Year In Review Blog 2016

December 23, 2016
Sudah masuk sepuluh hari terakhir di 2016, saatnya untuk mereview semuanya termasuk soal blog ini. Kemarin sempat mencuit di twitter untuk membuat blog innnayah ini sesantai mungkin. Maksudnya, ya apa adanya...tapi tidak meninggalkan profesionalitas. Kalau kata Bandung Diary mah, do not overthinking. Iya sih, pengennya di 2017 saya tetap berbagi hal-hal santai dan bermanfaat. Kebetulan tadi pagi saat blog walking, mbak Lusitris berbagi soal prediksi tren blogging 2017. Beliau memang pemantau setia akun twitter blogelevated seperti saya, hihiii. Saya sepakat dengan komunitas blogger luar itu yang kebetulan juga sejalan dengan pemikiran saya kemarin untuk ‘santai’ dalam ngeblog.
prediksi blog 2017, review blog 2016

2016 ngapain saja di blog

Tahun ini saya mulai serius dalam hal teknis maupun networking. Hari-hari saya pun berubah, ini serius lho. Selalu ada hal baru termasuk drama-dramanya hahaha yang berkaitan dengan dunia perbloggeran tanah air.

Alhamdulillah, job review mengalir lancar...begitupun dengan endorsement di instagram. Iya, saya serius menjadi instagramers mulai bulan Juni 2016. Hahaha setelah kenal komunitas foto instagram dan teman-teman asyique di sana. Meski begitu, saya sadar...masih new bie. Oiya, kalau kamu mau kerjasama dengan saya di blog maupun socmed lain bisa cek media kit di laman WORK WITH ME

Soal lomba, cukup menguras hati sih.  Secara persaingan blogger makin ketat, hahaha. Lombanya banyak, alhamdulillah beberapa nyantol...dan sebagian besar gagal.

Analytics blog 2016

Setelah dilakukan pengecekan melalui google analytics, blog ini lumayan juga viewernya di 2016. Yaiyalah, kan sudah gabung komunitas sana-sini...dan mencoba lebih memaksimalkan konten, ya kan? Share sana sini, pasti ada peningkatan.

Rentang usia viewers terbanyak adalah 25-34 tahun. Eh, yang bikin takjub mah lebih dari 50% nya pria lho hihii. Kok bisa? Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut ke artikel favorit...ya nyambung sih. Memang artikel bertema How-to menyedot animo pengunjung. Yang begitu-gitu kan cowok kebanyakan yang suka.

Oiya, jadi catatan juga nih...rata-rata tayangan laman blog ini 3 menit per artikel. Ada lho yang 6 menit. Itu biasanya adalah postingan yang ada videonya atau banyak foto bagusnya hahaha.

Postingan Paling Ramai di 2016

Jadi, postingan-postingan lama pun masih ada lho yang nyangkut di postingan favorit pengunjung. Ini adalah 7 teratas ya:

Tulisan ini saya buat berdasarkan sharing bersama teman-teman Blogger beberapa bulan lalu. Kami membahas soal keamanan bersosial media.

Pengunjung: 3943

Pasti deh semua orang nungguin seri terakhir dari supernova yang sudah 15 tahun ditulis oleh Dewi Lestari, termasuk saya. Makanya baca novel ini cepet banget meski tebel hahaha. Habis baca langsung nulis biar ga kelupaan.

Pengunjung : 4944

Saya menulis ini iseng saja sih, karena memang biar ingat sensasinya haha. Banyak yang takut karena khawatir sakit maupun biayanya.

Pengunjung: 6240

Ini bukan postingan berbayar, saya juga menulis karena benar-benar suka dan cocok pakai lipstik ini.

Pengunjung: 11382

Ini sebenarnya postingan masih baru banget lho, ditulis pas mudik 2016 kemarin. Real pengalaman ngirimin motor lewat kereta ini bikin banyak orang nanya japri ke saya. Bahkan pernah ada yang nelpon. Iya, beberapa kali ada yang nelpon saya entah mau ngirim kasur ke Jember lah...mau ngirim apa lah. Hahaha..jadi saya dikira membuka jasa pengiriman.

Pengunjung: 13521

Tulisan ini saya buat karena kesel banget sama browser yang jadi ada CSE nya. Nyari tutorial kesana kemari dapetnya Inggris semua, yaudah deh nulis versi Indonesia berdasarkan pengalaman sendiri. Ada videonya juga yang saya buat spontanitas di pabrik wkwkwk jadi ada suara mesin gitu.

Pengunjung: 30279

Bisa dibilang ini postingan amazing. Ditulis tanpa SEO, tanpa niat biar jadi viral, dan..lihat tahunnya? 2013. Hahahha.

Cuma gambar aja isinya, tapi mungkin orang Indonesia pada iseng kali ya hahaha...penasaran sama jawaban tebak-tebakan. Bahagia itu sederhana.

Pengunjung: 33591

Ngeblog Secara Otentik

Seiring dengan perkembangan pribadi penulisnya, ahhaha dan tentunya perkembangan dunia blogging...banyak hal yang lari dari maping awal. Sudah lama ga nulis fashion dan jomblo story...juga film. Sekarang lagi suka berbagi tentang teknologi. Oiya sebenernya sering juga kan nulis traveling? Tapi kok pengunjungnya ngga seheboh nulis how to ahahah.

Intinya mah, jangan dibawa pusing. Ikutin aja minat yang terus berkembang ini. ngeblog sesantai dan seotentik mungkin. Kalau kata blogelevated itu, blogger harus terlihat sebagai manusia. Makin otentik diri kita, makin disuka pengunjung. Ya wajarnya manusia gimana sih, yang nggak sempurna. Human touch lah bahasa kerennya itu.

Seleb makin banyak, dan interaksi dengan visitor makin berkurang. Ya, kalau level saya mah masih sempat balas komen blog sama instagram kan? Hihii tenang saja.

Selamat menata 2017 lebih awal ya. selamat liburan juga. Happy blogging, happy sharing.



29 comments on "Year In Review Blog 2016"
  1. Ehehehe jadi pengen bikin postingan kayak kak innayah ini..
    eh iya loh instagramnya makin kece... Ala ala instagrammer pro :D

    Aku juga kak, kalau di posting yang how to how to gitu makin banyak yang cari. Kemarin aku juga bikin postingan tentang tutorial bikin origami kusudama flower, ternyata banyak jg yang cari.

    EH .... gimana sih caranya main google analytics ? :D
    Masih kurang paham soal perbloggeran yang begitu gitu, karena terlalu santai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sign up shay. Tutorialnya dah banyak. Ini tool wajib punya

      Delete
  2. Blog mu berkembang dan konsisten sekali. Semoga tambah sukses ya di tahun 2017 :)

    ReplyDelete
  3. kamu kereeeeennnn banget peningkatannya... kan aku ngikutin blogmu sejak masih belum TLD, jadi tau banget peningkatannya kayak apa. Kok aku masih gini2 aja yaa -_-

    ReplyDelete
  4. mbaknya udah nggak jomblo lagi ya makanya jarang bikin jomblo story :( #baper
    semoga sukses juga di tahun berikutnya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah karena keseringan pas wikend malah jalan jalan

      Delete
  5. Ciri anak muda sukses. Punya target dan konsisten. Jaman sy seusia km ngapain aja yaa....hahaha

    ReplyDelete
  6. Kereeen bgt mba Nay, yg baca banyaaaakkkk.. :D Iya jg ya makin otentik, makin ada ciri khas jd bisa makin disukai.. noted :)

    ReplyDelete
  7. iya kaka, kalau iseng malah viral/paling tinggi pvnya, kalau diniatin malah ngga yaa..

    ReplyDelete
  8. Mbak Nai...keren... jobnya lancar jaya. Setuju mba...Human touch... jadi pengingat diri..

    ReplyDelete
  9. Sama mbak, dulu pas masih single nulisnya tentang murid dis ekolah dan keseharian. Sekarang setelah ada bayi beda lagi, hampir semua tentang emak dan bayi. Wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Duh senang banget lihat pageviewnya banyaak bangeeettt
    Alhamdulillkah moga tahun depan makin mau ya :)

    ReplyDelete
  11. Ya ampuuyn, tebak nama kota? Emeijiiiing emang orang Indo ini hahahaha, nay telolet nay telolet *halaaaah :))))))

    ReplyDelete
  12. Wah...perkembangan blog mu termasuk yang patut diacungi jempol, dek. Prestasimu kian hari kian berkilau (beneran nggak bohong).
    Aku jadi pengen niru semangatmu update, baik blog maupun IG. Semoga tahun depan makin berkilau ya, tulari aku juga :D

    ReplyDelete
  13. Keren kamu kakaaaak.. Aku kadang klo liat analytics blog malah dag dig duer daia, hahaha.

    ReplyDelete
  14. Keren Nay pencapaian PV per masing-masing post itu. How to memang akan selalu menarik untuk dibaca. :D
    Semoga 2017 jadi tahun yang lebih baik lagi untuk ngeblog ya.

    ReplyDelete
  15. Waktu pindahan ke blog baru, aku pun sempat mikir apa nulis aja ya kaya blog2 lain pada umumnya? Tapi kok nggak semuanya sesuai di aku, akhirnya diputuskan tetap menulis sesuai subjek yang diminati saja sambil tetap santai nggak menggebu-gebu hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature