Cara Mencegah Dengkul Berwarna Gelap

February 23, 2021

cara mencegah dengkul berwarna gelap

Kondisi dengkul berwarna gelap merupakan hal yang normal dialami hampir setiap orang. Tak jarang, hal ini juga menjadi salah satu faktor seseorang menjadi kurang percaya diri.


Kondisi dengkul berwarna gelap dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut, yaitu paparan sinar matahari berlebih, kulit kering, hiperpigmentasi, faktor genetik, hingga gesekan yang sering terjadi pada permukaan kulit.

Jika hal ini dirasa mengganggu penampilan Anda, simak beberapa cara memutihkan dengkul dan mencegahnya berwarna gelap yang dapat Anda ikuti di bawah ini.

 

  1. Memilih pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh anda

Gesekan yang terjadi pada kulit dengan pakaian merupakan salah satu faktor yang dapat membuat area dengkul berwarna gelap. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang sesuai dengan tubuh Anda untuk mencegah hal ini terjadi. Jika Anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat, hal ini tentu membuat gesekan lebih sering terjadi sehingga berpotensi membuat area dengkul berwarna gelap.

 

  1. Gunakan tabir surya

Hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari juga menjadi faktor yang dapat membuat kulit area dengkul Anda berwarna gelap. Untuk mengatasi hal ini, menggunakan tabir surya adalah langkah yang tepat Anda lakukan ketika beraktivitas di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

 

  1. Menjaga kondisi kulit tetap lembap

Kulit kering juga merupakan salah satu penyebab dengkul berwarna gelap. Hal ini dapat Anda atasi dengan memilih produk perawatan kulit dengan kandungan yang melembapkan, seperti coconut dan olive oil.

 

Selain itu, pilihlah krim pelembap dengan kandungan mencerahkan. Dikutip dari laman Momslyfe, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mencerahkan dengkul, seperti, kunyit, lemon, jeruk, kedelai, dan timun.

 

  1. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Mencegah dengkul berwarna gelap dapat dilakukan dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Anda dapat membeli produk yang sudah tersedia di pasaran atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami yang terdapat di rumah anda.

 

Beberapa campuran bahan untuk mengeksfoliasi kulit dengkul yang dapat Anda buat sendiri di rumah, yaitu oatmeal + madu, olive oil + gula, dan kunyit + susu + gula.

 

Eksfoliasi yang Anda lakukan secara rutin akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di tubuh anda. Hal ini akan mempercepat regenerasi kulit baru sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Lakukan eksfoliasi secara rutin maksimal 2-3 kali seminggu saja karena eksfoliasi yang dilakukan terlalu sering malah akan menimbulkan iritasi pada kulit anda.

 

  1. Menggunakan serum

Meskipun penggunaan serum identik dengan skincare wajah, tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk mencegah dengkul berwarna gelap. Anda dapat mengalihfungsikan skincare wajah menjadi bodycare jika tidak terdapat reaksi alergi pada kulit anda. Pilihlah produk dengan kandungan niacinamide atau glutathione untuk mencerahkan bagian dengkul Anda yang berwarna gelap.

 

Itu dia lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dengkul berwarna gelap. Harus Anda ingat kembali, bahwa cara-cara sederhana yang Anda lakukan di atas tidak akan membuat bagian dengkul Anda menjadi putih seketika. Namun, beberapa tips di atas dapat membantu mencerahkan dengkul yang menghitam menjadi setidaknya sama dengan skin tone Anda seperti semula.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature