[Review Film Netflix] The Social Dilemma

September 30, 2020

The social dilemma review

Apa yang aku perbincangkan di whatsapp, aku post di instagram, lalu berubah menjadi tampilan iklan-iklan. Pernah dong ya, habis bicarain tentang tanaman monstera misalnya lalu tiba-tiba muncul iklan penjual tanaman. Yang paling absurd, aku pernah ditawari “TUHAN”. Mungkin algoritma internet mendeteksi kondisi psikologis aku kurang sehat sampai ditawari Tuhan. Social dilemma, social pressure, sudah merupakan istilah yang aku ketahui sejak aktif menggunakan social media. Bahkan aku beberapa kali membahas soal burn out di blog ini maupun di instagram. Internet memudahkan segalanya, jika dulu teknologi adalah tentang suatu alat baru...maka sekarang teknologi adalah manipulasi baru.

Sinopsis Social Dilemma

The social Dilemma termasuk film dokumenter yang panjang, 90 menitan. Secara garis besar bercerita tentang dampak negatif media sosial dan dunia maya. Segala hal negatif dari media sosial yang terlihat natural bukan sebuah “kecelakaan”, tetapi memang telah didesain. Para desainer dari berbagai platform media sosial memantau penggunaan dan mempengaruhi psikologi penguna.


Baca: Gangguan kecemasan konten kreator


Review The Social Dilemma

Aku menikmati banget The social dilemma yang ditayangkan di Netflix sejak 9 September 2020. Kukira bakal ngantuk secara cukup panjang...ternyata tidak. Meski dokumenter, tidak melulu berisi wawancara kok. Dalam dokumenter ini, ada beberapa wawancara dari narasumber yang mendesain media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Mereka yang dahulu menciptakan, kini justru khawatir akan dampak yang terjadi.

the social dilemma


Film ini didukung oleh sederet narasumber terpercaya pada bidangnya masing-masing. Mulai dari mantan Ethic Designer Google (Tristan Harris), mantan direktur Pinterest (Tim Kendall), penulis buku tentang isu media sosial (Jaron Lanier) dan banyak lagi sosok dengan riwayat bekerja di perusahaan internet seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.


The Social Dilemma juga memuat banyak footage asli maupun rekayasa. Ditambah plot fiksi sebagai reka adegan untuk memberikan sentuhan dramatis sekaligus mempermudah kita memahami informasi. Ilustrasi cerita yang seolah dekat banget dengan kehidupan kita sehari-hari bikin The Social Dilemma menarik. Tentang proses bagaimana algoritma diciptakan guna mempengaruhi aktivitas socmedan seorang remaja, bagaimana psikologis kita terpengaruh oleh kata “typing...”, juga tentang bagaimana kita berusaha sekuat tenaga menjauhkan diri dari kecanduan social media. Pada bagian akhir terdapat ilustrasi bagaimana social media menjadi sumber konflik dalam sebuah negara. Memang separah itu efeknya, bukan hanya menyerang individu.


Dokumenter ini disutradarai oleh Jeff Orlowski, topiknya sebenarnya sudah kita sadari betul. Akan tetapi sepertinya memang kita perlu sering-sering diingatkan. The Social Dilemma merupakan film dokumenter yang kita butuhkan, sebuah informasi dari sederet narasumber terpercaya, dengan materi yang wajib kita ketahui sebagai masyarakat modern di era serba digital.


Meskipun menghadirkan banyak narasumber, akan tetapi pembahasan tidak melebar kemana-mana. Aku yakin hasil wawancaranya panjaaang banget. Tapi ngeditnya pas, jadi durasinya bisa tepat tanpa mengurangi esensinya. Ada mind mapping yang digunakan untuk membentuk penyampaian pesan agar tetap terarah dan terkonsep. Mulai dari bagaimana media sosial memantau setiap aktivitas internet kita, bagaimana perusahaan mengambil keuntungan dari fenomena ini, hingga berbagai poin penting yang bercabang ke isu kapitalisme, kesehatan mental, politik, dan masih banyak lagi.


Rate

4 dari 5

Aku beberapa kali mengulang dan mempause agar lebih paham. Menonton The Social Dilemma harus kita simak dengan seksama engga perlu dalam waktu singkat juga sih. The Social Dilemma bukanlah kampanye anti media sosial, sebuah alarm untuk memberikan kesadaran skala besar untuk menjadi pengguna yang cerdas.


Post Comment
Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature