Blogwalking Masih Penting Nggak Sih Buat SEO?

December 05, 2018

Blogwalking Masih Penting Nggak Sih Buat SEO?

Jaman awal ngeblog di multiply, nggak ada kenal aku sama blogwalking. Pun ketika sudah ngeblog lagi di 2011, masih buat diri sendiri saja. Makin berkembanganya blog ini, makin banyak yang datang buat berkomentar. Dan pada suatu ketika, aku tahu jika blogwalking itu penting buat SEO (search engine optimation). Tapi, di 2018 ini apakah teknik blogwalking masih efektif? Jangan-jangan sudah ketinggalan jaman?

Blogwalking Harus Komentar?


Selama ini istilah blogwalking merujuk pada istilah mengunjungi dan berkomentar di blog lain. Jadi, kalau kamu mengunjungi blogku tanpa komentar, belum bisa diartikan blogwalking ahahaa. Ini bukan istilah saklek, tapi diyakini hampir sebagian besar blogger.

Padahal sekarang-sekarang, aku jarang berkomentar di blog lain. Alasannya karena kadang ya nggak perlu komentra, yang penting paham dengan isinya dan mengambil manfaatnya.

Blogwalking dan Backlink

Blogwalking dinilai mampu mendongkrak SEO karena adanya backlink url yang disematkan di kolom komentar. Itu paham yang aku yakini sepanjang 2014 hingga 2017. Jad, google akan merayapi juga blog kita selagi dia merayapi blog yang kita komentarin.

Asik dong, kalau artikel atau blog yang kita komentarin tersebut page one dan rame. Bisa ajdi blog kita juga ikutann terdongkrak. Kurang lebih kayak gitu pikiran aku, kamu juga?

Blogwalking dan Branding

Kalau nggak sempat datang ke event-event, gimana caranya bisa dikenal orang atau blogger lain? Saling berkomentar adalah salah staunya. Pada zaman ketika socmed belum seperti skearang, komunitas blog Cuma beberapa biji, grup watsap belum lahir, maka blogwalking adalah cara super efektif buat branding.

Blogwalking dan pageview

Masih berkaitan dengan backlink dan branding, dengan mengunjungi blog orang lain aku berharap orang lain juga akan mengunjungi blog aku. Kalau gitu, pageview blog bakal naik. Itu dulu, sekarang aku ndak sempat deh blogwalking apalagi komentar panjang. Tapi, Alhamdulillah, blog aku domain authoritynya masih terjaga. Fokus di konten dan konsistensi, itu yang aku pakai sekarang.

Blogwalking masih penting?

Menurutku, di 2018 dimana kita bisa naruh link blog dimanapun dan orang bisa langsung ngeklik…BLOGWALKING ITU NGGAK PENTING. Kalau niatnya silaturahmi, mengungkapkan gagasan lewat komentar, seseruan, silakan saja. Tapi kalau niatnya buat membangun backlink, pageview, dan branding…kurasa masih banyak cara lain yang lebih nggak menyita waktu. Beberapa artikelku menjadi referensi di blog lain, diberikan backlink hidup dan sampai sekarang masih memberikan pageview setiap hari. Jadi, fokuslah bikin konten yang bagus dan shareable.

Aku pernah baca artikel bagus milik mba Carolina ratri. Tentang Tip blog yang sudah ketinggalan jaman. 

Aku kutip sedikit ya mba.
Saya bukannya antiblogwalking. Saya juga masih blogwalking kok. Tapi saya melakukannya dengan ikhlas. Supaya apa? Supaya nggak ada niatan diblogwalkingin balik, hanya karena kita sudah BW ke blog orang lain. Saya melakukannya karena saya memang pengin baca blog orang--terlepas saya ninggal komen ataupun tidak. Dengan begini, kalau ada yang nggak BW balik ke blog saya, saya pun nggak baper.

Tool Untuk Blogwalking

Nah, sama seperti mbak Carolina Ratri. Aku juga masih suka blogwalking. Dibanding ngeklik link di komunitas, aku punya list blog tersendiri di aplikasi feedly. Jadi, kalau ada blog yang sekiranya bagus, aku amsukin deh ke list. Pas dia ada artikel baru, langsung kelihatan. Feedly ada versi browser maupun aplikasi android dan ios.

10 List Blogwalking

Ini dia blog yang selalu aku pantengin kalau dia ngepost artikel baru.
  1. Alodita http://www.alodita.com/ : Aku membaca blognya bukan karena dia terkenal, tapi karena foto-fotonya bagus ahahha.
  2. Febryan Lukito https://www.febriyanlukito.com : Suka ada tips SEO yang nggak biasa.
  3. Annisast https://www.annisast.com : Idola mama-mama masa kini.
  4. Danirachmat https://danirachmat.com/ : Belajar soal financial dengan santai.
  5. Arievrahman https://backpackstory.me/ : Hampir selalu kalau mau traveling baca blog dia nyari referensi.
  6. Bandungdiary http://www.bandungdiary.id/ : Sudah pasti aku suka gaya bercerita penulisnya juga foto-fotonya.
  7. Efener https://www.efenerr.com/ : Travel blogger yang kalau nulis cerita keren banget. Fotonya apalagi deh.
  8. Carolina Ratri https://www.carolinaratri.com/ : Seo, social media, penulisan, selalu ada tips baru yang asik dipraktekin.
  9. Lusi Tris https://www.beyourselfwoman.com/ : Mbak Lusi sekarang rebranding dan fokus ke crafting blog. salut. Dan tetap ngikutin.
  10. Halo terong http://www.haloterong.com/ : Ahahha, ini mah blog yang mewakili anak muda masa kini banget. Maksudnya anak muda sejenis aku kali ya. Mojok.co versi personal blog.

Gimana, ada blog yang sama nggak?

SEO nggak semata-mata dari blogwalking. Jaman sekarang jalannya banyak kok. Nggak perlu maksain blogwalking sampai nggak sempat bikin konten baru, ya kan? Kamu komentar di blog ini silakan, enggak juga nggap apa-apa. Yang membahagiakan ketika ada yang merasakan manfaat dari apa yang kutulis. Apa arti 100 pageview jika yang memanfaatkan hanya 1 orang dibanding 10 pageview tapi ngena di hati semua. Happy Blogwalking!





25 comments on "Blogwalking Masih Penting Nggak Sih Buat SEO?"
  1. Jaman sekarang memang ketulusan dan keikhlasan ialah barang langka.

    Kalau berkomentar mengharap blogwalking balik, mending segera perbaiki niat. Biar nggak baper, bener... 😁

    ReplyDelete
  2. Oh gt ya.. kalo buatku sih ttp penting, utk silaturahmi tdk semata untuk naikkan DA.. hehe..

    ReplyDelete
  3. masalahnya daku masih merasakan tentang yang nama nya seo, dan sampai sekarangpun aku masih neewbe soal seo itu, saat aku tau blogwalking adalah salah satu cara buat naruh baklink sejak saat itulah aku suka nyepam nyepam komentar di blog2. jadi apakah ini gag ada gunanya lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banayk kok yg sahre, teknik seo tuh bukan hanay coding2an

      Delete
  4. aq malah seneng bw karena emang ada waktu dan demen baca, Kaya punyamu ini,, Dari 10 list itu 1/2nya yang emang aq baca juga Dan bener BW itu gak usah ngarep di BW balik, krn kl org suka tulisan kita dia akan baca lagi Dan lagi tanpa diminta dan lebih memberi manfaat

    ReplyDelete
  5. Waah selalu suka sama tulisannya Innayaah kontennya berbobot, update dan suka sharing ilmu. Kalo ada waktu pengen baca smuanya tentang ilmu perbloggingan. Kalo misal ODOP itu bisa lebih ngaruh buat naikin DA dan PV kah dibanding BW?

    ReplyDelete
  6. aku udah lama gak blog walking, dan itu membuat aku kangen. makanya pengennya aku selalu nyempetin utk blog walking. membaca dan mengamati tulisan orang lain yang kadang suka muncul ide utk menulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mencari inspirasi dan semangat nulis

      Delete
  7. Kalo saya BW semata² untuk cari ilmu dan referensi, btw terimakasih mba tulisnnya menginsirasi utk saya yg masih newbie

    ReplyDelete
  8. Aku tuh sukaaa lho BW...karena memang asyik dan refreshing. Tapi ya itu..my problem is always about the time!

    ReplyDelete
  9. Masih baru juga dalam blogging, dan masih banyak perlu belajar lagi tentang blogging, ya salah satunya BW :)

    ReplyDelete
  10. Aku bw karena memang suka atau kalau ga gitu dapet job yang sama jadi saling support, kalo alodita aku suka karena tulisan dan fotonya clean tapi bisa semenarik itu.

    ReplyDelete
  11. Bener banget, blog walking karena memang mau aja. Jadi lebih gak ada beban.

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka BW lebih pada untuk belajar blogging. Gimana atur tema, atur letak tulisan, sampai judul yang menarik biar pembaca penasaran dan akhirnya nyamperin blog itu. Salam blogging mba..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature