5 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Videografi

December 07, 2018
5 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Videografi


Beberapa kali aku cerita di blog ini kalau lagi belajar videografi. Aku nggak mau nyakitin mata kalian dengan menyajikan video jelek, amatiran, goyang-goyang. Sayang waktu, sayang kuota, dan sayang kesempatan berbagi terbuang dengan hal yang tak layak. Untuk videografi baik itu cara shoot maupun editing, aku belajar dari youtube. Instead of make youtube for entertaining, i prefer this for learning. Ini dia rekomendasi 5 channel youtube buat kamu yang sedang ingin belajar videografi.

1| Daunnet Film, Anjas maradita

Pas awal banget belajar ngedit video pakai adobe premiere pro, blog Anjas inilah yang aku tonton. Video demi video tutorial dari basic banget aku liatin berkali-kali. Penuturan Anjas itu singkat, padat, jelas, nggak banyak intro dan bunga-bunga ahaha. Jadi, aman kalau kamu minim kuota atau cara belajarnya lebih suka yang praktis.

Anjas memang dihelat beberapa brand untuk smartphone maupun laptop. Tapi tenang saja, meski dia ngiklan, tetap ada konten edukatifnya lho. Suatu kali nggak sengaja ketemu Anjas di Indomaret Karawaci, eh dia orangnya ramah.

2| ANGR, Gusti Ridho

Selain Anjas dengan daunnet nya, aku juga subscribe ANGR. Tipikal ngajarin banget dia, jadi step by stepnya dilihatin ke pemirsa. Memang jadi lebih panjang-panjang dari videonya Anjas, tapi bagus dong kalau buat pemula kayak aku. Kurang lebih konten di ANGR seputar adobe premiere dan efter effect. Nggak jarang juga dia bagiin preset-preset yang essential.

3| Pemuda Setempat

Sejenis dengan Anjas dan Gusti Ridho, pemuda setempat kontennya membahas adobe premiere dan after effect. Tutorial-tutorial yang dari asar sampai advance bisa kamu lihat di channel youtube dia. Beberapa waktu lalu aku share video di instagram yang ada tulisan gerak ngikutin kapal, itu salah satunya aku pakai tutorial dia.

4| Goenrock

Kalau kamu minat ke perfileman, mas Goen ini perlu banget di subscribe. Di channel mas Goen kamu nggak akan nemuin tutorial cara bikin effect ledakan atau darah muncrat, ahaha. Sebab mas Goen spesialis kang shooting. Hal-hal kayak camera movement, coloring, juga review-review gadget dia paparkan dengan detil dan teknis.

Video Goenrock ini panjang-panjaaaang, tapi kualitasnya bagus sehingga kamu pasti bakal betah nonton. Lucunya, aku kenal mas Goenrock itu dari twitter. Jadi awalnya aku ngira dia ini sejenis aktivis gitu, eh ternyata filmmaker.

5| Agung Hapsah

Teman-temanku yang budiman, ngevlog itu nggak harus bilang “hae gaeess” lalu bertubi-tubi layar ini dipenuhi muka kalian. Udah deh, tonton video Agung Hapsah. Kita lihat, bahwa anak Indonesia bisa sekreatif dia. Cara shoot, cara edit, konten, nggak ngebosenin dan nggak banyak drama biar diklik.


Selain 5 channel di atas, aku sebenarnya juga suka Tara arts. Tapi dia spesialis after effect, selangkah ke depan gitulah kalau dalam kurikulum videografi. Kalau belajar drone dari mana? Untuk saat ini belum nemu channel youtube yang spesialis dan rajin update. Palingan searching random saja sih kalau lagi perlu sesuatu.


Aku juga masih taraf belajar, tapi kalau ada yang share video “hay gaess…” versi goyang-goyang dan 70% muka kok kesel. Ya, kasus lain kalau itu video tutorial makeup ya, kan harus muka yang nampak ehehhe. Selamat berkarya!
2 comments on "5 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Videografi"

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature