Jangan Lewatkan 5 Hal ini Saat Memilih Pinjaman Online

September 03, 2020
pinjaman online aman tanpa agunan

Tahun lalu hectic banget nih bulan-bulan ini. Baru pindahan, baru masuk kuliah, mobil sempat masuk bengkel, pun dengan urusan pribadi yang mengharuskan selalu keluar kota. Pada suatu titik aku akhirnya menggunakan pinjaman online saat uangku tersisa hanya 50ribu di ATM. Alhamdulillah selama pakai dan insyaAllah bulan depan selesai, enggak terjadi hal yang aneh-aneh kok. Aku mau bagi tips nih dalam memilih pinjaman online berdasarkan pengalamanku ya.

Pinjaman online serem engga sih?

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah “pinjaman online”? Apakah sentimennya negative? Heheh, semenjak banyak kasus pinjaman online yang bermasalah kesan terhadap fintech agak kurang enak. Padahal pinjaman online sebenarnya dibuat untuk menjembatani kebutuhan konsumen dengan kemudahan dalam mendapatkan  maupun melunasinya. Seperti Tunaiku, yang tanpa agunan dan tanpa kartu kredit. Pengajuannya tidak usah menunggu jam kantor, karena buka 24 jam secara online. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih kamu cukup mengisi formulir maksimal 10 menit saja loh.

Tips Memilih Pinjaman Online

Pilihan pinjaman online sekarang banyak banget loh, bahkan ada yang dikhususkan untuk segmen tertentu. Misal pinjaman online untuk biaya Pendidikan, untuk belanja bulanan, hingga traveling. Karena pilihannya banyak ini, kamu musti cermat. Jangan sampai bukannya terbantu malah terbelenggu.

1. Terdaftar OJK

Cek terlebih dahulu apakah penyedia pinjaman online tersebut terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu patut mencurigai keamanannya jika menemukan penyedia pinjaman online yang belum terdaftar OJK. Kalau pelopor fintech macam Tunaiku yang sudah berkecimpung sejak 2014 sih pastinya ada di OJK. Tunaiku adalah produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

2. Perhitungan Bunga Jelas

Jelas gimana? Jelas ringan sih maunya kita ya, tapi jangan lupa juga missal telat bayar bunganya seberapa. Dan kalau mau lunasin dipercepat bunganya ikutan dilunasi atau engga. Masih bingung? Kamu harus mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu.

3. Memiliki Kontak Yang Jelas

Ini penting banget, kalau misalnya dia terdaftar di OJK ya seharusnya punya website resmi atau aplikasi nya juga malah di smartphone. Fungsinya agar kita sebagai konsumen mudah kalau mau ngapa-ngapain. Coba saja cek website resmi Tunaiku. Kurang lebih seperti itu ya, nampak professional. Selain itu kontak call center juga penting loh, harus 24 jam. Dan yang tak kalah penting punya alamat kantor pusat yang jelas.

4. Cek benefit

Saat membandingkan antara satu pinjaman online dengan pinjaman lainnya, coba cek juga benefitnya. Apakah misal bunga ringan, tanpa denda, atau malah seperti Tunaiku. Di sini Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

5. Prosedur Penagihan

Kita pasti takut banget kalau misal amit-amit telat bayar lalu sampai ditagih dengan cara memalukan seperti di berita-berita. Teror lewat notifikasi aplikasi masih bisa ditolerir sih daripada jika debt collector yang meneror ke teman dan kolega kita. Hal ini barangkali tidak ada di kontrak pinjaman, tapi sebaiknya ditanyakan langsung ke customer service sebelum memastikan kamu akan mengambil pinjaman online yang mana.

Itu adalah 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih pinjaman online. Pinjaman online yang aman dan terpercaya akan membuatmu terbantu bukan malah terbelenggu.
2 comments on "Jangan Lewatkan 5 Hal ini Saat Memilih Pinjaman Online"
  1. Alhamdulillah ya nek pinjaman online ternyata memudahkan dan nggak seserem yang dibayangi hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature