Kaleidoskop 2022 dan Resolusi 2023

December 27, 2022

Jika 2021 aku ibaratkan sebagai ‘hari-hari jadi Avenger” maka 2022 ini lebih manusiawi. Ada kalanya sibuk, banyak sekali kemarahan dan kesedihan, namun tetap harus selalu tersenyum dan hangat bukan? Setidaknya aku cukup waras di tahun ini, cukup tidur, cukup rejeki untuk menabung, dan berlimpah cinta ahahhahahaha. So…seperti tahun-tahun sebelumnya aku mau menuliskan recap atau kaleidoskop agar supaya nggak lupa buat bersyukur dan lebih semangat menyongsong hari esok.

Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing

November 20, 2022
Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing

Berawal dari sering bookmark thread Twitter dari mas Faiz Ghifari yang dikemudian hari aku baru tahu jika beliau adalah founder BelajarLagi. Semangat untuk punya hobi belajar tersalurkan banget setelah follow twitternya BelajarLagi. Tapi waktu itu merasa belum saatnya ikutan kelas-kelasnya. Pertengahan tahun ini, mulai terketuk untuk serius mendalami Digital Marketing. Jadi, bagaimana rasanya menimba ilmu Full Stack Digital Marketing di Belajar Lagi?

Menjual Tanah Strategis Kota Madiun

November 19, 2022
Cara Menjual Tanah Strategis di Kota Madiun

Suatu hari di forum Bootcamp digital marketing yang sedang saya ikuti, saya bertanya mengenai bagaimana cara menjual properti khususnya tanah. Sejak 2019 hingga 2022 ini, saya struggle dengan menjual tanah yang ukuranya hektaran. Sering insecure juga kalau melihat iklan-iklan lain orang jualan properti kok pada sold. Ada rasa gagal yang membuat lemas...huft, paham kan rasanya? Jadi bagaimana saja perjuangan ini yang masih belum berhasil? Apa saja kesalahan saya yang harus jadi bahan evaluasi? Aku mau cerita.

TIDAK ADA MANUSIA BODOH

October 22, 2022
 
tidak ada manusia bodoh

Apa arti bodoh? Bodoh yang kumaksud di sini bukan soal Pendidikan atau privilege seperti pengertian umum. bukan juga..soal lirik lagu.
Tiada yang salahHanya aku, manusia bodohYang biarkan semuaIni permainkanku berulang-ulang kali
Bodoh di sini adalah tidak berpikir, tidak berakal. Padahal setiap manusia itu berakal bukan? meski nampak culun polos, dia punya pikiran dan tidak bodoh. Artinya, jangan berbuat yang seolah orang lain akan memaklumi kita. Agak bingung? jadi begini…

Alasan Pentingnya Asuransi Untuk Kehidupan

October 18, 2022
Alasan Pentingnya Asuransi Untuk Kehidupan

Dalam sebuah perjalanan hidup, mungkin saja jalan yang dilalui tidak akan selalu mulus. Peristiwa tidak terduga bisa menghalangi kamu untuk hidup secara maksimal. Ada masanya saat berada di atas, semua keadaan seperti baik-baik saja tapi terkadang ada pula sesuatu yang menghambat perjalanan. 

Review SNP Prep Peptaronic Eye Cream

Review SNP Prep Peptaronic Eye Cream

Mata itu cerminan jiwa kata orang-orang, makanya kalau mata nampak lemah dan kurang bersemangat bisa mempengaruhi keseharian banget. Apalagi bagi aku yang pekerjaanya lebih sering harus berinteraksi dengan orang. Eye cream adalah bagian dari skin care routine yang meupakan investasi demi terwujudnya area mata yang selalu segar. Beberapa waktu ini aku memakai eye cream dari SNP, yaitu SNP Prep Peptaronic Eye Cream. Jadi bagaimana hasilnya?

Mengapa Belajar Lagi Copywriting ?

October 10, 2022
Mengapa Belajar Lagi Copywriting ?

Pada suatu hari yang padat, notif dari aplikasi di hape memintaku “bernafaslah sejenak”. Hah, kok dia paham aku banget sih, kok bisa pas sih? Nulis blog Sudah dari 2011, nulis caption dan status di social media, nulis buat dagangan, nulis pengumuman tiap hari di kantor, ngapain sih Belajar Lagi Copywriting? Itu adalah suara otak jahat aku ketika melihat satu-satunya akun twitter yang kunyalakan loncengnya ngetwit tentang pembukaan bootcamp copywriting. Akun twitter itu adalah @BelajarlagiHQ, platform kursusan online Digital Marketing yang heran banget viral mulu karena ilmunya. Oke, akhirnya aku jadi tuh ikutan Mini Bootcamp Copywriting Cohort 1 di Belajar Lagi. Jadi merasa berfaedah atau malah unfaedah? 
 

Review Peek.me Naturals, Sahabat Traveling Aku

September 24, 2022

 

 
Review Peek.me Naturals

 
Beberapa bulan ini aku sudah kembali aktif bepergian termasuk keluar kota maupun luar pulau. Semenjak covid, amunisi untuk traveling menjadi lebih proper. Selain alat-alat penunjang protokol kesehatan, aku juga lebih care dengan diri sendiri dengan membawa beberapa item ketenangan jiwa. Hah, apaan sih,,,? Oke,,aku mau cerita soal Peek.me Naturals ya, brand yang punya produk daily wellness berbasis aromaterapi yang praktis dan aman digunakan. 
 

Naik Super Air Jet Karena Seragam Pramugari

September 14, 2022
Naik Super Air Jet Karena Seragam Pramugari

Petang itu masih dalam suasana arus balik lebaran 2022, aku menyemut di terminal 1 Bandara Soetta untuk penugasan penjemputan. Selama menunggu aku berpapasan dengan segerombolan Wanita berpakaian terusan celana kemeja warna khaki. Ternyata itu adalah seragam pramugari Super Air Jet, maskapai yang baru lahir tahun 2021. Kemarin Ketika ke Bali, aku nyoba naik Super Air Jet pulang – pergi. Jadi gini ceritanya…

Review Samsara Homestay Kintamani, Bali Banget

September 11, 2022
 
Review Samsara Homestay Kintamani

Kintamani tidak asing dalam database kosakata di pikiran aku, tapi menginjakkan kaki di sana baru terjadi di 2022. Tujuan utamaku sebenarnya adalah hiking ke Gunung Batur dan melihat Sunrise. Ada banyak sekali penginapan unik di wilayah Kintamani, Bali. Saking banyaknya, aku dari Kuta nggak pesan dulu kamarnya. Nah, kok bisa ketemu Homestay Samsara yang Bali banget dan terasa di rumah sendiri? Jadi gini ceritanya…

Menjadi Konten Kreator Yang Memiliki Kesadaran Terhadap Lingkungan

September 03, 2022
 
Menjadi Konten Kreator Yang Memiliki Kesadaran Terhadap Lingkungan

Semua orang berlomba-lomba menjadi konten kreator sekarang ini, tapi konten kreator yang seperti apa? Yang viral namun tidak memiliki impact positif, atau konten kreator yang menjadikan kepedulianya terhadap lingkungan sebagai bagian dari personal brandingnya? Minggu lalu aku ikutan Danone Community Engagement Day 2022 yang bertajuk KIAT (Kelas Intensif Membuat Konten).

MENDAKI GUNUNG BATUR DI BALI UNTUK MELIHAT SUNRISE VIA JALUR PURA PASAR AGUNG

August 31, 2022

MENDAKI GUNUNG BATUR DI BALI UNTUK MELIHAT SUNRISE VIA JALUR PURA PASAR AGUNG

Sudah sejak pandemi mereda, aku ingin traveling lagi ke Bali. Niatnya benar-benar untuk liburan, bukan untuk lomba dan sejenisnya. Secara tiba-tiba, aku menyadari bahwa cuti tahunanku masih 9 hari. Okelah, aku akhirnya mengambil cuti dan memilih Bali sebagai tujuan. Meski tiket pesawat sedang mahal-mahalnya, bayangan untuk bisa hiking di gunung Batur, Kintamani, Bali, rasanya tak bisa digantikan dengan destinasi yang dekat-dekat saja.

Rejoso Kita Melakukan Konservasi Air Untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso secara Terpadu

August 30, 2022
Beberapa tahun lalu aku merasakan sendiri hawa pegunungan dan jernihnya air di wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Jika kita mengenal gunung Bromo, nah…di kakinya itulah terletak Pasuruan. Aku mau cerita tentang aliran sungai yang membelah pasuruan di wilayah kecamatan Rejoso. Kita sebut saja agar lebih mudah DAS Rejoso ya.

Tips Menang Lomba 17an Balap Karung dan Tarik Tambang

August 14, 2022

 

Bulan Agustus di Indonesia adalah bulan Kemerdekaan sekaligus bulan aneka permainan tradisional maupun olahraga. Permainan yang khas dimainkan saat Agustusan adalah Balap Karung dan Tarik Tambang. Instansi, RT, RW, hingga perusahaan mengadakan lomba ini meskipun tidak ada kewajiban dalam aturan pemerintah. Aku akan berbagi tips mengenai cara menang lomba balap karung dan tarik tambang.

[REVIEW BUKU] GADIS KRETEK

August 07, 2022

Kretek atau umumnya kita sebut rokok, bukan benda yang tiba-tiba muncul begitu saja di Indonesia. Ada proses bagaimana kretek lahir, berkembang sejalan dengan klobot, kawung, yang akhirnya sekarang kita jumpai bentukannya sangat modern. Aku bukan perokok, tapi merasa tertarik untuk menyelesaikan cerita di dalam Novel Gadis Kretek.

[Review Buku] Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi

July 24, 2022

 

Setiap kali ada yang membahas rekomendasi novel sastra Indonesia bagus, maka Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi selalu masuk hitungan. Jujur saja beberapa tahun ini aku mulai jarang membaca sastra fiksi. Padahal, ketertarikanku kepada buku diawali dari Fiksi. Ya begitulah, sepertinya selera seperti halnya mode fashion maka suatu saat akan berputar dan kembali ke titik awal. Satu kata untuk novel ini "BRILIAN". Kok bisa sih kepikiran cerita serumit ini tapi enak diikuti ngga bikin ngantuk? Bayangin nama tokohnya saja sudah wow keren abis, belum lagi alurnya. NGGA KETEBAK!!

Review Buku : Things I Wish I'd Known Before We Got Married

July 23, 2022
Jangan baca buku ini sendirian ya sebaiknya. Jadikan buku ini pembahasan menarik dengan pasanganmu, sebab di dalamnya banyak excercise untuk dibahas bersama. Kalau kamu sedang ingin mendiskusikan hal-hal penting sebelum melangkah ke arah pernikahan, maka buku ini tepat. Penulisnya konselor pernikahan, menurutku aku beruntung bacanya sekarang karena merasa ‘oh ternyata gitu ya?‘

barenbliss Double Shot! Produk Dual Serum Pertama barenbliss Indonesia!

July 08, 2022

Semenjak rilis resmi di Indonesia pada tahun 2021, barenbliss kian konsisten untuk menghadirkan produk-produk K-beauty untuk para pelanggannya di tanah air. Tak hanya produk kosmetik, barenbliss juga memiliki lini produk perawatan kulit yang tak kalah top kualitasnya.

Memanen Energi Untuk Industri Dari Sekam Padi

June 18, 2022
Peresmian Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi

Setiap kali membicarakan mengenai Renewable Energy, aku selalu teringat Ibu Endah. Beliau adalah dosen pembimbingku saat kuliah di IPB. Di tingkat 3, aku mengambil konsentrasi energi untuk studi S1 ku. Aku masih ingat saat praktikum menghitung energi dari pembakaran sekam di lab Leuwikopo bersama Ibu Endah dan Ibu Dyah. Siang-siang berjemur dan bebakaran, luar biasa memang ya. Dulu kami bebakaran sekam menggunakan drum sebagai peraga boiler. Setelah lewat satu dekade, ternyata konsep ini akhirnya aku tahu ada industri multinasional yang barusaja menerapkannya. Danone SN Indonesia bekerjasama dengan BECIS untuk memanfaatkan energi terbarukan dari Boiler Biomass yang berbahan baku sekam padi, sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 32%.

[Review Buku] Kopi dalam kebudayaan Sunda

May 16, 2022
kopi dalam kebudayaan sunda

Sebelumnya aku tidak terpikir kalau suatu hal bisa mempengaruhi budaya sebuah wilayah secara masif. Mulai dari bahasa, pembagian wilayah geografis, kuliner, hingga kesenian. Aku mempelajari per kopian beberapa tahun sebelum era-nya film Filosofi Kopi. Saat itu aku sedang menyusun tugas akhir kuliah yang membahas teh, LOH KENAPA JADI KOPI? Karena ya nyerempet-nyerempet kesana ujung-ujungnya. Buku Kopi dalam kebudayaan Sunda merupakan teman asyik untuk ngopi. Kurasa, sudah selayaknya ada di setiap kedai kopi sih.

10 Top Lessons Dari Buku "The Psychology of Money"

April 19, 2022
review buku the psycology of money

Morgan Housel sebagai penulis buku 
The Psychology of Money membuat 19 cerita pendek. Setiap cerita pendek yang ada di dalam buku ini selalu berkaitan dengan hubungan uang dan manusia. Baik itu hubungan baik maupun buruk. 

Cerita Asli Nonton MotoGP Mandalika Lombok

April 10, 2022
Cerita Seru dan Original Pengalaman Nonton MotoGP Mandalika

Aku bukan fans MotoGP, tapi ketika diberi kesempatan yang sebenarnya bagian dari kerjaan…ya tentu tidak menolak. Sebelum membaca lebih lanjut, ini perlu kutegaskan di awal bahwa aku ke Mandalika itu karena penugasan kerjaan yah bukan karena terlalu selo hehehe. Karena lumayan loh itu 4 hari di Lombok. Tahun 2018 tepatnya beberapa bulan sebelum gempa dahsyat menghantam Lombok, aku sempat punya keinginan untuk ikut open trip ke Rinjani. Tripnya itu buat hunting foto drone, seru kan? Nah sayangnya gempa tuh,,yaudahlah yah kapan-kapan. Eh ternyata Tuhan menyimpan takdirku melihat Rinjani secara langsung, untuk 2022 lewat event MotoGP. Jadi, ngapain aja sih selama rangkaina acara di Mandalika?

5 Tips Pergi Wisata dengan Nyaman Menggunakan Kereta Api

February 15, 2022

tips wisata dengan kereta

Akomodasi transportasi darat kereta api merupakan salah satu moda transportasi favorit, yang banyak dipilih oleh banyak orang untuk bepergian. Di Pulau Jawa sendiri, kereta api bisa dibilang sebagai salah satu pilihan transportasi darat yang nyaman, namun dibanderol dengan harga terjangkau. Bagi kamu pengguna setia moda transportasi kereta api, tentu kamu bisa merasakan perubahan fasilitas yang jauh lebih baik, nyaman, serta aman sebagai pilihan jalur darat jarak jauh.

Review Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum

February 07, 2022

Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum

Selama 1 tahun ke belakang ini alhamdulillah kulitku nggak aneh-aneh. Mungkin karena sekarang kerjaanku ngga mengharuskan di ‘alam terbuka’ atau area berdebu seperti dulu. Selain itu, kurang lebih 7 bulan ini ruanganku terpisah dari orang lain (1 room gitu) yang membuat aku nggak maskeran juga nggak masalah. Meski kulitku nggak rewel, bukan berarti aku abaikan. Skincare-an jalan terus, dan kali ini aku lagi nyoba serum Skintific.

5 Tips Mencari Perumahan Murah di Bandung yang Tidak Murahan

February 01, 2022

5 Tips Mencari Perumahan Murah di Bandung yang Tidak Murahan


Bandung memang selalu menawarkan berbagai kejutan dan hal-hal indah. Banyak pemandangan dan tempat wisata menarik yang sayang jika dilewatkan jika kamu mendatangi kota ini. Selain itu, wisata kuliner Bandung pun menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dicoba. Kamu yang berniat untuk hidup dan menetap di Paris Van Java ini bisa mulai dengan mencari via internet dengan mengetik kata kunci seperti
perumahan murah di bandung

Manifest Series Netflix terkeren 2022, Menunggu Season 4

January 25, 2022



Oke, kita mulai dari mana ya? Hemm,,,sebenarnya aku tidak biasa nonton series apalagi yang sampai 3 season. Biasanya sih, mandeg di season 1, sudah. Tapi,,,yang terjadi dengan Manifest adalah aku sampai follow para cast nya dan nggak sabar nunggu season 4. Series apa sih Manifest itu?

Cerahkan Kulit Secara Optimal, Ini Segudang Manfaat Scarlett Whitening Shower Scrub

January 21, 2022

Cerahkan Kulit Secara Optimal, Ini Segudang Manfaat Scarlett Whitening Shower Scrub


Shower Scrub menjadi salah satu produk perawatan kulit yang membantu mengeksfoliasi kulit tubuh setiap harinya. Ini mampu mengangkat sel sel kulit mati dan membantu proses regenerasi kulit secara menyeluruh.

Salah satu yang bisa anda pilih adalah produk Scarlett Whitening varian Shower Scrub. Seperti apa manfaat Scarlett Whitening Shower Scrub? Simak informasi berikut!

Kenali Tipe-tipe Bus di TRAC Sebelum Menyewa

January 18, 2022

Rasanya selalu bergetar kalau pas lagi di jalan tol, disalip bus TRAC. biasanya tuh busnya mulus-mulus dan gagah. ternyata setelah ngulik lebih dalam, wow ada tipe bus luxury yang mewah banget. Akhir tahun 2021 kemarin, hampir setiap hari di grup whatsap ada saja yang menanyakan tentang dimana menyewa bus. Dari grup wa SMA hingga kantor, akhir tahun memang musimnya orang jalan raeman. Ada yang piknik departemen, rombongan ziarah, hingga kondangan, bikin bus laris-manis. Nah, dari pengalaman itu aku jadi tahu kalau ada TRAC yang ternyata menyewakan aneka rupa jenis bus.

Auto Post Signature

Auto Post  Signature