Top Social

Kilas Balik Saat Aku Baru Kenal Corona Virus

April 20, 2020

apa itu corona virus
Selama tiga bulanan ini aku merasa pantauanku di jagat twitter lebih berfaedah. Bukan hanya tahu tentang drama dunia, tapi pengetahuanku tentang Corona virus juga banyak didapat dari twitter. Aku ngikutin perkembangan Corona dari mulai hot-hotnya di Wuhan. Wakti itu berpikir, “Wuhan jauh, engga akan sampai sini kok. Kalaupun sampai ya cepet ilangnya.” Ternyata aku salah.

Beberapa minggu kemudian, media mulai gencar memberitakan kalau beberapa orang yang dari Bali terjangkit. Orang-orang tersebut wisatawan asing sih. Semua masih nampak baik-baik saja kalau baca timeline Indonesia. Saat itu malah ramai kasus penyebaran super di Korea akibat sebuah sekte gereja.
Dari banjir informasi kasus-kasus di luar negeri, aku tahu bahwa Corona Virus ternyata bisa menyebar dengan sangat cepat. Waktu aku masih kecil, aku ingat dulu ada flu burung dan Sars. Tapi jaman itu aku engga sampai heboh pakai masker segala. Sepertinya penyakit-penyakt itu ramai di kota-kota besar. Saat ini, ketakutan menghadapi Corona Virus telah menjangkau warga desaku yang bahkan engga tahu twitter.

Di awal merebaknya corona, tayangan-tayangan video cara penularan virus ini masih terbatas dari luar negeri. Ternyata tanpa bersinggungan langsung dengan penderitapun kita bisa kena. Tapi saat itu karena sekitarku masih santai, ya aku juga santai sih.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Belum terpikir membeli masker, pakai handsanitizer dan sebagainya. Pola hidup acakadut macam tidur pagi dan makan tak teratur masih kujalani. Tapi setiap hari aku memantau perkembangan covid 19 ini di media. Pada bulan Januari aku sempat demam, beberapa kali. Aku mikir juga ini karena gaya hidupku saja yang bikin sistem imun jadi jelek. Masih percaya diri.

Masuk ke bulan Februari, pemberitaan tentang Corona mulai semain hangat di Indonesia. Banyak tokoh yang speak up, mendesak pemerintah. Apalagi WHO sudah menetapkan Corona sebagai pandemi global.
Gong itu akhirnya ditabuh pada awal Maret. Terkonfirmasi bahwa ada kasus positiv corona di Indonesia. Hari itu grup whatsap penuh dengan berita simpang siur. Jujur saja aku sudah merasa lebih siap. Tapi sepertinya masih banyak yang engga tahu dengan Covid 19 ini. Hoax merebak dimana-mana, bahkan dikirimkan oleh tokoh-tokoh penting.

Oke sekian dulu postingan mengenaik kilas balikku pada awal masa-masa kenal virus Corona. Next kita lanjutkan lagi dengan pembahasan yang lebih mendalam tapi santai. Iya, seperti ngobrol saja sebab aku bukan tenaga medis atau ahli kesehatan. Tapi aku berusaha menuliskan informasi yang benar.


1 comment on "Kilas Balik Saat Aku Baru Kenal Corona Virus"

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature