Kaleidoskop 2021 dan Resolusi 2022

December 27, 2021
Kaleidoskop 2021 dan Resolusi 2022

Bagiku 2021 tergambar sebagai sebuah tahun dengan kelelahan tiada henti sampai aku berucap “apa gini rasanya jadi Avenger?” Tidak ada waktu untuk bersantai, berleha-leha, berjalan dengan pikiran kosong, atau menikmati creambath di salon dengan jiwa raga seutuhnya. Menuliskan postingan ini saja bagiku sudah sangat alhamdulillah, disempatkan diantara keruwetan pikiran. Maaf kalau banyak typo, karena mataku dan punggungku sakiiiiit sekali. Aku selalu menulis kaleidoskop dan resolusi tahunan. Sekarang-sekarang sudah tak seheboh dulu sampai-sampai tiap bulan ada KPI personal ahahah. Dan setiap kali nulis, aku sekalian baca kaleidoskop dari tahun-tahun sebelumnya.


Rasanya Ngantor di Danone Space Jakarta, High Tech Dream Office

December 15, 2021

danone space jakarta
Mau ngegame atau karaoke?

Punya kantor yang lingkunganya respectful mengedepankan kenyamanan namun tetap sangat  professional itu impian sih. Jika selama ini yang terkenal kantornya high tech itu start-up, nah…akum au kaish lihat nih pengalamanku office tour di kantor barunya Danone Indonesia. Siapin saja CV terbaru kamu yah, karena khawatirnya habis baca tulisanku ini, kamu ingin join Danone hehe.

Pencegahan dan Penanganan Kesehatan Bagi Ibu dan Anak Kelahiran Prematur #BICARAGIZI

November 25, 2021
Pencegahan dan Penanganan Kesehatan bagi Ibu dan Anak Kelahiran Prematur


Salah seorang sepupu saya lahir prematur, ibunya mengalami hipertensi saat itu. Berhari-hari sepupu saya di incubator, dokter sempat khawatir. Anak itu kini telah kuliah, menjadi anak yang sehat dan secara intelektual juga lumayan. Sejak lahir hingga remaja tak mengalami skait aneh-aneh, cukup Tangguh. Penanganan anak lair premature harus diketahui oleh para calon orang tua, pun yang tak kalah penting bagaimana mencegah agar tidak terjadi kelahiran prematur.


5 Hari 4 Malam Eksplor Kalimantan Selatan (Itinerary dan Drone view)

October 30, 2021
5 Hari 4 Malam Eksplor Kalimantan Selatan (Itinerary dan Drone view)


“aku dimana, aku dimana?” adalah pertanyaanku pada diriku sendiri setiap kali bangun pagi seminggu setelah pulang dari Kalsel. Otakku perlu beberapa detik untuk sadar bahwa aku sudah kembali, tidur di sofa apartemen, sendirian dan harus segera mandi untuk berangkat kerja. Oh no!!! susah move on begitu saja dari perjalanan eksplor 5 hari 4 malam di Kalimantan Selatan. Tujuan utamanya hunting aerial video pakai drone, tapi yang kudapatkan lebih dari itu.


Cara Tes Potensi Caesar Pada Ibu Hamil

Cara Tes Potensi Caesar Pada Ibu Hamil

Ngilu, adalah kata yang terpikirkan saat mengetahui proses-proses operasi Caesar. Tunggu, aku tidak sedang hamil. Tapi justru dengan belajar dari sekarang, aku jadi punya gambaran lebih luas dari ahlinya tentang segala proses kelahiran Caesar dari sebelum hingga penanganan bayi.


Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

October 05, 2021

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak


Setahun belakangan ini kita makin sadar tentang Kesehatan, dari fisik hingga mental. Salah satu organ yang paling penting bagi kita adalah jantung. Minggu lalu tepatnya tanggal 29 September 2021 adalah hari peringatan jantung sedunia. Melalui hari jantung sedunia tahun ini kita diajak untuk melakukan perubahan pola hidup, untuk menjaga kesehatan jantung orang-orang yang kita sayangi, seperti berkomitmen mengonsumsi makanan yang lebih sehat, beraktivitas fisik lebih baik, berhenti merokok, dan lain-lain. Sebab penyakit Jantung ternyata tidak hanya menyasar kaum manula atau dewasa, bahkan bayi pun bisa. Sudah tahu tentang Penyakit Jantung Bawaan?


Memanen Energi Surya di PLTS Atap Danone Pabrik Mekarsari

September 24, 2021

PLTS ATAP DANONE

10 tahun yang lalu, saya masih di rooftop fakultas teknologi Pertanian IPB untuk praktikum mata kuliah Teknik Konversi Energi Terbarukan. Matkul yang aku suka banget sebenarnya, tapi anehnya nilaiku C ahahha. Aku suka, tapi aku nggak serius malah kluyuran pas mau ujian. Inget banget! oke sudah nostalgianya. Jaman itu, aku masih menganggap PLTS di Indonesia kayak angan belaka. Kalau skala rumah tangga atau yang lampu di pinggir jalan gitu sudah banyak lihat yah. Tapi skala masif? Ternyata di 2021 Danone Indonesia menyadarkan bahwa itu bukan sekadar angan.

SIAPA GURU GEMBUL YOUTUBER ?

September 15, 2021

Tanpa sengaja suatu hari saya menemukan channel guru gembul. Saya kira video fakta biasa, dengan host seorang bapak-bapak berpeci hitam. Ternyata saya salah, video si bapak yang Bernama guru gembul ini 100% ‘ceramah’. Tapi anehnya, saya menyimak sampai akhir tanpa skip 20 menitan. Setelah itu, masih lanjut nonton video yang lain. Siapa sih guru gembul, keren amat kontennya meski videonya nampak seadanya.

Review The Twin Cream eBright Natural and Probiotic Skincare

September 08, 2021

Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream


Semakin kesini, skincare lokal makin banyak pilihan. Ketika saya mencari pelembab yang nyaman untuk kulit kering, halal, atau untuk jaga-jaga saat lagi jerawatan, wah bertebaran banget brand yang nawarin. Tapi, buat filtering sih sekarang saya punya satu variable lagi yaitu natural skincare. Selama beberapa hari ini lagi semangat banget skincare-an karena nyoba the twin cream dari eBright.

Testimoni Pelatihan Digitalent Scholarship Video Content Creator By Effion Creator School

August 25, 2021

Digitalent scholarship Kemenkominfo bersam Effion school
niat banget bikin tugas video 

Berkesempatan mengikuti pelatihan menjadi content creator yang diadakan Digitalent scholarship Kemenkominfo bersam Effion school adalah highlight saya di bulan Agustus 2021 ini. Ternyata saya nggak hanya diajarin bikin video, tapi juga ditantang menghasilkan karya digital serta berkolaborasi dengan orang-orang yang baru saya kenal. Seneng banget, nggak nyesel!


Keunggulan Fitur-Fitur Ruangbelajar by Ruangguru

July 14, 2021

 

Ruangbelajar by Ruangguru

Belajar tatap muka di sekolah kembali ditunda, oke mari kita cari alternatif tempat belajar yang asik dan seru buat adik-adik dan sepupu yang sepertinya mulai jenuh dengan tugas-tugas melulu dari sekolah. Yang saya khawatirkan benar terjadi, materi dari sekolah kurang tersampaikan dengan baik karena kondisi saat ini. Di sisi lain, proses belajar harus terus jalan dong. Bukan karena ngejar nilai ya, tapi saya nggak mau mereka jadi nggak efektif cara belajarnya. Nah, Ruangbelajar dari Ruangguru mengeluarkan fitur baru  Apaan sih yang bikin beda dengan fitur serupa dari bimbel online lain?


Andai Dulu Sudah Ada Brain Academy dari Ruangguru, Memilih Kampus Pasti Terbantu

July 12, 2021
brain academy ruangguru

Bulan Juli selalu mengingatkan saya pada momen menjadi mahasiswa baru sekian tahun lalu. Kehidupan benar-benar berubah, karena harus jauh dari keluarga dan teman-teman. Saya diterima di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur undangan bahkan sebelum Ujian Nasional. Sebenarnya ingin banget nyoba tes seleksi masuk kampus impian, tapi saya ragu bisa lolos apa engga. Andai dulu sudah ada Ruangguru mungkin kegalauan ini dapat teratasi.


Panduan Isoman Untuk Gejala Ringan Covid

July 11, 2021

Panduan Isoman Untuk Gejala Ringan Covid

Nggak nyangka bakal nulisin ini di blog. Perlu waktu untuk menerima bahwa saya positif covid-19 dengan gejala ringan. Saat menuliskan ini saya sudah dinyatakan negatif melalui 2x PCR test. Alhamdulillah kini telah pulih dan merasa punya spirit baru dalam hidup. Semoga tulisan ini bisa menguatkan dan membantu orang-orang yang sedang bingung apa yang harus disiapkan ketika harus isoman dengan gejala ringan.


Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET Kerjasama Danone-AQUA dan Veolia Indonesia

July 01, 2021

Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET Kerjasama Danone-AQUA dan Veolia Indonesia


Pernah terpikir kemana berakhirnya botol Aqua yang kita berikan Ke Pemulung atau pengepul? Saya pernah jalan-jalan ke tempat pengolahan sampah plastic binaan Danone-Aqua. Tapi tempat itu skalanya masih kecil, di perkampungan. Sedangkan kita tahu saat ini produksi sampah plastic semakin besar kan semenjak pandemic, nah menjawab semua itu maka Danone-AQUA mendukung Veolia Indonesia dalam membangun pabrik daur ulang botol plastik terbesar sebagai bukti komitmen jangka panjang dalam mengelola dan mengurangi sampah plastik di Indonesia.


Tips Persiapan Sidang Akhir Kuliah Secara Online

June 23, 2021
Tips Persiapan Sidang Akhir Kuliah Online President University
Nggak sempat foto proper


Hari ini urusan clearance untuk yudisium selesai. Paling akhir adalah mengumpulkan CD dan mensubmitnya ke sistem library. Rasanya campur aduk sih, antara lega bisa melewati semua ini juga rasa hampa sebab saya merasa hanya sebagai mahasiswa tamu akibat kuliah online hingga sidang online.


Pengalaman Vaksinasi Sinovac

June 19, 2021
pengalaman vaksin sinovac


Ketika ada berita vaksinasi, saya sih enggak berharap banget akan segera dapat jatah. Kan katanya vaksin prioritas untuk lansia, nakes, pengantar lansia, pelayan masyarakat, pekerja publik, nah...saya bukan semua itu. Saya pekerja swasta dan masih muda, jadi nunggu vaksin gotong royong yang entah kapan sampai ke kantor saya. Ternyata, sepuluh hari lagi saya akan menjalani vaksinasi ke-2, dengan menggunakan vaksin Sinovac. Alhamdulillah tepat pada saat WHO mengumumkan Sinovac boleh dipakai dalam kondisi darurat, saya dikabari kalau bisa ikut vaksin di kampus. Biar lebih banyak yang tahu, saya mau ceritakan pengalaman vaksin ini semoga bermanfaat.


Membiayai Kuliah S2 Sendiri

June 09, 2021

Membiayai Kuliah S2 Sendiri


Tidak banyak hal yang bisa saya bagikan ke blog tentang kehidupan saya ketika kuliah S2. Kayak yang ngga sempat banget ya Allah, memang semega-megap itu mentaly and financialy. Biasanya orang mencari beasiswa untuk lanjut S2, saya malah sok-sok an biayai sendiri. Ya akibatnya, pernah merasakan yang namanya nyuci baju saja pakai sabun cuci piring. Saya rasa, ini yang penting untuk saya ceritakan, kalau kehidupan kuliah pasti susah pada pahamlah ya.

Modul Sampahku Tanggung Jawabku Dari Aqua dan Sekolah.mu

May 09, 2021

sampahku-tanggung-jawabku

Makin kesini makin sering mendengar istilah “bijak berplastik”. Sekitar 2 tahun lalu ketika saya masih asing dengan istilah ini, saya dipertemukan dengan orang-orang yang punya concern terhadap lingkungan. Mereka memulainya bukan dengan ‘nyuruh’ orang lain, namun menunjukan dari perilaku mereka sendiri yaitu bijak berplastik dengan cara sederhana. Nggak se-ekstrim sama sekali anti plastik, namun melakukan reuse-recycle-reduce dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya.


Tingkatkan Literasi Anak Melalui BACA

April 24, 2021
LITERASI-ANAK-DANONE

Buku merupakan teman bermain yang menyenangkan buat saya sedari kecil. Menurut orang tua saya, ada sebuah buku bergambar yang sampai ‘lecek’ banget karena saya berkali-kali membacanya setiap hari. Saya masih ingat, buku itu bercerita tentang balita sehat. Tidak berwarna, namun dijilid pakai roll. Meski orang tua saya bukan kalangan berada dan berpendidikan tinggi, namun mereka sudah sadar akan literasi. Saya sering dibacakan cerita, atau malahan orang tua mengambar sambal mendongeng untuk saya.

Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam

April 19, 2021

Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam
Semenjak pandemi, aktivitas nonton film semakin menjadi-jadi sih. Tapi sekarang sudah engga ke bioskop lagi, semua berpusat di Netflix. Nah, inginnya ketika nonton film itu kita dapat insight atau hikmah selain juga hiburan. Saya merangkum beberapa film Netflix yang mungkin berguna untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi film tentang Islam.

Tips Menemukan Nama Blog

April 13, 2021

Punya nama yang pasaran itu bisa jadi anugerah namun bisa jadi tantangan. Saya tidak mengatakan musibah, bisa kuwalat nanti. Nama asli saya yang sesuai KTP itu pasaran banget, asli deh. Dari nama yayasan, masjid, brand fashion, apalagi nama orang. Dulu, ketika SMP ada 3 orang dengan nama persis dengan saya dalam satu kelas. Nama pasaran ini makin repot ketika masuk dunia konten kreator.


Review Warmindo Sadjiwo Pekalongan

April 05, 2021
warmindo-sadjiwo-pekalongan

Ngumpul sama teman-teman engga harus di coffeshop lho. Ya memang sih seperti wilayah lain di Indonesia, Pekalongan juga mengalami pertumbuhan kedai kopi yang subur bak jamur di musim hujan. Dulu kalau mau nupang nyolok, kerja jarak jauh, palingan ke coffe and beyond . Nah, sekarang sampai bingung asli saking banyaknya pilihan.


Review Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel

March 29, 2021
Review Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel

Akhir-akhir ini saya sering banget main game online. Kadang malah bablas sampai pagi deh tuh mantengin hape. Ngantuk sih engga yah pas besokannya, tapi mata sayu banget. Fluffy gitu dan saya takut keterusan jadi mata panda. Seneng deh pas nyari eye gel, kok ada yang merek lokal dengan harga affordable. Tapi sold out terus di ecommerce, akhirnya 2 bulan lalu dapet juga. Super relaxing buat mataku.

Cara Join Stellar Women Entrepreneurship Academy

March 13, 2021

Stellar Women Entrepreneurship Academy

Tahun 2021 sesuai dengan target, saya memberanikan diri mendirikan perusahaan. Keinginan ini Sudah ada sejak 2018. Akan tetapi saya masih merasa zero skill dan benar-benar belum percaya diri. Saya memutuskan untuk kuliah dulu, mengambil jurusan MBA atau MM kalau versi Indonesia. Saya belum dinyatakan lulus, tapi tepatnya pada tanggal 25 Januari 2021 PT saya dinyatakan oleh notaris telah sah berdiri. Bukan kebetulan ketika saya mendapatkan informasi program mentoring bisnis untuk wanita yang bernama Stellar Women Entrepreneurship Academy.

Progres Satu Tahun Setelah Treatment CRT di Erha Untuk Jerawat

March 10, 2021

 
tindakan CRT erha

Saya tahu banyak pembaca blog ini yang menantikan progres hasil treatment di Erha. Setahun yang lalu saya kembali ke Erha setika kulit saya benar-benar ‘gradakan’. Sebelumnya pernah perawatan di Erha, namun terputus setelah saya sibuk banget ngurus ini itu. Perawatanya dalam beberapa kali kedatangan, di dari peeling, lalu pada treatment selanjutnya saya merasakan yang namanya CRT. Ketika wajah ditusuk jarum-jarum ukuran mikro. Penuh darah, cekit-cekit, musti bayar pula, tapi tak mengapa ya sebab beauty is pain.

Festival Isi Piringku

February 27, 2021

festival-isi-piringku

Saya bukan orang yang mudah untuk menaikkan berat badan. Padahal waktu balita saya termasuk anak yang sehat. Masuk usia sekolah, mungkin karena berbagai faktor berat badan saya di bawah standar dan sering sakit. Urusan makan memang agak sulit, bukan pilih-pilih namun sering bablas engga makan saking padatnya kegiatan. Saya cukup kaget ketika 3 bulan lalu, berat badan saya tiba-tiba naik. Hingga ketika saya menuliskan postingan ini, alhamdulillah sudah mencapai berat badan ideal yang disarankan WHO.


Perayaan Cang Nyiat Pan (Cap Go Meh) di Singkawang

February 26, 2021

Perayaan Cang Nyiat Pan (Cap Go Meh) di Singkawang


Hari ini tepat banget dengan perayaan Cap Go Meh, hari ke 15 dari tahun baru Imlek. Kalu bicara Imlek dan Cap Go Meh di Indonesia, langsung kebayang Singkawang sih. Saya belum pernah kesana, tapi ingin banget. Kulinernya, budayanya, pasti bakal jadi pengalaman yang engga biasa buatku. Terlebih karena beberapa hari yang lalu mengikuti webinar Acara Seri Gastronomi Indonesia, Cang Nyiat Pan dari  Aksara PanganLewat para narasumber yaitu Chef Wira Hardiyansyah ( @wirahardiyansyah2.0 ), Bapak Dr. Hasan Karman, SH, MM ( @hasankarman_ ), dan Chef Meliana Christanty  ( @melianachristanty ) saya jadi paham khasanah kuliner dalam Cang Nyiat Pan.


[Review] Stand By Me 2, Kondangan nikahan Nobita-Shizuka

February 25, 2021

 review-film-stand-by-me-doraemon

Saya kesel banget sama Nobita, benar-benar egois. Stand by me 2 Doraemon harus ditonton khususnya buat para cowok insecure. Film ini membawa kita pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tak terjawab di Stand by me 2014. Siapin mata buat bercucuran air mata, atau siapin dada yang lapang buat keinget sama orang-orang yang kita sayangi tapi sudah engga ada di dunia ini.


Cara Mencegah Dengkul Berwarna Gelap

February 23, 2021

cara mencegah dengkul berwarna gelap

Kondisi dengkul berwarna gelap merupakan hal yang normal dialami hampir setiap orang. Tak jarang, hal ini juga menjadi salah satu faktor seseorang menjadi kurang percaya diri.


Kondisi dengkul berwarna gelap dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut, yaitu paparan sinar matahari berlebih, kulit kering, hiperpigmentasi, faktor genetik, hingga gesekan yang sering terjadi pada permukaan kulit.

Jika hal ini dirasa mengganggu penampilan Anda, simak beberapa cara memutihkan dengkul dan mencegahnya berwarna gelap yang dapat Anda ikuti di bawah ini.

 

  1. Memilih pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh anda

Gesekan yang terjadi pada kulit dengan pakaian merupakan salah satu faktor yang dapat membuat area dengkul berwarna gelap. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang sesuai dengan tubuh Anda untuk mencegah hal ini terjadi. Jika Anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat, hal ini tentu membuat gesekan lebih sering terjadi sehingga berpotensi membuat area dengkul berwarna gelap.

 

  1. Gunakan tabir surya

Hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari juga menjadi faktor yang dapat membuat kulit area dengkul Anda berwarna gelap. Untuk mengatasi hal ini, menggunakan tabir surya adalah langkah yang tepat Anda lakukan ketika beraktivitas di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

 

  1. Menjaga kondisi kulit tetap lembap

Kulit kering juga merupakan salah satu penyebab dengkul berwarna gelap. Hal ini dapat Anda atasi dengan memilih produk perawatan kulit dengan kandungan yang melembapkan, seperti coconut dan olive oil.

 

Selain itu, pilihlah krim pelembap dengan kandungan mencerahkan. Dikutip dari laman Momslyfe, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mencerahkan dengkul, seperti, kunyit, lemon, jeruk, kedelai, dan timun.

 

  1. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Mencegah dengkul berwarna gelap dapat dilakukan dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Anda dapat membeli produk yang sudah tersedia di pasaran atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami yang terdapat di rumah anda.

 

Beberapa campuran bahan untuk mengeksfoliasi kulit dengkul yang dapat Anda buat sendiri di rumah, yaitu oatmeal + madu, olive oil + gula, dan kunyit + susu + gula.

 

Eksfoliasi yang Anda lakukan secara rutin akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di tubuh anda. Hal ini akan mempercepat regenerasi kulit baru sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Lakukan eksfoliasi secara rutin maksimal 2-3 kali seminggu saja karena eksfoliasi yang dilakukan terlalu sering malah akan menimbulkan iritasi pada kulit anda.

 

  1. Menggunakan serum

Meskipun penggunaan serum identik dengan skincare wajah, tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk mencegah dengkul berwarna gelap. Anda dapat mengalihfungsikan skincare wajah menjadi bodycare jika tidak terdapat reaksi alergi pada kulit anda. Pilihlah produk dengan kandungan niacinamide atau glutathione untuk mencerahkan bagian dengkul Anda yang berwarna gelap.

 

Itu dia lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dengkul berwarna gelap. Harus Anda ingat kembali, bahwa cara-cara sederhana yang Anda lakukan di atas tidak akan membuat bagian dengkul Anda menjadi putih seketika. Namun, beberapa tips di atas dapat membantu mencerahkan dengkul yang menghitam menjadi setidaknya sama dengan skin tone Anda seperti semula.

8 Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Socmed Clubhouse

February 17, 2021

apa sih aplikasi clubhouse

Minat belajar orang Indonesia itu tinggi banget ya ternyata. Buktinya kelas online pakai zoom, google meet, dan sejenisnya makin ramai sejak pandemic covid 19. Nah, yang baru nih ada Clubhouse. Social media yang basisnya audio chat. Cocok lah ya sama masyarakat kita yang suka ngumpul-ngumpul di pos ronda, warung, atau manapun buat bahas hal sepele hingga geopolitik negara. Saya bergabung di clubhouse pada senin 15 Februari 2021 pukul 18.59 Wib. Rada kaget sih pas masuk, karena isinya pada hari itu masih para public figure.


[Review] Ebright Acne Sensitive Travel Kit

February 16, 2021
ebright-acne-travelkit-review

Sudah berkali-kali saya menuliskan di blog ini soal jerawat. Dari mulai perjuangan saya lepas dari krim dokter, mengenal tea tree oil, melakukan peeling hingga suntik kolagen untuk menghilangkan scars. Alhamdulillah sekarang sudah jarang jerawatan sih, tapi 2 minggu ke belakang ini kulit saya yang sensitif sepertinya tidak cocok dengan bahan masker yang saya pakai. Maklum ya, sekarang maskeran drai pagi sampai sore. Akhirnya saya mencoba rangkaian skincare lokal bernama Ebrigt Acne Sensitive yang ukuran Travel Kit.


Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Domain Untuk Blog

February 09, 2021

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Domain Untuk Blog

Masih sering saya mendapatkan pertanyaan “Bagaimana kok bisa blognya pakai nama sendiri begitu? Apakah mahal biaya beli dan langganannya?”. Bagi orang awam yang masih belum paham dunia internet pastilah urusan perdomain-an ini terasa WOW. Karena di awal ngeblog dulu, sayapun begitu. Saya pikir urusan membeli domain itu ribet banget, pun juga mahal. Ternyata anggapan saya tersebut salah. Kamu bisa cek deh, domain termurah berapa harganya. Mungkin jauh lebih murah dari biaya langganan Netflix kamu sebulan.

Bingung dengan Niche Channel Youtube

February 03, 2021

Bingung dengan Niche Channel Youtube

Ini adalah sepojok area di apartemen studio saya yang luas keseluruhanya hanya 20 meter persegi. Space yang saya tata ini semoga menjadi penyemangat untuk sosok yang belum konsisten dengan niche channel youtube ini. Ngeyutub sejak 9 tahun lalu, kenapa subscriber masih ratusan saja? Mungkin saya kurang genuine, kurang punya keunikan, dan yang pasti kurang konsisten.

[Review Buku] Menjerat Gus Dur

February 01, 2021

review buku menjerat gus dur

Setelah selesai membaca buku Menjerat Gus Dur, rasanya saya ingin menyanyikan lagu ‘Indonesia Tanah Air beta’. Saya enggak nyangka akan membaca buku bertema sosial politik setebal hampir 400 halaman ini dalam beberapa hari saja. Akhir-akhir ini memang cukup concern terpapar hal-hal bergenre politik dari beberapa film dan series di Netflix. Membaca buku Menjerat Gus Dur menambah pengetahuan saya akan dinamika politik di Indonesia pada masa transisi orde baru ke reformasi. Yang ternyata tidak kalah seru dengan series Netflix, mungkin ini yang mmebuat saya tekun sekali membacanya hingga khatam.

5 Hal Aneh Di Belitung

January 28, 2021
SD Laskar pelangi

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar Belitung? Pasti pantai pasir putih dengan laut berwarna biru muda plus batu-batu besar. Laskar Pelangi memang menguatkan branding Belitung menjadi seperti itu. Pantai Tanjung Kalayang adalah tujuanku ke Belitung, sebab lokasi ini masuk ke daftar 10 Bali Baru versi Kemenpar. Tapi, selama di Belitung aku justru menemukan hal-hal yang tak biasa dan sayang untuk disimpan sendiri. Bukan island hoping atau mercusuar pulau lengkuas, kalau itu sih kalian sudah bisa browsing sendiri. Inilah 5 hal ajaib cenderung aneh dari Belitung.


Keuangan Semakin Iinklusif Melalui Transaksi Digital Menuju Blueprint Sistem Pembayaran 2025 Untuk Kemajuan Bangsa

January 18, 2021

Siang itu saya berjalan di pusat Jajanan Kedungwuni, Pekalongan. Ketika saya berhenti di sebuah gerobak tahu gejrot, ternyata penjualnya telah menggunakan transaksi digital. Aneka barcode dari dompet digital tersedia di lapak dagangannya. Yang paling mencolok adalah barcode QRIS yang akhirnya saya gunakan sebagai sarana pembayaran seporsi tahu di sana.


transaksi digital


Pernah engga sih kamu lupa bawa dompet lalu merasa sangat tertolong dengan adanya dompet digital. Dan lebih enaknya lagi, sejak 2020 sudah tak perlu khawatir kalau dompet digital kita engga disupport sama mitra tempat kita mau bertransaksi sejak Bank Indonesia menerapkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Ketika pandemi Covid-19 datang, untungnya sistem keuangan di Indonesia sudah semakin inklusif sehingga lebih stabil. Engga kebayang kan kalau semua serba cash sementara akses pergerakan fisik kita dibatasi. Blue print sistem pembayaran 2025 di Indonesia semakin relevan dengan kondisi saat ini.

Auto Post Signature

Auto Post  Signature