Tips traveling on budget di Surabaya

August 12, 2016

traveling, surabaya, kenjeran park, kenjeran, tips traveling
kenjeran park, Surabaya
Surabaya adalah kota besar di Indonesia yang lebih sering digunakan orang untuk bisnis trip dibanding leasury. Tapi bagi saya yang belum pernah mengunjunginya, tetap ada rasa penasaran untuk mengeksplore. Daripada berjejalan di kota yang merupakan destinasi wisata seperti Malang misal, Surabaya adalah pilihan untuk sekedar santai saat weekend. Meski teman-teman kerja saya sebagian besar berasal dari Surabaya, kesempatan untuk sekedar melongok itu baru datang sekarang.

Dari pengalaman dua hari melancong di Surabaya, ada beberapa tips nih kalau kamu ingin jalan-jalan di sana namun tetap on budget. Ehem, maksudnya budget yang nggak mahal-mahal banget ya. Surabaya bukan kota yang ‘pricey’ kalau kamu tahu cara menyiasatinya. 

1| Kereta lebih baik

Buat kamu yang berada di pulau jawa, jika ingin ke Surabaya paling hemat ya naik kereta. Apalagi kereta saat ini sudah nyaman. Meski pesawat lebih cepat, traveling kan juga meliputi perjalanan yang harus kita nikmati hehehe. Sebagai perbandingan, harga tiket kereta bisnis bulan lalu yang saya beli adalah 360ribu dengan lama perjalanan 10 jam. Jika menggunakan pesawat, harganya sekitar 500ribuan dengan lama perjalanan 2jam. Prefer mana?

sumber: astralife.co.id
Sebagai anak kereta garis keras sih saya lebih pilih kereta, hehe. Mau apapun pilihan moda transportasi ke Surabaya, faktor keselamatan adalah yang harus kita pertimbangkan. Traveler sejati pasti sudah dong memproteksi dirinya, misal dengan produk asuransi jiwaAVA iPro Perisai Astra Life yang melindungi kita juga saat mengalami kecelakaan menggunakan transportasi umum. Asuransi ini bisa diperbarui tiap tahun lho (yearly renewable term) yang menawarkan perlindungan kematian akibat kecelakaan dan sebab lainnya. Masa pertanggungan hingga usia 65 tahun, dengan usia masuk mulai 18 tahun. 

2|Hotel di tengah kota

maxone hotel, traveling surabaya
hotel maxone instagramable
Sudah sampai Surabaya nih, nginep dimana ya? tenang saja deh. Pilihan hotelnya banyak banget lho. Saran saya sih pilihlah hotel di tengah kota. Kemarin itu saya nginap di Maxone hotel yang letaknya di jalan Tidar. Dekat kemana-mana lho, termasuk ke Tunjungan plaza.

3| Sewa motor

Meski Surabaya itu kota besar, angkot adalah hal langka di sini. Apalagi bajaj? Tidak ada ya. Tentunya taksi bukan pilihan terbaik untuk ‘blusukan’ di Surabaya sebab budgetnya pasti akan membengkak. Yang saya lakukan adalah pesan ojek online. Tapi, dari pengalaman saya itu sangat tidak disarankan menggunakan jasa ojek di Surabaya.
ojek surabaya, sewa motor surabaya
enakan motoran
Tarif ojek yang saya bayar rata-rata dari satu destinasi ke destinasi lain adalah 15ribu rupiah. Belum lagi kadang kesal karena abang ojeknya nyasar, heheh. Akan lebih nyaman jika kamu sewa motor saja. Banyak kok tempat penyewaan yang bahkan bisa kamu booking terlebih dahulu. Harganya juga standar sekitar 60ribu rupiah untuk motor matic.

Sewa motor ini juga saya lakukan ketika traveling di Semarang. Selain murah dan fleksibel, kita juga akan lebih tahu jalanan kota tersebut. Lebih terasa deh travelingnya. Jangan lupa ya, biasanya tempat penyewaan motor mensyaratkan juga kepemilikan sim C.

4| Foodstreet Surabaya Enaak

Kalau kita traveling ke suatu tempat baru pastinya ingin mencoba rasa otentik kuliner khasnya kan? Meski saya sudah sering makan rawon, tetap saja penasaran dengan rawon di Surabaya. Soal foodstreet, jangan ragu deh kalau di kota ini. Kebanyakan dari kulinernya yang khas dan hits memang berupa foodstreet kok. Sayangnya saya belum kulineran banyak kemarin, baru nyoba penyetan saja dan itu sudah membuat saya susah move on.
penyetan surabaya
makan penyet pinggir jalan sedeep
Hemat dan on budget adalah penting bagi traveler, namun yang tak kalah penting adalah perlindungan. Meski Surabaya bukan kota dengan keamanan yang mengkhawatirkan,  memakai Produk asuransi jiwa AVAiPro Perisai Astra Life  saya rasa harus dipertimbangkan.

this is a sponsored post, read disclosure on this blog


24 comments on "Tips traveling on budget di Surabaya"
  1. Iya di surabaya susah angkot. Waktu ke sana ke mana-mana naik taksi pesen di grab taxi. Murah ratenya euy gak kayak di Bandung. Mau balik lagi ke surabaya. Belum puas lihat bangunan tuanya. Bagus-bagus banget bangunan tua di sana. Nyobain heritage bus tour sampoerna gak, nay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangunan tuanya kece...
      Belum sempet teh, krn cm weekend aja. Next time mau explore lagi.

      Delete
  2. saama mba saya juga lebih suka naik kereta, kata teman saya yg pernah ke surabaya disana memang enak2 makanannya dan murah-murah

    ReplyDelete
  3. disini emang lebih enak motoran rulnay, bisa mlipir2 ke lokasi kuliner dalam gang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lama...aku akan ajak kamu kulineran yaa hweheh

      Delete
  4. Surabaya.. Belum kepikiran mau jalan2 kesana, tp spertinya hrus masuk wishlist nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...Surabaya asik buat short getaway

      Delete
  5. Belum pernah ke Surabaya euy tapi saran-saran di atas perlu dipertimbangkan nih kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..surabaya mirip mirip semarang tips survive nya

      Delete
  6. Wah boleh nih misalkan next time main ke surabaya haha

    Salam kenal
    http://dolinafatitela.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  7. pengalaman di surabaya, kalo ke sana naik kendaraan pribadi harus paham jalan. Banyak jalan satu arahnya, dan pak pol siap berjaga di belokan jalan.

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya pingin juga sih jalan-jalan ke Surabaya. Saya mesti nabung dulu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..moga bisa segera jalan jalan ya ke surabayaaa

      Delete
  9. sudah lama gak ke surabaya nih, jadi kangen

    ReplyDelete
  10. Hayoooo yg kemarin ke Surabaya diem2 hihihi, tapi diriku juga uda pindah Malang dink haha.
    Aku yang tinggal belasan taun di Sby juga nggak hapal jurusan angkot wkwk. Dulu kalo ngantor ngebis, pindah divisi trakir malah ke kantor jalan kaki doang :D

    Dan kulinernya Sby emang enaaaaak bgt, belum ada yg nandingi nih hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa aku bilang2 padahal di twitter wkwk

      Delete
  11. Hihihi angkot bnayak sih mbak di Surabaya, cuma emang ada bbrp rute yg gak kejangkau langsung, butuh tenaga jalan kaki dikit :))
    Makanya kalau kesasar di Surabaya tu enak, tinggal cari aja angkutan umum ke termina Joyoboyo, dijamin deh gk nyasar lg, krn dr terminal itu bisa menuju kemana2
    Tp skrng jg enak klo gk nemu angkot bisa naik ojek monlen or sewa motor ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling siip emang nyewa motor,,siip lagi dipinjemi motor

      Delete
  12. Mbak, ada referensi tempat sewa motor? Saya ada rencana ke Surabaya nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whah kebetulan saya kemarin ga pakai rental

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature