Algoritma Baru Google Bikin Semangat Ngeblog, Jangan kasih kendor!

September 17, 2018
Jangan kau pikir blogger itu kerjaanya hanya nulis sesuka hati lalu sudah selesai. Ketika seorang blogger jarang posting artikel baru, ada beberapa kemungkinan. Salah satu hal yang bisa saja terjadi adalah dia sedang memperbaiki blognya agar sesuai dengan algoritma baru google. Google sebagai mesin pencari terbesar, mau nggak mau jadi rujukan buat aku. Patuh dan tunduk, seperti itu. Algoritma baru google makin nyemanagatin aku buat ngeblog. Serius. Google makin kesini makin berbasis ‘manusia’ sih. google ingin memberikan service terbaik buat penggunanya.


Serius ngeblog dari awal bikin

Dari tahun 2011 dimana aku mulai ngeblog secara serius yang lalu ditindaklanjuti dengan menggunakan domain atas nama sendiri, aku berusaha selalu update. Yang namanya ide nulis, pasti ada kalau mau nyari. Tapi apa hanya nulis saja? Kita pengen dong tulisan yang ada di blog kita itu bermanfaat buat banyak orang.

Dari mulai pakai template gratisan lalu beli template premium, dari nulis 200 kata hingga mencoba nulis 1000 kata. Dari share artikel hanya ke sahabat, hingga berani share artikel ke semua socmed. Mungkin proses belajarku terlalu lama, tapi sembari belajar itulah blog ini mencari identitas dan mulai menghasilkan benefit.

Tentang algoritma baru Google

Beberapa waktu ini kalau pas senggang dan lagi ngadep komputer, aku sering baca-baca tentang algoritma baru Instagram dan google. Dua platform yang paling sering aku buka setiap hari sebagai content creator (yang masih ultra noob).

Tadi pagi aku baca artikel blogger Indonesia yaitu mba Dyane Dorothy Aurora di blognya yang keren banget Affmoma. Beliau nulis soal algoritma baru google. Sambil riweuh dengan senin pagi yang greget ini, aku sempetin nyatet di notes oretan dan akhirnya terpikir buat nulis ulang di blog saja.

Kalau mau baca artikel aslinya bisa langsung ke blog Afmoma  Update terbaru algoritma google

Pada intinya sih google ingin tulisan yang nemplok di dia itu bener-bener terpercaya. Rasanya dari jaman aku belum ngeblog sampai sekarang, masih saja nemuin blog di page one google bertema “pembesar xx” atau “solusi dapat uang xx”. Yang paling ngeselin itu blog yang isisnya keyword doang. Masih adaaaaa di tahun 2018 ini. Kan malesin pas lagi perlu sesuatu, browsing, eh nemu, pas dibuka zonk!!!
Ada 3 hal yang menjadi perhatian dari google di algoritma barunya. Expertise, Authoritativeness, Trust worthiness. Apaan itu? Biar mudah ingetnya, itu 3 tadi kalau disingkat jadi E-A-T.
Expertise: google lebih suka blog yang ditulis oleh ahlinya. Misalnya aku nulis soal tips traveling, dia akan lebih percaya jika aku memang traveler bukan orang yang di rumah saja lalu nulis ini hasil baca majalah. Gimana google tahu? Setidaknya dia akn melihat blog kita secera keseluruhan. Bener nggak ni orang adalag traveler? Oh…kok bahasan lain tentang obat-obatan. Oh…kok artikelnya pendek-pendek.

Authoritativeness: masih berkaitan dengan point expertise sih sebenarnya. Ini adalah tentang authority, seberapa sih kemampuan kita untuk dipercaya? Saran mba Rora, coba tulis page “about” itu jangan asal. Ibarat kata nih, halaman “about me” atau “about this blog” itu Curiculum vitae atau resume pas kita ngelamar kerja.

Trustworthiness: sifat dapat dipercaya, kalau nyari artinya di google translate. Nyambung kan sama poin di atas? Yak! Semua tentang kepercayaan dari google ke klienya. Makanya di awal 2018 kalau kamu pakai blogspot, ada notifikasi untuk berpindah ke https kan? Sudah belum diganti?

Jangan kasih kendor!

Ini bukan ancaman ya dear blogger. Justru ini malah harusnya jadi pemacu buat kita, para blogger baik-baik ahhaha. Google nggak mau lagi dicurangi oleh situs-situs tak terpercaya. Apakah situs kita termausk tak dipercaya google? Nah, kalau kita merasa kita selalu share hal yang baik-baik dan pengen google ngasih kepercayaan, so kita perlu lakuin hal-hal yang dia suka.

Selain nulis artikel yang berbobot (lengkap, jelas), membangun link sehat, dan meningkatkan user experience. Kecepatan loading blog juga masih jadi PR buatku, naik-turun euy. Dari dulu aku tuh pengen blog ini spesifik, bahas apa gitulah. Beauty? Oh no. Sepertinya ke fotografi dan traveling, Betul tidak?

30 comments on "Algoritma Baru Google Bikin Semangat Ngeblog, Jangan kasih kendor!"
  1. Sekarang Google sering banget update algoritma yah, uhuhuhu bener ini pertanda bikin semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Ini baru belajar ngblog mba innayah, lagi mencoba bikin konten yang berbobot dan yang jelas biar pembaca juga betah di blog kita.
    Infonya keren banget, jadi semakin semangat buat ngembangin blognya, and sukses selalu buat artikelnya ya mba.. :)

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tau lagi tentang algoritma Google yang baru ini. Terima kasih banyak, Mba untuk infonya. Mudah-mudahan ke depannya bisa makin semangat dan serius ngeblognya (:

    ReplyDelete
  4. kak.. gimana sih biar bisa produktif kaya kakak.. nulis bikin video juga.. banyak yang dibahas pula... bagi tipsnya dong ..

    ReplyDelete
  5. Tfs Nay, berawal dari ngintip igstory'mu trus berujung updet knowledge ke sini
    Berfaedah sekali stalkingku malam ini hehehe, thx u ;)

    ReplyDelete
  6. Huhu, aku juga masih PR banget nentuin mau istiqomah di tema apa. Nanggung semua euy :D

    ReplyDelete
  7. wah blog saya gado-gado nih mba, tapi kurasa makin hari kesini google makin baik, dulu sih banyak yg buka situs langsung iklan semuanya. harus ditutup close 2x lagi. he he..., sekarang sih di 2018 masih ada juga tapi udah berkurang karena algoritma canggih google ;-)

    ReplyDelete
  8. Thankyouuuuu informatif sekali. Betul, jangan kasih kendor! :)

    ReplyDelete
  9. Tiga hal yang ditulis di sini sangat berhubungan ya Kak. Expertise will bring authoritativeness and trustworthiness. Jadi kalo ngomong segala macam hal, mau dipercaya di bagian yang mananya ya Kak? #Eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh itu dia mas,,,ku penegn fokus kayak mas Dani gituuh

      Delete
  10. Insight baru lagi nih.. tambah keren aja google. Semoga setelah ini semangatku nulis juga update terus kaya google :)))

    ReplyDelete
  11. Wahhh thanks a lot Innnayah apresiasinya...

    Yup sebenernya dari zaman mulai ngeblog juga harusnya memang fokus ke E-A-T ini kan ya, jadi otomatis struktur blognya juga jadi bagus dan berbobot.

    Kalau menurutku sih Innnayah.com itu kayaknya identik sama anak muda yang suka bikin sketsa lucu and suka foto-foto. Mungkin saranku sih semua gambar pendukung pertama untuk semua postingannya bisa dalam bentuk sketsa goresan tangan sendiri. Saran yang menyusahkan yak? wkwkwk.. Eh tapi kan bisa jadi ciri khaaass lohhh hahaha...

    Keep blogging ya!

    ReplyDelete
  12. Uda kamu cerita cerita bab keseharianmu aja yg pesonal, nulis2 retjeh keseharian, kerjaan, love story, jg ada yg baca hihihi
    trus fokusin ke blogging or sosmed gitu nay, kayaknya artikelmu suka rame klo bahasnya ini

    ReplyDelete
  13. Iya sih sebel banget dengan blog2 yg asal aja. Kemarin itu mau ke blog Rora krn lihat linknya di share tapi belum sempat. Semoga makin semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  14. Benar, Mbak. Masih adaaaaa yang isinya keyword doang, sebel kali kalau nemuin situs begitu. Jadi merasa ditipu.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih untuk postingannya yang bermanfaat ini Innayah. Sangat berguna banget buat aku yang baru 6 bulan belajar blogging. Keep up the good work beib. Salam kenal 😘

    ReplyDelete
  16. Artikel yang bener-bener bikin saya pengen beresin blog supaya berfungsi maksimal untuk pembaca. Terima kasih sudah berbagi informasi yang sangat berguna ini...

    ReplyDelete
  17. Salam kenal ya Innayah, sekedar saran poin yang kecepatan blog ada baiknya dioptimalkan dengan menggunakan template yg support AMP,

    ReplyDelete
  18. Waah baru tau nih ternyata Google juga ada algoritmanya ya

    ReplyDelete
  19. ilmu baru untuk ku mba, karena aku cuman sekedar nulis tapi gak belajar lebih dalam. xixixii...sekarang udah mulai cari tau ilmu blog sih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature