Top Social

[Review Book] Catatan Akhir Kuliah

August 24, 2014
Malu aku malu.. pada semut merah..yang berbaris di dinding menatapku curiga..seakan penuh tanya..sedang apa di sini...menanti DOSEN jawabku. Masa-masa akhir kuliah. Penuh penggalauan, hahaha penuh keringat, kadang juga air mata. Baca buku Catatan Akhir Kuliahnya *Sam ini bikin aku banyak flashback, sejak jaman-jaman matrikulasi hingga jaman nongkrongin lantai 4 Fateta buat bimbingan. Pengen diulang ngga? Pengen ngeSkip hal-hal bodoh dan salah yang pernah aku lakuin. Nilai "C" gambar teknik? Atau ilmu ukur wilayah? Atau Algoritma. Sudahlah..biar aja itu mah. Salah karena mengabaikan orang-orang yang tulus yang ada di sekitarku. Eaaa apa deh, bukan apa-apa kok. Kayaknya jaman kuliah masih kurang aktif aja sih. Ya apapun itu, yang penting nasib aku lebih baik daripada Sam dalam hal pembuatan skripsi, muehehe. 
Judul: Catatan Akhir Kuliah
Penulis: Sam @skripsit (nama aslinya ada deh pokoknya).
Penerbit: Bentang Belia
Tahun terbit: 2014.
Jumlah halaman: 238

Sam yang punya akun twitter @skripsit bercerita tentang masa kuliahnya, segala perjuangan sejak memilih jurusan, kegalauan saat ditinggal nikah gebetannya jaman Matrikulasi, terlibat jatuh cinta pada seorang cewek (sebut saja namanya Kodok) yang ternyata sudah punya pacar (ahemm aku tegasin ya Sam, aku pro Iwan ; pacarnya kodok waktu itu). Salut sama perjuangan Sam jadi pemuja rahasia Kodok. Sampai-sampai kirim kado kaleng (tanpa identitas). Di saat orang PDKT lewat socmed etc. Sam sabar curi pandang cari perhatian. Kodok ibarat oase di saat Sam sedang galau karena ngerasa salah jurusan. 
Well, nggak mau kasih spoiler banyak-banyak. Kalau mau dibilang ini novel komedi, enggak juga. Nggak lucu sih. Sam kebanyakan ngomong bahasa yang dia ngerti, hahaha. Kadang juga ngeluarin kalimat motivasi yang agak klise. Yang bikin aku enjoy baca Catatan Akhir Kuliah ya karena bisa flashback aja, beberapa hal memang hampir sama. Settingnya juga bisa aku bayangin, kampus aku sendiri. Konsistensi penulis lumayan sih, maksudnya ceritanya nyambung alurnya..nggak ada yang kerasa janggal dan terlalu lebay (curiga ini kisah nyata..abis natural banget..,iyakan iyakan..). Kalau dari sisi desain sih, penulis kayaknya suka banget game ya...jadinya unik sih dan nggak menye-menye. Tapi, aku kayaknya lebih nyaman kalau ukurannya bisa diperkecil (emang sontekan UTS..haha). 
Waktu aku nulis review ini, denger-denger Catatan akhir kuliah mau dibuat film. Semoga lebih baik, dan bisa kasih gambaran ke mahasiswa atau calon mahasiswa biar : nggak salah pilih jurusan, well prepare (nentuin target mau lulus kapan, mau ambil minor apa, mau ambil topik apa, pembimbing siapa). 
Catatan akhir kuliah, berkesan dan lumayan bikin "nyengir sendiri". Tapi...cukup 3 dari 5 bintang ya Sam. 

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature