Tentang Pembersihan Karang Gigi (Scalling)

December 09, 2015
Sesering apa kamu membersihkan gigi? 2 kali sehari pagi dan malam ya pakai sikat? Kadang kita jadi merasa risih kalau pas ngaca melihat ada karang gigi. Itu tuh yang hitam-hitam biasanya di wilayah perbatasan antara gigi dan gusi. Selain mengganggu penampilan, karang gigi juga berbahaya lho buat kesehatan mulut kita. Jadi minggu lalu saya sempat posting tentang Desember wish list yang salah satunya berisi rencana ke dokter gigi. Ternyata kok banyak yang ingin tahu tentang scalling atau pembersihan karang gigi yang saya lakukan secara rutin.


scalling, pembersihan karang gigi, biaya scalling, proses scalling, manfaat scalling, mencegah karang gigi

Karang gigi
sisa makanan yang nyelip di gigi dan nggak dibersihkan dengan benar ternyata menyebabkan karang gigi. “Aku sudah sikat gigi kok” yakin nggak sih cara melakukannya benar? Nyatanya gitu..apalagi gigi saya ini ada gigi gingsul. Posisi pangkal giginya lebih ke atas dibanding gigi lain, jadilah kalau nggak cermat..habis sikat gigi merasa belum bersih aja. Karang gigi banyak ditemukan di geraham juga. Coba deh sekarang ambil kaca, cek gigi sendiri..hhihiii. awalnya warnanya kuning, lalu cokelat muda, cokelat tua...paling parah menghitam.

Kenapa harus membersihkan karang gigi (Scalling)?
Kalau kamu menemukan karang gigi, segera bersihkan. Pakai sikat gigi? Enggak dong..sudah jadi karang perlu bantuan dokter gigi. Kalau engga? Jika karang gigi nggak dibersihkan, dia akan menyebabkan peradangan pada gusi, merusak jaringan pendukung gigi, dan pastinya kalau gigi sudah ditempeli karang...gigi jadi gampang berlubang dan menjadi tempat bakteri. Aduh..ternyata karang gigi serem ya.

Dulu saya abai dengan karang gigi. Pertama kalinya melakukan pembersihan karang gigi ini pada saat kuliah. Waktu itu gigi geraham sudah keropos banget dan harus ditambal. Sebelum ditambal, dibersihkan dulu dong ya. Mulai dari itu, rutin deh scalling paling engga 6 bulan sekali.

Biaya pembersihan karang gigi (scalling)
Tiap mau scalling, pasti ditanya sama petugas medisnya “sudah mantap? Maaf, ini biayanya ditanggung siapa ya?” heheh...kok ditanya gitu sih. Karena scalling di rumah sakit swasta seperti yang biasa saya lakukan itu mahal. Kalau engga ditanggung perusahaan sih mendingan di puskesmas deh, meski fasilitasnya pasti beda. Di rumah sakit swasta, biaya pembersihan karang gigi sekitar 200 ribu – 500 ribu rupiah. Setara lah ya sama biaya facial di skin care ternama...ahayy. Jangan khawatir, kalau di puskesmas kurang dari 100 ribu kok. Yang penting kan tetep dokter gigi yang nanganin.

Proses pembersihan karang gigi (scalling)
Kalau kata teman saya “aduhh..ngeri banget scalling itu ternyata..masa gigi digerinda”..hahaha itu lebay. Memang alat scalling itu bikin ngeri, tajam..mengkilat..berdesing..aaaak. Tapi saya menikmatinya, yang susah ditolerir justru obat yang dingin itu..mungkin bius lokal. Durasi scalling berbeda-beda tergantung tingkat keparahan karang giginya. Kalau saya sih biasanya nggak sampai setengah jam. Yang lama malah antre nya...dokter gigi kan larisss maniis.

Scalling nggak sengeri yang dibayangkan, yang penting kita nyaman...relaks..kalau tegang malah nyusahin dokternya. Makanya, di ruang dentist ada tivi gitu yang menghadap ke pasien biar dia fokus ke tivi.

Mencegah Karang Gigi
Sudah tahu kan, kalau scalling itu mahal dan karang gigi itu bahaya? So...yuk ah bersihin giginya dibenerin. Nggak harus kenceng saat menyikat gigi,  kata dokter. Yang penting rata, dan rajin. Terutama nih yah..sebelum tidur. Kalau habis makan, berkumur-kumurlah. Kumur pake jus? Jangan....dong. kumur pakai air putih biar sisa makanannya kabur.

Masih nggak aware sama gigi? Jika wajah adalah sebuah rumah..maka gigi adalah pintunya. Berani senyum 5 sentiiiiii....
Baca juga: Manfaat menambal gigi




41 comments on "Tentang Pembersihan Karang Gigi (Scalling)"
  1. Jadi berasa nyambung nih, baru 3 hari yang lalu saya menyelesaikan proses tambal gigi, ternyata menambal gigi itu prosesnya lama, sampe 3 minggu karena proses peambalan dibagi 3 tahapan. Dan emang bener lho, buat saya juga yang paling berkesan itu bukan saat gigi dibor (walau sebenernya horor juga, sih), tapi saat gigi disemprot pake cairan dingin itu, ngilunya sampe menusuk-nusuk kenangan masa lalu *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma ngilu..tapi kalau masuk tenggorokan..beuh..takut 'jeckpot'

      Delete
  2. Aku trauma sama scaling, karena habis scaling selalu ketauan mana aja yang bolong. Beh!

    Aku scaling di RS UGM. Klo yg nanganin dokter/dosen (klo ga salah) Rp 150.000 sekali kunjungan. Klo mahasiswa co-ass setengahnya. Sama-sama bersihnya, tapi co-ass lebih lama ngerjainnya. Sekali-kali buat latihan mereka lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...habis scalling pasti jadi keterusan deh perawatan gigi

      Delete
  3. baru aja ngerasain yang namanya scalling di umur 32 tahun, baru banget. itu juga ke dokter gigi karena sakit gigi, stlh trakhir kali ke dokter gigi itu waktu cabut gigi pas SD. Skalian di tambal yang bolong, skalian di scalling, pas bayar shock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun mbak..pas pertama. shock banget..

      Delete
  4. mbak makasih udah sharing pengalaman scalling, sakit gak mbak? soalnya seniorku di kantor ada yang mau scalling tapi takut sakit. gigi gerahamku dulu juga ada yang berkarang, pas aku masih SMA, dan gak tau kalo itu karang XD pantesan keropos parah sampe pecah jadi dua dan akhirnya dicabut, nggak lagi-lagi deh cabut gigi. sekarang aku jadi lebih rajin ngerawat gigi *gigiku gampang berlubang* *sigh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sakit sama sekali kok di giginya. Sakitnya ngelihat struk pembayaran...haha.

      Delete
  5. aku prnh bershin karang gigi, tp gk tau namanya apa, ...bukn scalling tp deh kyaknya, soalnya murah *yaiyalh murah la wong di puskesmas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. scalling mba kalau pakai alat yang muter-muter itu hehehe. emang murah kalau di puskesmas kok...

      Delete
  6. aaaaaaaaaaaaaa tar sore ini aku mau ke dokter gigi, perawatan ketiga..tapi bukan scaling sih, cuma tambal permanen hehehhe
    pembersihan karang gigi tu ga boleh dianggap enteng ya, aku jadi korban ni, satu geraham jadi keropos gegara plak yang mengeras huhu...kapok aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi biasanya sebelum ditambal di scalling local dulu Nit

      Delete
  7. ada tambal gigi tubles gak ya mba? :) gigi akau udah tanggal 2.

    Dengan merawat gigi secara berkala insya Allah gigi selalu cantik dan sehat

    ReplyDelete
  8. aku rutin bersihin sejak kuliah rul... kuatir bolong sakitnya ampun... dulu via klinik kampus jadi muyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu di klinik kampus mah gratis kayaknya malah...hiiihhii

      Delete
  9. aq bersihin gigi, malah jadi ompong
    orang giginya dibersihin sampe kgk ada

    ReplyDelete
  10. Aku mestinya scalling nih. Sudah janjian sama dokter puskesmas aku. Tapi selalu saja ada halangan. Minggu depan...wajib :)

    Thanks sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  11. Suka ga tahan lama Kalo disini sekali ditambal pada akhirnya hancur dan hilang alias ompong hihi.. Kata dokter daya kunyah tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tambal permanen? kalau permanen itungannya tahun mba ilangnya. atau habis nambal makan ? saran dokter habis nambal 2 jam ke depan jangan makan dulu

      Delete
  12. Suka ga tahan lama Kalo disini sekali ditambal pada akhirnya hancur dan hilang alias ompong hihi.. Kata dokter daya kunyah tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh itu tambal sementara mungkin mba. dan kalau habis nambal, jangan malan dulu ya 2 jam

      Delete
  13. Aku juga rajin scalling mba, lumayan dicover sama kantor suami jadi rajin banget ke dokter gigi hihihi...

    Kalo habis scalling jadi rajin senyum-senyum #eh. Btw, kemarin kena berapa scallingnya? biasanya saya 300 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. scalling aja biasanya 300an. karena sama nambal, jadi 500.,.

      Delete
  14. Ini sekali langsung bersih apa harus beberapa kali? soalnya Gigi saya ada yang itemnya.

    ReplyDelete
  15. Ini sekali langsung bersih apa harus beberapa kali? soalnya Gigi saya ada yang itemnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sekali dateng...nanti 6 bulan lagi bersihin lagi mba

      Delete
  16. Apa disetiap pukesmas bisa scalling? Kalau pukesmas desa kira2 ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. puskesmas kecamatan mungkin ya...semoga bisa mba. tapi ngga smeua puskesmas fasilitasnya ada. saya pernah sih...

      Delete
  17. Ikutan komen,tadi berkunjung ke poli gigi rsud niatnya konsul masalah sariawan. Eh sama dokternya ditawarin scalling. Awalnya sih ragu2 pas liat alatnya. ternyata gak sakit. Btw, banyaknya karang yg dibersihkan pengaruh harganya kah? Tadi 1 geraham bawah habis 80rb. Pengen atas sekalian,cuman terbatas durasi,.

    ReplyDelete
  18. Mau tanya dong, kalo nambal gigi prosesnya lama gak sih? Soalnya saya pernah hampir disuru 6 kali balik

    ReplyDelete
  19. kebetulan habis scalling bulan lalu, habis 350k di dokter gigi, selain itu juga konsultasi soal radang gusi yg bikin gusi gak beraturan bentuknya. .

    scalling aslinya enak, cuman ngilu aja pas di gigi sensitif, sakit sih nggak. .

    ReplyDelete
  20. Bumil boleh nggak ya bersihin karang gigi. Kalau nggak boleh ya nunggu abis lahiran aja deh. Karena 4-5 bulan pertama kehamilan suka muntah kalau sikat gigi, jadi berasa kurang sreg aja. Abis lahiran pengen bersihin karang gigi.

    ReplyDelete
  21. Punten, mau koreksi spelling. Yang betul adalah scaling (skeling). Bukan scalling (skoling) :D :D

    ReplyDelete
  22. baru minggu kemarin cobain scaling di OMDC mampang . awalnya takut dan tegang tp krn tmptnya cozy ,full music dan serba pinky jd berkurang takutnya .. pas penanganan ternyata ga gtu sakit cm ngilu2 nagih gtu. wkwk.. sampe berdarah dikit. krn udh agak parah .. next 3 bln lg check up. jd ketagihan euy ..

    ReplyDelete
  23. First time ke dokter gigi... gemeter gimana gitu 😁😁😁. Tapi nyesel .kenapa dari dulu ngk rawat gigi ke dokter gigi. Sekarang udh gede rasain sakit gigi mengganggu aktifitas tuh weeeh bgt rasanya. Baru aja nambal gigi.mau nambah lg 1 ,nyabut gigi , scaling dan whitening . Kalau duitnya kuat yah ...wkwkwk. satu satu dulu.baru dwh mau rajin cek up gigi. Karna udh sakit tuh ..beuuuh tak tahan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature