan, mengarahlah ke selatan tepatnya kecamatan Doro. Dari Doro, cukup 1 jam saja naik motor. Angkutan umum? Hemm..harus charter kendaraan bak terbuka gitu. Seperti yang sudah saya ceritakan di trip pertama ke Petungkriyono waktu itu, kamu akan disuguhi pemandangan hutan hujan tropis. Seriussssaann banget ini. Bayangkan, kamu ngga perlu jauh-jauh ke Kalimantan. 



Desa pertama yang kamu temui adalah desa Sokokembang. Nah, kalau kamu suka ngopi..bisa banget mampir di omah kopi. Cobain sensasi kopi Owa ya. 



Susah banget deh nyeritain pemandangan indah sepanjang jalan di kecamatan Petungkriyono. Antara mirip di buku jaman SD sama kabut-kabut menjulang ala film hollywood. Instagenic dan pasti pengen foto-foto sepanjang jalan. Ngga cuma pemandangannya tapi orang-orang yang lalu lalang di jalan juga punya keunikan. Mereka rata-rata adalah petani. Ada yang bawa bambu panjang untuk menyadap aren, ada yang bawa rumput, emejiiing kalau kamu terbiasa lihat orang berjejalan di KRL.

air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
gerbang ke curug macan dan air tiga rasa
Gerbang ke lokasi air asin gampang ditemui kok, sebab ada papan petunjuknya. Dari situ siap gass pool ya. nanjaak kurang lebih 1km. Nanjak plus belok-belok,,dari jalan aspal halus..aspal kasar..hingga batu. Hawanya dingin, sejuk, airnya jernih. Selokan yang mengalir deras sepanjang kampung pun beninggg. 

Goa Macan yang ada curugnya
Ini bukan perjalanan yang kami rencanakan. Dan jujur, saya sangat ragu ketika sampai di dukuh sitipis. Bukannya saya takut karena lokasi ini baru dibuka awal 2016 ini, tapi...”ini sudah sore, dan saya harus jemput adik habis ekskul pramuka”. Okay, karena temen-temen mantep dan semangat ngekor aja di belakang. 

air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
bukan petualangan Sherina
Belum ada loket dan karcis parkir. Bahkan parkiran saja di samping rumah warga. Dari lokasi parkiran ‘katanya’ sih cuma 100meter. Ehm 100 meter di mall sama 100 meter di hutan itu rasanya beda banget sodara-sodara, hahhahaha. 

Lagi-lagi pemandangan super kecelah yang kami lewati. Ketika ada suara air,,kami kira itulah si curug. Eh ternyata itu aliran sungai nun jauh di bawah bukit “hah? Mana air terjunnya?”. Hari makin sore, kawan-kawan masih aja semangat..sedangkan saya..was-was campur kebelet pipis. Nafas tersengal-sengal, tak satupun manusia yang kami lewati. Tapi sekali lagi..kekuatan keyakinan teman-temanlah yang bikin saya semangat juga. 


Yeaayy..akhirnya sampai juga di curug goa macan. Air terjun yang letaknya di samping mulut goa macan. Kenapa disebut goa macan ya? saya sih percaya kalau goa ini dulunya buat sarang macan. Trus sekarang? Mulut goanya ketutup longsoran. Pikiran melayang,,kebayang sebenarnya di dalem situ ada harta karun bongkahan emas. Hihiiii..
Air terjunnya temporary deh kayaknya. Bahkan ngga ada sungai dan kubangan air. Langsung aja ngalir ke kali kecil. Yakin deh kalau musim kemarau, air terjun ini ngga ada. Jadi, kalau kamu mau main air...mending ke curug bajing, curug muncar, atau rafting. Beuuhh..Petungkriyono itu surganya wisata cebar-cebur. 
Air Asin Di Gunung Itu Bukan cuma Di Papua
Puas eksplore goa macan dan curugnya,,saya udah capek banget. Pulang yuuk..ketar ketir ntar adeku nunggu di sekolah sambil neror sms kesana-kemari. E tapi..lagi-lagi temen-temen penasaran sama air asin. Nanggung sih emang sudah jauh-jauh kesitu ngga nyobain air asin di gunung. Bahkan wujudnya kayak apa juga belum kami tahu. Patokannya cuma petunjuk jalan dari kayu.

air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
mohon dibaca dan direnungkan!!
Mendaki gunung lewati lembah..sungai mengalir indah ke samudera..bersama teman bertualang. Tempat yang baru belum pernah terjamah. Hayooo..siapa yang nyanyi..bacanya?
Ssttt..perjalanan kami melewati jalan setapak terhenti mendadak. Ada ular merentang di jalan. Sudah coba diusir tetap saja melintang, malah ‘maju..mundur..maju..mundur..cantik..hempass’. udah deh..feeling makin ngga enak. Aduhh ini firasat buruk nih. Satu persatu kami lewat,,trus saya ngibrit lari mundur. Setelah diyakinin sama temen-temen..akhirnya lewat juga.
Mana sih air asinnya? Sungai? Curug? Pancuran? Atau kolam? 10 menit berjalan, ketemulah sama petani yang bawa rumput. Setelah nanya,,dapat kepastian juga. Kepastian booo. Kepastian bahwa air asin itu sudah ada di bawah kami, tinggal turun aja dari bukit.
air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
lokasi air asin sangat tersembunyi
 Warnanya orange, baunya agak amis kayak logam gitu, dan rasanya...asiinnnn beneran. Kok bisa sih ada air asin di gunung? Apa ini berasal dari reaksi vulkanis jaman dulu? Air asin di gunung itu yang saya tahu ada di lembah baliem papua dan di gunung tampomas. Eh ternyata di Pekalongan juga ada.
Biasanya sumber air begini dikeramatkan untuk obat dsb, tapi sepertinya di sana tidak. Atau karena masih baru? Yang pasti..saya sudah njilat dan kumur hhehe.

air asin petungkriyono, air 3 rasa petungkriyono, air asin pekalongan, petungkriyono, petungkriyono peklaongan, pekaongan, wisata, adventure, alam, wisata alam, curug goma amcan, goa macan, goa macan petungkriyono, sokokembang, tlogopakis, kayupuring, kopi owa, curug bajing, curug muncar
thanks buat kamera yang sekarang ada wifinya..ngga perlu tongsis lagi hhehe
Toilet Terbuka
Perjalanan pulang terasa lebih cepat, tiba-tiba sampai lagi di parkiran motor. Oke..saya kebelet dari tadi. Ijin ke penduduk setempat, ketemulah sama toilet terbuka. Pemandanganya hutan, pohon berkabut, backsoundnya tongeret. Ngga apa-apa yang penting legaaa.


Cari Penginapan Di Petungkriyono?
Kalau kamu dari luar kota, sebiaknya nginep aja deh biar puas eksplore Petungkriyono. Suasananya itu lhoo. Dieng saat ini sudah terlalu crowd, Petungkriyono bisa jadi alternatif. Oiya kalau kamu mau ke Dieng bisa lewat sini lho,,soalnya tetanggaan. heheheh..coba cek peta deh. Di Petungkriyono belum ada hotel berbintang, tapi nginep di guest house bukannya lebih asik ya...ala ala backpacker gitu. Tenang deh..kalau mau tetep nyari hotel, di kota Pekalongan banyak kok, dari bintang 1 sampai bintang 5.

Overall, adventure ke goa macan dan air asin petungkroyono ini seruuu banget. Berasa adventurenya, karena cuma ada kami melewati hutan dan sungai..sore sore. Catet ya..sore sore. 
Thanks sudah mengikuti fridayhobbies yang 2 minggu ini kelayaban terus.


36 comments on "Ketemu Air Asin di Gunung dan Goa Macan, Petungkriyono Pekalongan"
  1. Bedanya 100 meter dihutan sama dimall apa mba?
    Coba jelaskan
    Agar saya mengerti tenteng perbedaan itu
    Dan tolong jangan dijawab "bedanya adalah tidak sama"
    Pliiis
    Toilet terbuka? Itu toiletnya engga ada sekat2 dinding? Engga takut apa kalo ada yg ngintip?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya..kalau di hutan itu terasa panjang tapi menyenangkan. Hahah di mall 1km juga ga kerasa..

      Delete
  2. jembatan bambu, sayangnya kok foto dari jauh, harusnya dari deket sambil foto dari bawah ke atas pemandangannya,,, pasti kece badai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh. Kamu kesini makanya..fotoin kayak gitu hahaha

      Delete
  3. wah, coba mampir2 ke Subang mba,banyak banget curug dan yg paling terkenal curug cijalu, kece abis :)

    eh iya, salam kenal yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subang baru tahu ciater ajaa. Okedehh nice info..salam kenal juga yaa

      Delete
  4. waaa aku bacanya sambil nyanyi.. haahahaseem.. hahaha tapi seru ih petualangannya Nay

    ReplyDelete
    Replies
    1. generasi ninja hatori kah kita? hahaha

      Delete
  5. minta tanda tangannya donk 7icon, hehe...
    btw tongeret itu kayak apa mbk ?. yg ngeluarin suara 'reett rettt reett' itu ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..itu yang bunyinya ret ret..udah jarang sih, karena tongeret itu indikator udara bersih. cuma ada di tempat yang udaranya masiiihh pure

      Delete
  6. orang yang nemu pertama rajin amat ya ngerasain, padahal baunya amis, warnanya oranye, mirip...mirip...***

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahaha airnya jernih, tapi meninggalkan bekas orange

      Delete
  7. wah, kuasa Allah banget ini yak. AIr asin di gunung. Berarti lagu 'asam di gunung garam di laut' ga berlaku di sini ya Mak hihihi!
    Eniwei, soal perbedaan persepsi 100 m itu, aku jg ngalami Mak. Pernah ke sebuah desa di kaki gunung. Pas tanya sama penduduk setempat, udah deket, sekilo lagi. Tapi ya ampuunn masih jauh, ada kali 4km an ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. begituu ya kalau di kampung...hahah patokannya kadang beda beda

      Delete
  8. waaa toilet terbuka,jadi inget jaman aku SD, mampir ke rumah temen bapakku dan pingin ke belakang, lha dalah...toiletnya terbuka :]

    ReplyDelete
  9. aduuuhhh
    udah deh kalo yang namanya disuguhi aer terjun suasana pegunungan, bawaannya pengen melipir akuhhh, ajak dong kakaaaakk hahhahahiii

    dirimu jalan jalan terus ni asyiiikkk in

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas mudik, lewat pantura ya..trus mampir :)

      Delete
  10. Weh, unik juga, ya. Air gunung asin. Mudah2an suatu hari bisa ngetrip ke sana :-)

    ReplyDelete
  11. si rulnay kalo blognya sepi pasti deh bolang2 :D hihi

    ReplyDelete
  12. Mungkin di gunungnya ada kandungan mineral mirip garam

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia,,entah karena aktivitas vulkanis masa lampau atau apa

      Delete
  13. Wah kok bisa ada air asinnya ya? Aneh banget. Kalau jalan dr Petungkriyono ke Dieng gimana kondisinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih jalan kampung mba. ngga semulus lewat linggo asri-kalibening

      Delete
  14. Masih asri dan alami, seneng liatnya, apalagi banyak ijo-ijo gitu. (*.*)

    ReplyDelete
  15. Kalo sudah nyeritain nya mending ngak usah di ceritain tapi di pamerin foto2 kece nya aja hahaha

    ReplyDelete
  16. woh,, di pekalongan ada tempat seru ternyata. Bisa nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa banget didatengin. Tapi jagain juga yaaah

      Delete
  17. seru, senang dan deg-degan yach petualangan kamu disini inayah. aku paling takut ama ular hikss nga tau dech gimana rasanya lagi enak-enak jalan tiba-tiba ada ular bisa nga tidur gue kebayang penampakan itu ular terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ularnya iseng banget ngalangin jalan ..hahaa

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature