Apa sih BB cream?

August 31, 2016
Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop

Saya mengenal BB cream belum lama ini, sekitar 3 tahun yang lalu. Mungkin cukup terlambat untuk ukuran perempuan masa kini sebab tidak lama setelah itu muncul CC dan DD cream. BB cream adalah skin care sekaligus kosmetik yang sepertinya ada di setiap tas wanita di era ini. Ibu saya mengetahui BB cream juga belum lama ini. Lalu apa sebenarnya BB cream itu?
Mengapa ada yang kelihatan flawless tapi ada yang malah jadi seperti topeng? Saya punya beberapa pengalaman mencoba-coba beberapa brand Bb cream. Seiring berkembangnya kepedulian para kaum perempuan ke penampilan, malahan sekarang muncul BB cushion. Yuk ah bahas satu satu, biar tidak ketuker antara BB cream dan body butter, lhoh.

Fungsi BB Cream

BB cream itu bukan kependekan dari body butter cream atau blackbery cream ya ladies, hahaha. Itu mah saya aja yang nggak tahu kali ya. BB cream adalah singkatan dari Blemish balm atau ada juga yang menyebutnya Beauty balm. Fungsinya adalah menyembunyikan masalah atau kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat dan skin tone tidak rata. 

Beda BB cream dengan Foundation

Lalu apa dong bedanya dengan foundation, kan fungsinya hampir sama? BB cream lebih ringan dari foundation. Sebenarnya sih nggak krim-krim amat ya, karena BB cream itu lebih cair menurutku. Harusnya BBL (beauty balm liquid..wakakak). 

Generasi baru BB cream

Tren perawatan kulit dan kosmetik terus maju, apalagi setelah gencar-gencarnya skin care dari Korea. Berbagai inovasi dilakukan sehingga muncul beberapa turunan dari BB cream. Apa saja itu?

BB Cushion

Ini yang sedang hits tapi belum saya cobain, namanya BB cushion. Hah, cushion kan bantal bukan? Iya, BB cushion itu berupa spon yang kalau ditekan maka akan mengeluarkan cairan semacam BB cream gitu. Hem..yang ini saya belum ada pengalaman sama sekali.

CC cream

Meski ada BB cream dan CC cream, tapi AA cream tidak ada ya ladies. CC cream itu katanya sih lebih kuat coverage nya dari BB cream. Bekas jerawat dan bintik kemerahan di wajah bisa tertutup sempurna. 

CC cream adalah kependekan dari Colour correcting, ada juga yang menyebut colour control dan complexion care. 

DD cream

Kalau BB cream dan CC cream buat dipakai di wajah saja, maka DD cream ini dibuat untuk merawat kulit seluruh bada. Lho, apa dong bedanya dengan body butter dan hand body lotion? DD cream (daily defense atau dynamic do all cream) fungsinya memang lebih luas. Karena saya sendiri tidak ada pengalaman pemakaian jadi nggak bisa cerita banyak. Selama ini hanya pakai Body butter atau sun block. 

BB cream yang saya pakai

1| Lightening BB cream Wardah

BB cram yang pertama kali saya pakai adalah lightening BB cream dari Wardah. Warna kemasannya biru muda. Kulit saya yang sensitif sempat break out dan tambah berminyak saat menggunakannya.. Akhirnya tidak repurchase.

2| Wardah everyday BB cream

Jangan sampai salah ya, kalau yang everyday itu warnanya hijau tosca. Varian ini cocok untuk kulit berminyak seperti saya. Ringan banget dan nggak terlalu kinclong. Harganya juga terjangkau dan gampang didapat dimana-mana. 

Biar lebih matte, saya tinggal pakai bedak tabur wardah saja setelahnya. Meski ketahanannya tidak bisa seharian, ya lumayan lah ya...nanti touch up lagi (kalau nggak males, hhhehe).


3| Tea tree flawless Bb cream The Body Shop

Ini yang sedang saya pakai saat ini. Awalnya sih gara-gara dapat sampel dari The body shop pas belanja tea tree oil, eh kok jadi enak ya.
Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop


Sampel yang saya dapatkan itu Bb cream tea tree shade medium atau nomor 2. Pertama kali mencoba....langsung suka. Karena apa? 

Kemasannya travel friendly, mungil isi 53 gram. Selain itu, sesuai janjinya Bb cream yang ini ringaaan banget di wajahku. Sama sekali nggak lengket dan terkesan ‘dandan’ hahaha. Awalnya kupikir aromanya akan sama seperti tea tree oil yang ala ala minyak kayu putih gitu ya, eh ternyata enggga lho. Aroma Bb cream tea tree TBS lebih mirip kelapa atau santan begitulah...gurih. 

Ketika ke counter the body shop lagi untuk beli facial foam sama toner, saya memutuskan untuk membeli Bb cream juga deh hehehe. 


Kata mba beauty advisornya, saya lebih cocok pakai tone dark atau nomor 3. Terbukti sih, di bagian dagu nge-blend sempurna berasa tidak pakai apa-apa. Kalau di pipi? Kok jadi iteman banget ya kulitku pakai bb cream ini, hahhaa. Problem kulit saya memang tone nya tidak rata, bagian pipi lebih putih daripada dagu atau dahi. Yasudah, saya ikuti saja saran beauty advisor. 
Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop

Diantara bb cream yang pernah saya coba, yang ini paling mahal. 179000 itu kalau dibeliin bb cream wardah bisa dapat 3 buah. Tapi memang sih ada jaminan organik dan alami. Menurtku, tone nya juga nggak bikin saya seperti topeng. Pas lah sama kulit Jawa Asia macam saya ini hehehe.

Seperti halnya saat memakai wardah, pengunci Bb cream tea tree flawless ini masih tetap bedak tabur anti acne. 

Setidak dandan-dandannya saya, Bb cream harus selalu dipersiapkan dalam tas. Selain meratakan warna kulit, Bb cream juga berfungsi sebagai pelembab. Jadi, biar sekali pakai saja deh dan irit pelembab. 

Kamu pakai Bb cream juga kan? Eh Bb cream juga disukai cowo-cowo lho...hayo ngaku.

36 comments on "Apa sih BB cream?"
  1. aku belum pernah pake bb cream sih mbak. masih mager dandan wkwk. tapi pengen nyoba deh, soalnya sering nggak pede sama kulit muka jugaa

    ReplyDelete
  2. Kirain yg CC cream becandaan doang. Ada beneran ya? Kalo DD creamnya beneran? Hahahhaa. Btw itu ciyusan cowok juga suka pake bb cream? *kagettt

    ReplyDelete
  3. pertama denger istilah BB Cream itu kirain cream penghilang bau badan. ahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya...harusnya deodorant itu basa Indonesianya Bb cream ya

      Delete
  4. Kalau buat cowok yang cocok apa ya? Kayaknya rada susah deh buat nemu cream yang warnanya cocok buat cowok sawo matang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku pakai shade no.3 nya the bodyshop kak. Cucook

      Delete
  5. aku juga pakai BB Cream wardah kok

    ReplyDelete
  6. Aku pake bb cream wardah tapi jatohnya terlalu coklat di kulitt huhu

    ReplyDelete
  7. Akuuuu pake lah bb cream, paling enak sih yang faceshop, ringan dan kelihatan natural banget hehe...

    Dan penasaraaan banget pengen cobain bb cushion ih, lagi nge-heits banget lah ituuu...

    ReplyDelete
  8. Belum pernah nyobain BB Cream, btw qu baru tau ada CC dan DD cream xixixi *kamseupay* :)) thx sharenya mba

    ReplyDelete
  9. Aku jarang pake BB cream. Padahal punya. Hehehe... Mukaku tiap hari pakenya pelembap sama bedak aja. Duh... Aku emang pemalas. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenere sama aja sih mba. Kalau wajah ga belang belang mah pelembab aja cukup :)

      Delete
  10. nambah ilmu soal BB cream. aku taunya DD cream itu u muka juga loh mba. ternyata u seluruh badan yaa *note

    ReplyDelete
  11. dd cream apose? baru tau dari blog ini lho
    aku juga pake soalnya paketan lengkap bedak sunblock sm pelembab
    kan gue orangnya ogah remvong anaknye :P

    ReplyDelete
  12. Kalau saya mah mbak belum pernah pakai yang begituan soalnya gak suka gituh, gk gk gk tapi kalau saya mah biasanya suka cuci muka pakai air hangat saja.

    ReplyDelete
  13. Aku pakai BB Cream maybelline cuma pas acara-acara tertentu aja pakai BB Cream. Entah kenapa kalau pakai BB Cream mukaku jadi berasa tebel banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata mba beauty advisor, Bb cream pakainya tipis aja

      Delete
  14. Nggak pernah pakai BB Cream... males... hahaha
    Cuma pernah nyoba aja...
    Itu ciyus baunya kayak kelapa... jadi laper...

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka make BB cream mbak kalo sempet baru bedak, tapi seringnya ngga sempet jadi abisnya luaaama. Btw, makin cantik tuh Innayah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang awet sih karena makeknya juga dikit mba

      Delete
  16. Aku ga suka pake bb cream inn. Lebuh suka natural pake bedak byasa

    ReplyDelete
  17. Banyak baca tentang BB cream ini, cuma belum sempet nyobain. Selama ini pake foundation doang, cm emang rada cakey ya kalau foundie hihi
    makasi ya mbak reviewnya :D

    ReplyDelete
  18. Aq pake BB cream wardah jg g cocok..berasa iteman dan mudah pecah2 make up nya..baru aq pake 2x aja skrg g pake BB cream...klo cushion eng enak sih apalagi cushion korea ada ifavtory ama april skin...merata di wajah...tp makenya jrg2 krn lmyan hight price, ifactory killing cocok buat kondangan krn coverage bgt dan longlast..tp g nutup pori2...jg dibedakan untuk usia dibawah 30 dan diatas 30..lbh flexibel bkn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah ribet sih kalau dibedakan umur. Soal cushion...aku pernah bahas juga

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature