Terlibat friendzone dengan yang sudah berpasangan itu selingkuh?

April 22, 2017
Semua terasa normal dan wajar antara saya dan si sahabat. Hingga pada suatu masa, dia tiba-tiba menghilang. Tak pernah lagi menyapa lewat chat pribadi maupun sosial media. Beberapa minggu berlalu, akhirnya saya memberanikan diri menanyakan ke dia, lewat chat santai dan ringan seperti biasanya.
“woi...kamu kemana sih...ga pernah nongol?”
“sorry...kemarin-kemarin itu...aku ngga pernah kontak kamu karena cewekku cemburu”
“cemburu sama aku?”
“iya...”
Selingkuh dengan sahabat

Seketika, saya tidak tahu harus berkata apa. sebagai perempuan, saya tahu bagaimana rasanya cemburu. Menguras hati kalau kata Vidi Aldiano, duh...kok jadi merasa bersalah. Tapi, bersalah atas apa? rasanya persahabatan saya dan cowoknya itu masih wajar. Saya bukan selingkuhannya.

Kembali di Jomblo Story

Saya bingung memulai darimana lagi rubrik jomblo story ini. Sempat terpikir untuk menghentikannya karena isinya terlalu curhat, tapi kok banyak yang kangen juga. Menuliskan uneg-uneg mingguan di blog memang sedikit mengurangi keresahan, syukur-syukur menjauhkan saya dari mimpi buruk setiap malam. Ada banyak hal yang sedang berputar di kepala, utamanya sih tentang perselingkuhan. Lebih tepatnya bagaimana memosisikan persahabatan tetap di jalurnya, tidak menyerong atau menikung ke kavling selingkuh.

Berteman dengan lawan jenis

Bagi saya, berteman dengan lawan jenis itu biasa saja. Kenyataanya, takdir membuat saya sekolah dan kerja di tempat yang lebih banyak cowoknya. Efek samping dari kondisi ini bikin saya mudah bergaul dan mengerti pria.

Prinsip dalam berteman dengan kondisi kayak gini adalah ngga cepat baper. Ya namanya juga pria, sudah pada dasarnya menjadi pelindung dan melayani. Kalau dikit-dikit baper dan menganggap spesial, bakalan capek sendiri.

Saat si sahabat telah berpasangan

Diantara teman dan sahabat lawan jenis, pasti ada dong yang sudah berpasangan entah itu baru pacaran atau sudah menikah. Dalam inner circle saya malah kebanyakan sudah ngga single lagi. Makanya, penjagaan harus lebih extra ketat dibandingkan dengan berteman sesama single. Buat jombloers mah resikonya terlibat friendzone, sungguh lebih mendingan dibanding perselingkuhan.

Tanda-tanda si sahabat mulai jadiin kamu selingkuhan

Selingan atau selingkuhan itu sama ngga ya? mungkin kalau selingkuh ada kesepakatan kedua belah pihak. Nah, selingan itu sepihak saja...benar ngga?

Ada beberapa gelagat sahabat lawan jenis yang perlu kamu ketahui nih biar bisa waspada.


Obrolan bersifat pribadi

Ya namanya juga sahabat ya kan, bisa tuh ngobrol kesana kemari dari politik hingga konspirasi. Tapi, kalau dia terlalu banyak curhat masalah pribadinya bisa jadi dia memang ada apa-apa. Lain cerita kalau curhatnya di grup chat, hehehe...maksud curhat disini adalah berdua saja.

Pergi berdua

Sekali dua kali wajar jika dia minta ditemani, tapi kalau keseringan kamu perlu hati-hati. Kalaupun dia ngga ada maksud macam-macam, kan orang lain lihatnya bisa saja negatif. Bukan dia yang jadi omongan orang, tapi kitanya sebagai perempuan. Amit-amit deh dikatain pelakor alias perebut laki orang.

Ngabarin setiap saat

Jaman sekarang, apa-apa dibagikan di instastory. Lagi dimana, ngapain, bisa ketahuan. Itu sifatnya public, tapi kalau secara pribadi dia selalu ngabarin ke kita...hemm.

“aku barusan landing nih, ini baru nemu taxi, capek banget mau langsung pulang”
Bukannya baper, tapi kalau kamu jadi orang terakhir yang dihubunginya menjelang boarding dan orang pertama yang dikabarin setelah  landing...pasti kamu spesial di mata dia.

Dilabrak itu ngga enak

Kalau sudah tahu ada gelagat mencurigakan dari si sahabat lawan jenis, coba deh kasih pengertian ke dia. kalau ngga enak ya menjauh sedikit. Maksudnya, kalau dia ngajak ngobrol jawab saja seperlunya. Daripada terjadi yang engga-engga di kemudian hari. Misal, kamu tiba-tiba dilabrak ceweknya.
“kamu dekat ya sama mas X? Sejak kapan?” bunyi sebuah pesan singkat di pagi hari yang kurang lebih adalah pelabrakan cara halus.
“kamu...tolong jangan dekat-dekat dengan si A lagi” kalau ini gaya teks pesan cewek cemburu yang lumayan keras.

Valak pelakor

Gara-gara akun gosip di instagram saya jadi tahu istilah valak dan pelakor. Itu sebutan buat perempuan yang ganggu hubungan orang lain. Naudzubillahimindzalik jangan sampai kejadian seperti itu. kita memang tidak bisa menahan biar orang lain ngga nyaman, suka, bahkan cinta ke kita...tapi setidaknya punya benteng agar tidak ada pihak yang tersakiti.

Bisa jadi hubungan si sahabat dengan pasangannya sedang tidak enak, lalu menjadikan kita sebagai selingan. Iyak, pengobat kejenuhan. Selagi masih dalam batas wajar sebagai teman ya ngga apa-apa. masalahnya, kadang kita abai terhadap batas itu. Terlibat friendzone dengan sahabat yang sudah berpasangan itu tidak mudah.


46 comments on "Terlibat friendzone dengan yang sudah berpasangan itu selingkuh?"
  1. Pernah mbk, masih muda duluk *ahay.
    Aku milih mundur teratur mbk. Lebih tepatnya, Cuti dlu jd sahabatnya dia.

    ReplyDelete
  2. memang kadang lingkaran persahabatan apalagi dg cowok itu kadang riskan dan hati kita hrs peka banget

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah nggak pernah Nay dan semoga jangan sampai! Soalnya aku paling males kalau dengerin curhat para cowok, Zz.. kecuali memang curhatnya di grup ya hahahha itupun biasanya aku langsung skip. Bukannya apa sih, cuma kadang mendengarkan curhat pria itu lebih menguras hati daripada curhat sahabat cewek yang habis curhat terbitlah perasaan lega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah penjagaanmu sudah kuat berarti tuh mba

      Delete
  4. Emang lebih baik klo temen kita udah punya cewek ga usah sering2 deket ama dia, pun ketika kita deket dengan ceweknya. Karena pasti akan seperti itu deh, namanya juga cewek, bakalan ada perih2nya klo cowoknya deket dg cewek lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh perih-perihnya,,,tapi bener sih mba

      Delete
  5. Curhat tapi lega mbak. Paragraf pertama aku juga pernah ngalami loh. Temen2 tiba2 ilang bak lenyap di telan bumi. Bedanya bukan pacarnya yg cemburu. Tp sampek skr sih aku gak tau jelas apa penyebabnya. Lah kok curhat juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh semoga mereka segera kembali ya...

      Delete
  6. Pernah ngelabrak maaakkk..Huaaa...Jgan sampai deh kita menjadi pihak ketiga karena ketika menyakiti seseorang dia akan ngadu sama Allah dan jarak orang yg tersakiti itu sama Allah dekaaat takut dong ah..

    ReplyDelete
  7. Ngeri kalau sampai deket banget sama temen yg sudah berkeluarga takut dibilang pelakor naudzubillah
    Moga2 kita dijauhkan dari hal2 tsb ya mb

    ReplyDelete
  8. wah kita lagi sehati, bahasan posting kita rada mirip nay hahaha

    ReplyDelete
  9. Positif y banyak tmn cowok jd ga baperan cuma rada antagonis....wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Jadi keinget... punya temen dari zaman kuliah, dianya suka ke saya tapi nggak saya anggap. Terus kami deket dan saya selalu mengangga dia teman. Sampai bertahun-tahun, dia udah punya istri dan anak, dan masih sering bilang suka. Masih juga saya tanggepin enteng dan becanda aja. Tapi lama-lama kok nggak bisa ditoleransi lagi. Akhirnya saya putusin kontak dan menjauh. Sedih sebetulnya karena biar gimanapun, dia teman tukar pikiran yang asik. Tapi mikir lah kalau saya jadi istrinya gimana rasanya digituin suami. Ya tentu nggak nyaman dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kita lihat dari sisi istrinya mba, kalau digituin kan tau sendiri sedihnya,

      Delete
  11. Saya punya sahabat pria yang dekat mulai dari jaman saya belum menikah sampai sakarang saya udah menikah. Sejak pertama kenal sahabat, posisi sahabat sudha menikah dan istrinya di luar kota. Teman curhat terbaik dan sering jalan bareng kayak anggap kakak sampai skarang. Kalau istrinya datang, kita pergi rame. Sampai skarang keluarga kami masih akrab sekali. Mnuurtku semua kembali pada niat dan bagaimana kita menjaga diri masing-masing ya :). Eh jadi curhat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau ga ada masalah gitu ya mba, malah nambah saudara

      Delete
  12. Bener mbak...apalagi klo posisinya dah nikah...berarti kan statusnya sudah setius. Kalau pacaran masih lumayan, nggak nglibatin keluarga besar klo ada apa-apa.
    Untuk amannya, Mending nggak usah main api..

    ReplyDelete
  13. Memang semua kembali ke diri masing-masing. Bila bisa dihindari, tinggalkan saja. Pertemanan yang baik itu menghargai satu sama lain ��

    ReplyDelete
  14. Barangkali biar aman pergi atau komunikasi ajak pasangan dan teman lainnya juga kali ya Mba Nay... jadi lebih aman... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau bisa sih gitu. kadang situasi ga memungkinkan

      Delete
  15. kalo saya mau pergi sama teman yang udh berpasangan (apalagi kalo pasangannya jealousan), saya akan izin sama pasangannya itu. Kalo misalnya pasangannya ngga mengizinkan ya gausah. Kalo mau pergi bareng rame-rame juga ga masalah. Malah sebenarnya kalo kita bisa mendekatkan diri ke pasangannya teman itu enak banget lho, nambah teman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya emang begini, saling kenal ya...

      Delete
  16. Semoga dijauhkan dari prahara valak dan pelakor,kita mh biasa aja yg nyinyirin ampe segedung kantor tuh kalo kayak gitu

    ReplyDelete
  17. Temanku 75% cowok, tapi aku emang pilih2, anti banget sama yang nggak ngerti boundaries, hehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iya, ada yang begitu ga tau batasan

      Delete
  18. resepnya untuk mencegah semua itu yaaaa...nikah mbk...heeeee...kabuurrr

    ReplyDelete
  19. agak gimanaaa gitu ya mba :). Tapi sebenernya tergantung pasangannya juga ya mba, soalnya semua jadi problematik karena cemburuan hehehehe. Kalau aku sih asyik-asyik ajaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, amit-amit kalau ada pasangan temen yg cemburuan. kita ga ngapa2 jangan2 dicurigain juga

      Delete
  20. Aku pernah nih ngebahas serupa tapi tak sama ketika berteman baik laki2 maupun perempuan pasca menikah.. ini aku ngebahas dari pihak cowok dan cewek.. latar belakangnya ya itu ada seorang temenku perempuan yang dideketin bapak-bapak genit buat diajak jadi selingkuhan sumpah syok banget.. perempuan udah ati2 aja digituin apalagi yang gak ngeh ya nay... ya naudzubillah

    ReplyDelete
  21. Masalah temenan sama cowok atau cowok ke cewek itu emang riskan banget sih mbak. Kalau aku sendiri tipe yang oke aja cowokku mau temenan sama cewek, tapi kalau si temennya ini kok kaya haus perhatian atau sama aku nggak gitu suka gitu aku keberatan hehe. Kalau aku sendiri sm temen cowok biasanya usaha ngakrabin ceweknya biar kenal dua-duanya haha

    ReplyDelete
  22. Paling aman kalau kita dikenalin ama ceweknya Nay atau setidaknya ceweknya diajak bareng kalau ketemuan hehehehe.. Biar ceweknya menilai langsung kitanya dari kacamata nya dia langsung. Nga tau dech ini saran yang benar apa nga? wkwkwk..

    ReplyDelete
  23. Yaampun aku kira inayah itu bukan kamu karena tiap kamu komen selalu innnayah :0

    Aku dulu lemah nih diginiin hahahah, dikabar2in terus ditanya2in lol

    ReplyDelete
  24. Kbanyakan temen deketku cowok sih, tp untunge pada nyantai hihihi...
    Jd sebenernya tergantung pribadi masing2 jg, kl niatnya buat selingan ya mesti ambyar... Tp kl niatnya jd teman dan saling tolong menolong tidak hanya sebatas tsurhat ya ((mungkin)) aman... #soktahu wahahahaha...

    ReplyDelete
  25. Aku sama temen2 geng yg cowo ud ga pernah kontak lg. Kontaknya sama istrinya. Hahahaa

    ReplyDelete
  26. Sebisa mungkin menghindari obrolan pribadi apalagi jalan berdua sama lawan jenis. Takut banyak setannya hahahaha.

    ReplyDelete
  27. Saya pernah punya sahabat dari SMA, setiap dia dekat dg cewek selalu di kenalkan ke saya. Tak jarang saya di ajak untuk ngedate atau jalan-jalan alasannya biar gak garing kan teman saya termasuk pendiam. Tapi setelah teman saya tersebut menikah, saya dilupain. Tak pernah sekalipun di hubungi. Di situ saya mulai merasa kehilangan arti seorang teman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature