Review novel 5cm yang penuh quote lagu

December 02, 2012
original title: 5 cm
Paperback, 381 pages
Published 2005 by Grasindo
ISBN 9797591514 (ISBN13: 9789797591519)
edition languageIndonesian

Sinopsis:
Bestseller book di Gramedia Bookstore selama 2 tahun berturut-turut!
Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.
Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan Cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.
“Ada yang pernah bilang kalau idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda….”

Coment:
Novel ini sebenarnya sudah diterbitkan sejak saya maish SMA. Tapi baru sempet baca sekarang, dan novel itu habis terbaca dalam jangka waktu beberapa jam saja. Sangat inspiratif dan udah dipahami tapi tidak ringan. Baru beberapa halaman baca di awal saja saya sudah bisa menggambarkan penokohannya, trebayang settingnya, dan membaur bersama khayalan si penulis. Akhirnya saya ikuti plot lembar demi lembar, sampai tiba saat petualangan ke Mahameru.
Sebelumnya saya hanya tahu semeru, bromo, tanpa kenal siapa mahameru. Novel ini menggambarkan dengan jelas, bahkan mungkin bisa jadi guidance saya jika kelak ke Mahameru. Meskipun baru menapaki gunung gede pangrango saja saya sudah hampir mimisan, hehe. Seperti quotes terakhir di film itu
“jika kita punya impian, letakkan 5cm di depan kening kita, maka kemanapun kita melangkah impian itu masih trelihat oleh mata kita”
Dan
“mungkin sekarang kebanyakan orang sudah keenakan dengan posisi nyamannya sehingga takut bermimpi”. (tersindir banget nih)
Tapi, jujur banget saya banyak lompatin buku ini karena kebanyakan quotes lagu. Bukunya jadi tebel karena banyak ngutip quote2 org2 terkenal sama syair lagu2 yg kadang2 lebih dari 2 bait… kalo 2x, 3x ayto 4x sih ga napa2, tapi kalo sampe lebih dari 15x kan, what they say?! yup, that’s right… BORING!!!
Eh, diujung2 cerita mereka semua tetap bertemu dan mempunyai anak dengan umur yang sama. Klise? Tentu saja.
Bercerita tentang MIMPI
Bercerita tentang ALAM
Bercerita tentang GUNUNG
Bercerita tentang IDEALISME
Bercerita tentang CINTA
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature