Top Social

Panduan Naik Kereta Api Jarak Jauh Di Masa Pandemi

September 15, 2020

PCR swab test jakarta

Rasanya excited banget setelah sekian purnama aku engga menyambangi stasiun kereta dan melakukan perjalanan kereta api jarak jauh. Sebelum corona, hampir seminggu sekali tiap akhir pekan berkereta api. Memasuki bukan September aturan ketika naik kereta api sudah semakin mudah, pun dengan pilihan keretanya semakin banyak. Bisa dibilang, mendekati normal. Hanya saja, sekarang ini ada yang berbeda sedikit. Aku akan bagikan pengalamanku kemarin naik kereta api jarak jauh.


Surat bebas Covid 19 berupa rapid tes atau PCR


Untuk kereta api jarak dekat misalnya Joglosemarkerto, Kaligung, yang diperlukan surat sehat saja. Atau surat bebas influenza dari puskesmas atau klinik. Tapi untuk kereta jarak jauh, harus ada hasil test rapid test atau PCR Swab. Jika di daerahnya tidak bisa tes, maka boleh pakai surat bebas influenza saja.

Tapi kalau mau yakin dan proper sih sekalian saja rapid test atau PCR swab ya. Lagipula masa berlakunya lumayan nih, bisa 14 hari. Untuk Rapid test sudah bisa dilayani di stasiun-stasiun besar semacam Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Bandung, Tugu, Madiun, dan Surabaya. Harganya lumayan murah ya, yaitu 85ribu rupiah. Nah, kalau kamu mau PCR sayangnya harus cari sendiri karena KAI belum menyediakan.

Untuk PCR swab test Jakarta sih pilihannya banyak banget. Dan bisa atur janji pakai aplikasi Halodoc. Jadinya meminimalisir kontak harus kesana kemari. Kita datang sesuai dengan yang kita pilih di aplikasi saja. Halodoc bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit dalam penyediaan tes cepat (rapid test) dan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau yang lebih dikenal dengan swab test  COVID-19. Melalui kolaborasi ini, masyarakat umum bisa dengan mudah memesan paket layanan kesehatan dan tes COVID-19 secara online melalui aplikasi Halodoc.
halodoc pcr test covid

PCR tidak hanya berguna buat naik kereta, pesawat juga mensyaratkan ini. Selain itu, PCR swab juga metode yang sampai saat ini dinyatakan paling akurat untuk mendeteksi keberadaan virus corona. Jadi, memanglah penting jika secara rutin kita melakukan tes ini terutama jika interaksi dengan public cukup tinggi. Kalau lihat harga PCR swab test Jakarta via aplikasi Halodoc sih ada yang di bawah 1 juta.


Masker

Tentu saja kemanapun kita harus pakai masker. Alhamdulillah sekarang kesadaran masyarakat sepertinya sudha mmulai meningkat, khususnya bagi mereka yang sehari-hari memang kontak dengan bayak orang. Sepertiku nih, dari pagi sampai sore harus pakai masker bedah. Awalnya ya merasa ga nyaman, sekarang malah kalau engga bermasker merasa ada yang kurang.
face shield kereta api


Desain masker juga sudah beragam banget, dengan harga yang udah engga segila pada awal corona. Kita bisa memilih yang paling nyaman dan tentunya tetap punya impact bagus. Untuk setiap penumpang kereta jarak jauh, saat ini disediakan face shield juga secara gratis oleh KAI.

Baju panjang

Jangan lupa untuk mengenakan baju panjang saat dalam kereta api ya demi mengurangi kontak fisik langsung dengan orang lain.

Hand sanitizer

Meski di kereta ada hand sanitizer, menurutku akan lebih enak kalau bawa sendiri. Dalam kereta jarak jauh pastinya kita akan menggunakan toilet, atau malah memesan makanan di gerbong restorasi, harus memegang permukaan yang sudah dipegang orang lain dan sebagainya. Demi kenyamanan dan keamanan bersama sih, sering-sering saja membersihkan tangan.

Itu pengalaman yang bisa aku sampaikan terkait persiapan untuk naik kereta jarak jauh. Aku melakukan perjalanan ini juga untuk keperluan mendesak yang tak dapat diwakilkan, jika tidak urgent sebaiknya di rumah saja ya.
2 comments on "Panduan Naik Kereta Api Jarak Jauh Di Masa Pandemi"
  1. Memang ya untuk traveling di musim pandemi harus hati-hati banget, soalnya Corona masih dimana-mana jadi buat takut dan kepikiran. Aku juga sudah ngga sabar pengen keluyuran seperti dulu lagi. Semoga wabah ini cepat usai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn benar sekali, kalau engga kepepet sebaiknya jangan ketemu banyak orang dulu

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature