Membedah Fuji Instax 7s Yang Dikira Polaroid

August 01, 2016
Fujifilm, instaxmini, polaroid

Kamera ini saya beli sekitar 3 tahun yang lalu, tapi baru sekarang menuliskannya. Padahal, saat ini fuji film sudah tidak menegluarkan seri ini lagi. Sebelum membahas lebih jauh tentang fuji film instax 7s, perlu ada yang diluruskan nih. 

kamera yang ‘jepret langsung jadi’ itu sering disebut kamera polaroid. Padahal, polaroid adalah anam merek seperti halnya fuji film. Jadi, nama sebenarnya untuk jenis kamera seperti ini adalah kamera instan. Nah, sudah jelas kan? Kamera instan adalah kamera yang berisi film isntan lembaran dan tidak perlu melewati proses cuci cetak. Memotret dengan kamera ini perlu kesabaran dan ada sensasi deg-degan parah, mau tahu? Yuk kita bedah bersama.

Kenapa beli kamera fuji instax 7s?

Saya suka fotografi dan sesuatu yang klasik. Ketika suatu hari saya melihat penampakan kamera ini di instagram, hemm mulai deh kepo-kepo. Repotnya kamera analog itu harus cuci cetak, kalau kamera instan kan langsung jadi. Kebetulan, harga kamera instan fuji instax 7s adalah yang paling murah. Ya, kalau sekedar obat penasaran dan lucu-lucuan ngapain beli yang maha kan?

Beli dimana?

Waktu itu saya beli di online shop, karena nggak semua toko kamera jual kamera instan. Lagipula kok lebih murah di online ya, hehhee. Meskipun, masalah terjadi. Ketika saya cobain, lampu indicator kamera tidak nyala. Ketika dicek kelistrikannya  dengan tespen juga tidak ada aliran listrik. Akhirnya, saya kembalikan kamera itu ke onlineshopnya. Bayar ongkir? Iyak..heuheu. 

Harganya berapa?

Kisaran harganya 700-900 ribu rupiah tergantung tokonya dimana. Murah kan? Iya dong. Yang mahal justru filmnya. Kalau yang putih polos begitu 10 lembar sekitar 90ribu rupiah. Bisa dibilang selembar film instax ukuran kartu kredit dihargai 10000. 

Paket penjualan

Dalam box terdapat kamera, batu baterai 4 pcs, dan tali strap.

Sensasi memotret dengan kamera instant

Kalau kita sudah terbiasa memotret dengan kamera digital baik itu handphone maupun kamera sungguhan, sesasinya pasti terasa. Yaiyalah, sekali jepret harus jadi. No edit...no filter...no delete. 

Apa itu Paralax Eror?

Di kamera fuji fim instax mini 7s, tidak ada koneksi antara view finder dengan lensa. Jadi, apa yang kamu lihat di view finder belum tentu sama dengan yang tertangkap lensa. Hufft, saya sering mengalami nih...mau motret apaan yang jadi malah apaan. Misal foto ramean tuh, ngeri banget ada orang yang ngga ketangkap di frame. Terus bagaimana? Sering mencoba saja.

Pengaturan Exposure Manual

Ini adalah hal yang wajib kamu ketahui jika menggunakan kamera fuji film instax mini 7s. Pengaturan cahaya nya masih manual dengan 3 mode yang simbolnya ada di bagian atas kamera. Sunny, cloudy, dan indoor adalah pilihannya. Kalau kamu memotret di lapangan pada siang hari, jangan lupa putar ke mode exposure sunny. Kalau tidak? Fotomu akan over exposure. 

Susah cari filmnya

Di atas sudah saya ceritakan soal mahalnya film untuk kamera ini. jadi disayang-sayang banget khusus untuk momen penting. Selain mahal, makin kesini kok saya rasa makin susah carinya. Palingan ya lewat online shop sih atau di beberapa toko buku besar yang ada di mall. 
Instaxmini 7s, polaroid
Di pemandian air panas guci

Film akan terbakar jika?

Awas ya bro and sit, jangan sekali-kali membuka tutup belakang yang melindungi film. Kalau kamu buka dalam kondisi amsih ada isinya, insyaAllah sisa film akan terbakar dan tidak bisa dipakai. Mislanya kamu penasaran dnegan berapa sisa film kamu, ada angka indikatornya di bagian bawah kanan berbentuk bulatan hitam. 

Untuk property

Ternyata, makin kesini penggunakan kamera fujifilm instax mini 7s saya bukan lagi penangkap momen melainkan juga properti foto instagram. bentuknya yang klasik serta hasil jepretannya yang khas membuat saya masih menyimpan dan tidak berniat menjualnya. 

Kamu tertarik membeli kamera instan yang orang sebut polaroid? Terima kasih sudah membaca Monday no gaptek. 





38 comments on "Membedah Fuji Instax 7s Yang Dikira Polaroid"
  1. Masih ada ya kamera analog? Tampilan kamera polaroid masa kini mah cakep yaa.

    ReplyDelete
  2. Wow hasilnya bagus ya, tapi mihil banget itu film nya :D. Kalo buat hobi sih gak masalah ya

    ReplyDelete
  3. cuma g bisa disimpen di komputer bentuk file gitu ya. dari kemaren pengen bikin gitu, cuma mikir2 kalau fotonya bagus gpp kalau gerak2 terus dan pas jelek posenya berasa juga huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ga bisa mba Cha kalau yg tipe ini. Kalau mau, fujifilm juga ngeluarin pencetak foto gitu. Sumbernya bisa dari hape,,,

      Delete
  4. rulnay suaranya lembut banget eheum :'))
    btw kemana aja guee kok baru ngeh yaa polaroid itu merk :(

    ReplyDelete
  5. tapi ini ada soft copynya ga sih nay??? itu yang paling penting soalnya hihi

    ReplyDelete
  6. nay...mana tagline cerita sehari hari rasa ayam bawangnya? padahal itu tagline khasmu loh xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar orang g keliru sama blog kuliner wkwk

      Delete
    2. juga untuk meluruskan bahwa blog ini tidak disponsori oleh produsen mi :p

      Delete
  7. pingin banget lihat langsung dan pegang..plus nyobain gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuuh kalau kamu yg megang pasti hasilnya kecee mba

      Delete
  8. bentuknya lucu banget.. same question, ada soft copynya juga ga ya?

    ReplyDelete
  9. wah aku sendiri sampe akhirnya baca artikel ini masih nganggep kalo polaroid itu tipe loh, bukan merek, hehehe. makasih pencerahannya ya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya ya...akupun masi lbh mudah nyebut polaroid

      Delete
  10. dulu pernah kepikiran untuk beli instax ini tapi mikir mikir lagi gara-gara filmnya mehong :3

    ReplyDelete
  11. mau nanya deh, dikamera polaroid itu ada tintanya ga sih buat nyetak filmnya?
    terus kalo sewaktu-waktu tintanya abis gimana?
    terimakasih

    ReplyDelete
  12. Lucu kameranyaa. Tapi aku belum pernah liat kamera polaroid secara langsung ya :')

    ReplyDelete
  13. Dulu saya pernah dapet kamera instan ini dari hadiah. Trus saya jual, karena waktu waktu itu saya pikir, saya enggak terlalu butuh kamera jenis ini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kalau engga hobi moto mending dijual,,mayan soalnya :) bisa beli camdig

      Delete
  14. Pengen punya instax yang Hello Kitty! Tapi beli filmnya mahal amat :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Una ada film yg gambar gambar helokity lohhh *manasmanasin :)

      Delete
  15. anak-anak pertah tanya nih soal kamera ni, maklum skr kan mereka jarang banget lihat foto dalam versi cetak ya selalu dalam versi digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nih mba dihadiahin buat anak anak :)

      Delete
  16. Kalau lampu indikator cuma merah aja, gak hijau, sebabnya apa ya? Udah di utak-atik masih gak bisa. Ada solusi?

    ReplyDelete
  17. Jadi banyak orang yang salah presepsi to, lawong namanya kamera instan kok malah dikit-dikit disebut kamera Polaroid, padal merknya Fuji :D

    ReplyDelete
  18. Mbak... lampu indikatornya nyala kalo paper filmnya udah masuk? kalo blm masuk biasanya jg nyala nggak? Masalahnya..punyaku koq gk nyala indikatornya. . Kl aku mau beli paper filmnya udah mahal..tp gk bisa juga kan sayang mbak... Jd mau nanya indikatornya itu nyala pas ada filmnya atau nggak ya mbk? Makasih...

    ReplyDelete
  19. Klu lampu indikator nyala smua kedap kedip merah knapa yah..? Pdahal udh ganti batrei baru

    ReplyDelete

  20. hai ka ak mau nnya kalau sudah jepret tp dy tdk lgsg naik mulus tp ketahan setengah bru jd lg,, itu knp yaa? jd hasilnya tengah" kaya ad garis gtu jd beda warna juga 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah blm pernah ngalamin tuh kak, cb cari di youtube kak..biasanya ada yg bahas

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature