Engineer under cover: Inilah sepatu favorit kami

August 14, 2016
sepatu casual kece (sumber: www.mapemall.com)

Sepertinya saya memang ditakdirkan untuk tak jauh-jauh dari sepatu berwarna hitam dengan potongan maskulin. Ketika sekolah, kebijakan di SMA adalah mewajibkan siswa-siswinya menggunakna sepatu hitam bertali. Hitamnya polos ya, nggak boleh bermotif apalagi berpita-pita lucu. Ketika teman-teman dari sekolah lain bebas memakai flat shoes unyu dan berkaos kaki warna-warni, saya hanya mengamati dari kejauhan. Sepatu sekolah saya terasa membosankan dan jauh dari kesan cantik. Di perguruan tinggi tentunya tidak ada aturan seperti itu, sejenak saya bebas menentukan style alas kaki. Kenapa sejenak? Karena di tempat kerja ternyata saya diwajibkan memakai safety shoes yang lebih mengerikan bentuknya dibanding sepatu SMA saya. Oktober tahun ini tepat 5 tahun saya kerja sebqgai engineer. Itu artinya ada berapa jam yang saya habiskan bersama safety shoes? Meski begitu, safety shoes adalah jenis sepatu favorit kami para engineer.

Apa sih safety shoes?

Safety shoes itu sepatu yang menjamin keamanan kaki kita secara penuh. Di bagian depannya terdapat logam yang melindungi mata kaki. Ya namanya juga engineer, bahaya ada dimana-mana.

Safety shoes juga cantik?

Untuk karyawan wanita, disediakan sepatu yang desainnya serupa wedges pendek. Tapi tentu ini kalah cantik dengan sepatu kasual wanita Mapemall .

Wajib pakai ya?

Itu adalah kebijakan yang sudah tertulis di peraturan kerja bersama. Bisa sih lolos dari gate pemeriksaan security jika mau, tapi itu sama saja membiarkan diri sendiri dalam bahaya. Bukan bahaya kena surat peringatan saja lho, tapi juga bahaya ke fisik kita.
Engineer di perusahaan manufaktur tentu beda kebijakan keselamatannya dibanding engineer di perusahaan software misalnya. Saya sebagai junior yang masih newbie ini hanya bisa mematuhi.

Sepatu ganti

Ada loker yang bisa digunakan jika kita ingin mengganti sepatu. Tapi saya lebih nyaman pulang-pergi masih memakai safety shoes. Karena apa? Nggak yakin deh kaki aman kalau naik motor pakai flat shoes.

Suka-duka bersama safety shoes

Yang saya ingat di hari pertama memakai safety shoes adalah kaki lecet. Ya bagaimana tidak, waktu itu masih masanya on the job training dan saya harus keliling factory. Jalan di area puluhan hektar dengan sepatu seberat itu tentu membuat saya kerepotan.

Sekarang saya tidak pernah lagi beli kaos kaki mahal. Beli saja yang 5 hari pakai langsung buang. Hah? Percuma dicuci lagi, karena di minggu ke-2 pemakaian biasanya sudah berlubang. Memang keras banget lho bagian dalam safety shoes itu.

Ada pengalaman lucu yang pernah saya alami ketika mengenakan safety shoes. Suatu saat kondisi jalan sedang sangat macet. Ternyata penyebab kemacetan itu adalah ada mobil parkir sembarangan. Dengan emosi di ubun-ubun, ketika berada tepat di samping mobil tersebut saya menendang body mobil. Ternyata tindakan impulsif itu menimbulkan suara yang cukup keras karena bertemunya logam di ujung sepatu dan mobil. Untung saja alarm mobil tidak berbunyi dan mobil tidak penyok.

Masih doyan belanja sepatu?

Yaiyalah. Sudah naluri wanita geregetan kalau lihat sepatu atau tas lucu. Sepatu kasual wanita mapemall  warna monokrom tanpa tali dengan sedikit tambahan alas adalah yang sedang saya incar. Barangkali ada yang mau ngasih gift itu, boleh banget lho hehhee.

Itulah salah satu fakta dari kehidupan engineer di perusahaan manufaktur. Meski saya wanita dan merasa cantik kalau pakai wedges warna nude, ya tetap saja keselamatan adalah yang harus diutamakan ketika berada di factory. Jika bukan kita sendiri, siapa yang bisa menjamin. Di luar kerja, masih ada kok kesempatan bergaya dengan beraneka macam alas kaki sesuai dengan kondisi dan selera kita.

Fakta apa lagi yang ingin kamu tahu dari dunia engineer?

*this is a sponsored post, read disclosure on this blog


17 comments on "Engineer under cover: Inilah sepatu favorit kami"
  1. Bentuknya mirip sepatu PDL ya :D

    ReplyDelete
  2. khusus buat si safety aku suka kauskaki item dari minimarket haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal itu. Mending yg di abang abang pinggir jalan hahaha

      Delete
  3. Wah, kalau saya milih sepatu yang penting aman dan nyaman, karena sy sendiri bukan pecinta sepatu yang aneh2 hehe :D

    ReplyDelete
  4. Aku juga punya sepatu seperti itu. ada logam diujungnya demi keamanan kaki saat tertimpa palet.
    Berat dan kadang lecet jika tidak pakai kaos kaki tebal. Memang seperti itu.

    ReplyDelete
  5. Aku ngeh dikau pake sepatu safety waktu dipostingan mana gituu.
    Tapi skrg sepatu safety juga udah lumayan banyak modelnya. Tapi ga wedges juga sih modelnya. Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau sepatu safety yang warna warni mba...belum ada

      Delete
  6. Yang penting nyaman dan safety first kalau di tempat kerja ya mbak? Kalau di luar baru deh bergaya pakai high heels hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Aku blm pernah pake sepatu gituan. Skrg mah sering pake sepatu pdhal dulu pas kerja malah pake sandal, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe habislah aku pake sendal di tempat kerja

      Delete
  8. Sama kayak aku waktu masih kerja di perusahaan kayu, pakenya sepatu model docmart boot gitu (berasa macho :D ). Docmart boot itu sepatu favoritkuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Machooo abiis. Apalagi setelanya sama jeans ya mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature